Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perawat memberikan asuhan keperawatan pada klien yang memiliki budaya, etnik yang berbeda. Perawat harus memahami hubungannya dengan klien yang didasarkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perawat memberikan asuhan keperawatan pada klien yang memiliki budaya, etnik yang berbeda. Perawat harus memahami hubungannya dengan klien yang didasarkan."— Transcript presentasi:

1

2 Perawat memberikan asuhan keperawatan pada klien yang memiliki budaya, etnik yang berbeda. Perawat harus memahami hubungannya dengan klien yang didasarkan pada orientasi yang berbeda dalam komunikasi terapeutik. Konsep komunikasi antar budaya

3 Orang yang berasal dari asia tenggara : filipina, Korea, Cina, Jepang memiliki hubungan sosial dan orientasi komunikasi yang didasarkan pada Confucianism Komunikasi pada klien Asia Tenggara

4 Karakteristik Confucianism Menekankan pada hubungan sosial yang kuat. Berusaha menciptakan situasi yang hangat, relaks, kondusif dalam keharmonisan kelompok serta mempertimbangkan orang lain. Tujuan utama adalah memulai, mengembangkan, mempertahankan hubungan sosial yang kuat sepanjang waktu. Menekankan pada proses tidak pada hasil (outcome). Pentingnya untuk melakukan pembicaraan ringan sebelum melakukan inti pembicaraan

5 Didasarkan pada nilai yang kuat terhadap individualisme, otonomi dan aktualisasi diri. Bidang keperawatan mengidentifikasi hubungan yang profesional. Pembicaraan ringan dan tidak penting tidak dianjurkan. Greeting, sapaan nama, gelar adalah terbatas terhadap pemberi perawatan Hasil atau outcome dari komunikasi adalah lebih penting dari pada proses. Komunikasi biasanya dilakukan dalam waktu relatif singkat. Karakteristik klien dari western

6 Perbandingan pola komunikasi asia dan west

7 Menekankan pada proses Kode dan penggunaan bahasa yang sangat berbeda. Menekankan komunikasi secara langsung. Berpusat pada penerima pesan (Receiver centered) Orientasi pada klien dari Asia

8 West orientation Menekankan pada hasil (Outcome orientation) Sedikit perbedaab penggunaan kode dan bahasa (Less differentiated linguistic codes) Menekankan pada komunikasi secara langsung (Direct communication emphasis) Berpusat pada pengirim pesan (Sender centered).

9 Komunikasi Non verbal

10 Bersalaman Menunjukkan sikap dan senyuman hangat Kualitas dari bersaaman merupakan keterbukaan terhadap interpretasi secara verbal. Di USA, Bersalaman dengan orang menunjukkan tanda karakter dan kekuatan yang baik.. Di Timur tengah dan beberapa begara islam lannya, bersalaman dengan lain jenis merupakan gender isue.

11 Diam (Silence) Nilai, kegunaan dan interpretasi dari sikap diam bervariasi dari satu budaya dengan lainnya. Di budaya ketimuran termasuk Asia, sikap diam merupakan tanda menghormati kebijaksanaan dan keahlian serta kelebihan orang lain. Sikap diam di budaya “Native American” diyakini bahwa seseorang belajar mengontrol diri dan kesabaran dan dignity.

12 Kontak mata (Eye contact) Di USA, kontka mata secara langsung sebagai tanda jujur, bisa dipercaya, berwibawa. Lansia Native American tidak mengijinkan perawat melihat gerakan matanya Budaya Asia melakukan kontak mata secara langsung menunjukkan adanya kesepadanan(equality). Kontak mata secara langsung menimbulkan gender isue, Di budaya Timur tengah kontak mata secara langsung dengan lain jenis dilarang.

13 Komunikasi Verbal

14 First name Di dunia barat, nama panggilan menggunakan first name. Hal ini mennujukan tanda equality dan persahabatan( friendliness). African-American by their first names as sign of disrespect. Beberapa budaya memanggil nama dengan : Mrs, Mr, Grandmother, grandpa, uncle, auntie, Bapak, ibu, pakde, Om, tante. dll. Beberapa kelompok budaya di Asia memanggil individu dengan gelarnya.

15 Girl and boy Penggunaan kata” boy” dan “ girl” sangat menjengkelkan dan tidak sukai apabila digunakan pada klien African-American

16 “Ya” dan anggukan kepala Pendatang di USA yang mengerti sedikit bahasa inggris sering mengatakan ‘ya”, anggukan kepala ketika mereka tidak mengerti apa yang ia katakan. Dibudaya Asia, merupakan bentuk penghormatan pada orang yang memiliki lebih besar kewenangan dan pendidikan. Di sebagian budaya Asia, keraguan dalam mengatakan ya bermakna “tidak”.

17 Pronouns and calendar dates The pronouns “he “ and ‘ she” do not exist in many Asian language. Some Filipino-American say last year when the mean last month. Waktu di maknai dengan jam, tanggal atau dengan aktivitas dan kebiasaan individu.

18 Communication variations 1. Kaji keyakinan personal anda tentang orang yang memiliki budaya yang berbeda. 2. Kaji variabel komunikasi dari perpektif budaya. 3. Perencanaan perawatan didasarkan pada elakang budaya. 4. Modifikasi pendekatan komunikasi untuk memenuhi kebutuhan budaya. 5. Berkomunikasi dengan cara yang tidak mengancam.

19 Cont….Communication variations 6. Gunakan teknik validasi dalam komunikasi. 7. Pertimbangkan keengganan ketika berkomunikasi tentang masalah seks. 8. Adpsi pendekatan khusus ketika klien bicara dengan bahasa yang berbeda. 9. Gunakan interpreter/ penterjemah untuk meningkatkan komunikasi.


Download ppt "Perawat memberikan asuhan keperawatan pada klien yang memiliki budaya, etnik yang berbeda. Perawat harus memahami hubungannya dengan klien yang didasarkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google