Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Algoritma dan Struktur Data Pengenalan Algoritma.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Algoritma dan Struktur Data Pengenalan Algoritma."— Transcript presentasi:

1 Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Algoritma dan Struktur Data Pengenalan Algoritma

2 Daftar Isi  Algoritma  Langkah Algoritma, Contoh Algoritma Langkah AlgoritmaContoh  Flowchart  Aturan, Simbol Flowchart AturanSimbol  Pseudocode  Konvensi Pseudocode Konvensi  Program  Contoh, Algoritma vs Program Program ContohAlgoritma vs Program  Pascal  Struktur Dasar, Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator PascalStruktur DasarTipe Data VariabelKonstantaOperator  Struktur dasar Algoritma, Flowchart dan Pemrograman Struktur dasar Algoritma, Flowchart dan Pemrograman

3 Algoritma  Suatu metode khusus yang terdiri dari serangkaian langkah terstruktur dan ditulis secara sistematis di dalam menyelesaikan suatu masalah  Prosedur komputasi yang terdefinisi yang mengambil nilai atau sekumpulan nilai sebagai input, dan menghasilkan nilai atau sekumpulan nilai sebagai output.

4 Algoritma Lima ciri penting algoritma Selesai dalam jumlah langkah terbatas Tidak memiliki arti ganda Memiliki nol atau lebih input Memiliki nol atau lebih output Efektif Implementasi Algoritma Langkah-langkah proses atau prosedur → Kalimat Skema proses atau prosedur → Pseudocode

5 Langkah Penyelesaian Masalah  Pendefinisian masalah  Analisis Algoritma menentukan variabel-variabel yang digunakan menentukan teknik penyelesaiannya misalnya : dengan rumus  Penulisan algoritma dan/atau flowchart  Ubah algoritma/ flowchart ke bahasa pemrograman  Pengujian kebenaran (test & debugging)  Dokumentasi

6 Contoh Algoritma Contoh : - Algorithma ketika seseorang menelpon : 1. Mengangkat gagang telepon, dan mendengarkan nada panggil 2. Memutar nomor telepon yang dituju 3. Apakah ada jawaban ? a. Jika ada jawaban, tanyakan apakah yang dituju ada ? a1. Jika ada, lakukan pembicaraan a2. Jika tidak ada, titip pesan dan tutup pembicaraan b. Jika tidak ada jawaban, kerjakan langkah 4 4. Letakkan gagang telepon

7 Tahapan Pemecahan Masalah Algoritma Program dalam Bahasa Tingkat Tinggi Program dalam Bahasa Tingkat Tinggi Program dalam Bahasa Mesin Program dalam Bahasa Mesin Operasi (Baca, tulis, hitung, perbandingan, dll) Operasi (Baca, tulis, hitung, perbandingan, dll) Translasi Interpretasi oleh CPU Kompilasi

8 Flowchart  Diagram alir yang menunjukkan aliran proses suatu algoritma  Contoh program yg biasanya digunakan oleh analis/developer:  Power Designer  Contoh program yg biasanya digunakan oleh end user:  Visio

9 Aturan di dalam membuat Flowchart 1.Jalannya proses dibuat sesingkat-singkatnya. Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit-belit (dihilangkan) 2.Rangkaian proses yang sama digambarkan sekali saja 3.Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah, dan dari kiri ke kanan, dan diberi arah panah 4.Sebuah flowchart diawali dengan “Mulai” (Start) dan diakhiri dengan “Selesai” (Stop)

10 Simbol dalam Flowchart

11 Simbol dalam Flowchart (1) Proses - Menunjukkan suatu proses/pengolahan - Digunakan untuk melambangkan : - perhitungan - perubahan nilai variabel Operasi I/O - Menunjukkan operasi input/ouput - Digunakan untuk melambangkan : - menunggu input/masukan - mengeluarkan output/keluaran

12 Simbol dalam Flowchart (2) Persiapan (Preparation) - Menunjukkan suatu persiapan - Digunakan untuk melambangkan : - memberikan nilai awal pada var - permulaan dari suatu perulangan Keputusan (Decision) - Menunjukkan proses pembuatan kepu- tusan - Digunakan untuk melambangkan : - suatu pilihan/percabangan (ya/tidak)

13 Simbol dalam Flowchart (3) Terminal (Terminator) - Digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatu program/flowchart Penghubung (Connector) - Digunakan sebagai penghubung antar simbol yang terpisah (dalam 1 hal) Penghubung Antar Halaman (Offpage Connector) - Digunakan sebagai penghubung antar simbol yang terpisah (antar hal)

14 Simbol dalam Flowchart (4) Modul (Module) - Menunjukkan suatu proses yang telah ditentukan - Dapat berupa suatu : - Prosedur (Procedure) - fungsi (Function) Panah (Arrow) - Menunjukkan arah dari suatu proses

15 Pseudocode  Kode semu yang digunakan untuk menuliskan algoritma agar lebih jelas (mudah dipahami)  Berbeda dengan kode real (program) tapi hampir menyerupai bahasa program

16 Konvensi Pseudocode  Indentasi digunakan untuk menandai struktur blok.  Komentar ditulis untuk memperjelas baris pseudocode  Pseudocode dinomori untuk setiap instruksinya  Mengabaikan detail teknis penulisan sintaks kode.

