Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRIGGER. Trigger merupakan suatu tambahan aplikasi program yang dihubungkan dengan suatu tabel atau view yang secara otomatis melakukan suatu aksi ketika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRIGGER. Trigger merupakan suatu tambahan aplikasi program yang dihubungkan dengan suatu tabel atau view yang secara otomatis melakukan suatu aksi ketika."— Transcript presentasi:

1 TRIGGER

2 Trigger merupakan suatu tambahan aplikasi program yang dihubungkan dengan suatu tabel atau view yang secara otomatis melakukan suatu aksi ketika suatu baris didalam tabel atau view dikenai operasi INSERT, UPDATE atau DELETE.

3

4  Use database mahasiswa;  Tambahkan pada tabel mhs foreign key untuk kode_prodi  Buat table log_mhs : kejadian varchar(25) dan waktu datetime.

5 Buat trigger insert pada log_mhs, yang memberikan keterangan penambahan data setelah insert data baru. Tambahkan data baru pada mhs

6  Buat trigger update  Lakukan update data pada tabel mhs  Buat trigger delete;  Untuk menampilkan aktifitas trigger

7  Dalam implementasi sehari-hari, trigger dan tabel log digunakan untuk mencatat kejadian suatu tabel yang dianggap rawan serangan cracker.  Dengan struktur trigger yang baik dan sesuai kebutuhan, administrator dapat melakukan pelacakan dan recovery data dengan cepat karena mengetahui record mana saja yang diserang.  Atau dihubungkan dengan aplikasi user interface agar mengaktifkan alarm jika terdapat operasi database pada waktu yang tidak seharusnya.

8 Menampilkan daftar trigger

9 STORED PROCEDURE  PROCEDURE : program yang mengandung perintah yang tidak disertai pengembalian nilai.  Prosedur hanya melakukan suatu perintah tertentu dan menampilkan hasil sesuai perintah.

10

11  Membuat prosedur dengan nama pMhsElektro  Memanggil prosedur

12 Keterangan :  Parameter x (sebagai out) untuk menampung perintah routine_body.  Untuk menjalankan procedure digunakan statemen call. “call menghasilkan informasi yang kemudian disimpan pada  Untuk menampilkan informasi ke layar digunakan pernyataan

13  Buat sebuah prosedur pMhs dengan dua parameter x dan y  Panggil pMhs dengan z=‘A02’;  Error karena prosedur hanya bisa menampung satu baris

14  Panggil dengan nilai z =‘A03’  Cara menghapus prosedur

15 STORED FUNGSI  FUNGSI : sekumpulan perintah program yang dapat mengembalikan nilai.

16

17  Buat sebuah fungsi fcNamaMhs

18 Keterangan : Paramater x diperlakukan sebagai IN karena fungsi hanya bisa dilewatkan dengan parameter IN. Untuk pengembalian nilainya, digunakan tipe data dengan kisaran tertentu (pada contoh char(40)) diawali dengan statemen RETURN. Untuk mengekusi fungsi tersebut digunakan perintah select fcNamaMhs(‘September’).

19  Untuk menampilkan status fungsi tertentu  Untuk menghapus fungsi


Download ppt "TRIGGER. Trigger merupakan suatu tambahan aplikasi program yang dihubungkan dengan suatu tabel atau view yang secara otomatis melakukan suatu aksi ketika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google