Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAMPINGAN SOSIAL SUB SEKTOR AGAMA DI WILAYAH PASCA BENCANA TAHUN 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAMPINGAN SOSIAL SUB SEKTOR AGAMA DI WILAYAH PASCA BENCANA TAHUN 2014."— Transcript presentasi:

1 PENDAMPINGAN SOSIAL SUB SEKTOR AGAMA DI WILAYAH PASCA BENCANA TAHUN 2014

2 Nama Kegiatan Pendampingan Sosial Sub Sektor Agama Di Wilayah Pasca Bencana Tahun 2014 Pemberi Pekerjaan = BNPB Pelaksana Pekerjaan = PT. Nadhira Multi Cipta Durasi Pekerjaan = 4 bulan (16 Juni s.d. 16 Oktober 2014)

3 Lokasi Kegiatan Kota Manado Sulawesi Utara = Banjir Bandang 15 Januari 2014 Kabupaten Sikka NTT = Erupsi Gunung Api Rokatenda 12 Oktober 2012 Kabupaten Lombok Utara NTB = Gempa Tektonik 5,4 SR.

4 Tujuan Kegiatan Memulihkan kondisi sosial masyarakat di wilayah pasca bencana dan memberikan pemulihan spiritual kepada korban bencana khususnya Tokoh Agama di wilayah pasca bencana. Dengan demikian diharapkan para Tokoh Agama dapat melanjutkan pembinaan kepada masyarakat untuk kehidupan yang berkesinambungan dan bersemangat menyongsong masa depan yang lebih cerah.

5 Ruang Lingkup Kegiatan Pendataan (Baseline Survey) untuk mengidentifikasi dan menganalisis dampak bencana; Pendampingan Intensif melalui kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada tenaga pembinaan mental spiritual/Tokoh Agama; Sosialisasi/ Penyuluhan Keagamaan oleh Tenaga Pembina Mental Spiritual/Tokoh Agama kepada Masyarakat di wilayah pasca bencana; dan Pengembangan Kelompok-kelompok Tenaga Pembina Mental Spiritual/Tokoh Agama berbasis Pemberdayaan Masyarakat dan Kearifan Lokal.

6 Landasan Kegiatan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana (Lembaga Negara RI tahun 2007 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara RI Nomor 4723) PP Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Pasal 71 Ayat (3). PP Nomor 22 Tahun 2008 tentang Pendanaan dan Pengelolaan Bantuan Bencana. PP Nomor 23 Tahun 2008 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana Perka BNPB No.1. Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja BNPB. Keputusan Kepala BNPB No 17 Tahun 2010 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana.

7 Metodologi Koordinasi Sosialisasi Fasilitasi (Pendampingan) Survey (Baseline) Wawancara Focus Group Discusion (FGD)

8 Tahapan dan Rencana Kerja NoKegiatan JuniJuliAgustusSeptemberOktPembagian Tugas dan Tanggung Jawab IPersiapan 1Penyiapan Administrasi Proyek Manajemen 2Penyiapan personil (Mobilisasi) Manajemen 3Penyiapan Kantor Manajemen 4Kick Off Meeting 5Pertemuan Koordinasi TL dan TA 6Pendataan (Baseline Survey)TA dan Asisten TA a.Penyiapan instrumen TL dan TA a.Pembekalan Teknis TL a.Pengumpulan Data Sekunder TA dan Fasilitator a.Pengumpulan Data Primer (Observasi, Wawancara dan FGD) TA dan Fasilitator a.Analisa Data TL dan TA 7Kajian komprehensif (Merumuskan Strategi Pendampingan) TL dan TA IIPelaksanaan 8Pelatihan Penguatan KapasitasTA dan Asisten TA a.Persiapan teknis dan administrasi TL dan TA a.Penyiapan Modul TL dan TA a.Pembekalan Teknis Penyelenggara TL a.Pelaksanaan Pelatihan TL dan TA 9Sosialisasi dan Penyuluhan TA, Fasilitator dan Tokoh Agama 10Pengembangan Kelompok a.Pemetaan Sosial TA, Fasilitator dan Tokoh Agama a.FGD Pengorganisasian Kelompok TA, Fasilitator dan Tokoh Agama IIIPelaporan 11Laporan Pendahuluan TL dan TA 12Laporan Akhir Sementara TL dan TA 13Seminar Draft Laporan Alhir TL dan TA 14Laporan Akhir Final TL dan TA

9 Personil Team Leader Tenaga Ahli Asisten Tenaga Ahli Fasilitator Supporting Staff

10 Matur Tengkyu!


Download ppt "PENDAMPINGAN SOSIAL SUB SEKTOR AGAMA DI WILAYAH PASCA BENCANA TAHUN 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google