17 Konvensi Pseudocode  Kepala algoritma  Terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut  Deklarasi  Mendefinisikan semua nama (konstanta, peubah, tipe, prosedur atau fungsi) yang dipakai dalam algoritma  Deskripsi  Berisi uraian langkah-langkah penyelesaian  Komentar ditulis diantara tanda kurung “{“ dan “}” atauy “//”

18 Contoh Pseudocode

19 Program  Instruksi/perintah yang dimasukkan ke komputer dan diterjemahkan oleh compiler agar bisa dieksekusi oleh komputer.  Instruksi/perintah mempunyai syntax tertentu tergantung dr bhs pemrograman (walau hampir sama)

20 Algoritma vs Program  Algoritma menekankan pada logika penyelesaian masalah dan mengabaikan aturan (sintaks) baku penulisan kode program.  Program merupakan instruksi dengan aturan (sintaks) penulisan yang baku agar dapat dieksekusi oleh komputer.

21 Bahasa Pemrograman  Bahasa pemrograman dibagi atas 2 (dua) golongan yaitu:  Bahasa tingkat rendah ( low level languages ) sedikit/tanpa abstraksi, “dekat dgn hardware” tanpa interpreter atau compiler contoh: bahasa mesin (machine code), Assembly  Bahasa tingkat tinggi ( high level languages ) bahasa yang berorientasi pada bahasa manusia (natural language) abstraksi kuat, lebih mudah digunakan, bisa portable lintas OS & hardware perlu interpreter atau compiler contoh: Pascal, C++,dsb

22 Contoh Bahasa Pemrograman  Banyak macam bahasa pemrograman/scripting:  Contoh Pemrograman Desktop:  C++,Pascal/Delphi,C#,Java,VB  Contoh Pemrograman Web:  Server: ASP, ASP.NET (VB.NET/C#), PHP, Java Servlet,  Client: Javascript  Contoh Scripting:  Perl, Python, RoR (Ruby on Rail), Shell Scripting

23 Pascal  Bahasa pemrograman Pascal diciptakan oleh Niklaus Wirth. Bahasa Pascal adalah salah satu dari bahasa tingkat tinggi.  Komputer hanya mengenal kode 0 dan 1 (kode binary), sehingga diperlukan sebuah alat untuk melakukan penerjemahan.  Penerjemah sebuah bahasa pemrograman ke dalam bentuk kode binary disebut dengan istilah interpreter atau kompiler.  Kompiler yang biasanya digunakan untuk bahasa Pascal yaitu Turbo Pascal, Borland Pascal, Free Pascal.

24 Struktur Dasar Pascal  Statement program  Menyatakan nama program, misal program exec;  Statement uses  menyertakan file tertentu ( crt.pas, math.pas ) yang mengandung fungsi-fungsi dasar Pascal, misal uses crt, math;  Deklarasi global  Terdiri dari deklarasi konstanta ( const ), variabel ( var ), prosedur ( procedure ), fungsi ( function ). Bersifat global shg bisa diakses oleh semua bagian program  Bagian utama program  bagian pokok dari struktur program/kendali utama program

25 Tipe Data  Tipe data dasar/primitif:  Integer (bilangan bulat) Integer, Byte, ShortInt, LongInt, Word  Float (bilangan desimal) Real, Single, Double, Extended  Char (karakter)  Boolean True,False  String (rangkaian karakter)

26 Variabel  Variabel (Variable) adalah penampung data di memori, nilai yg bisa ditampung tergantung dari Tipe Data.  Di Pascal, deklarasi variabel:  [nama variabel]: [tipe data]  Contoh:  var isValid: boolean; Sentence: string; Number: int;

27 Konstanta  Variabel yang mempunyai nilai yang selalu tetap / tidak dapat diubah setelah dideklarasikan selama pengeksekusian program  Di Pascal, deklarasi konstanta:  const [nama_konstanta] = [nilai_konstanta];  Contoh  const pi = 3.14;  Const kata = 'ini konstanta';

28 Operator  Simbol yg menentukan operasi (misal pada variabel) yg dilakukan dlm suatu expression (perintah)  Contoh operator:  Aritmatika : + - * div  Logika (boolean): true false or and not  Relasi : == <> =  Assignment : : =  Akses member :.  dsb

29 Struktur dasar Algoritma, Flowchart dan Pemrograman  Runtunan (Sequence)  Pemilihan atau Keputusan (Selection or Decision)  Pengulangan atau Iterasi (Looping or Iteration)  Pencacah (Counter)


Download ppt "Computer Science, University of Brawijaya Putra Pandu Adikara, S.Kom Algoritma dan Struktur Data Pengenalan Algoritma."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google