Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 7 Miranda arizal Andika persia Rina wahyuni.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 7 Miranda arizal Andika persia Rina wahyuni."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 7 Miranda arizal Andika persia Rina wahyuni

2 Analisis Iklan Citra Lasting White Versi Voli Pantai

3 Salah satu bidang yang berkaitan dengan semiotic adalah periklanan. Dengan iklan, produsen mencoba untuk menyampaikan pesan-pesan tentang keunggulan produknya kepada konsumen. Pesan-pesan tersebut disampaikan melalui berbagai macam tanda baik yang berupa bahasa maupun gambar. seorang pembuat iklan dituntut harus mampu membuat tanda-tanda yang mampu mengarahkan calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan. Tampilan iklan di televisi senantiasa melibatkan tanda dan kode. Setiap bagian iklan pun menjadi ”tanda” atau signs, yang secara mendasar berarti sesuatu yang memproduksi makna (Thwaites et al., 2002: 9). Iklan dan Semiotika

4 Iklan menjadi kegiatan pemasaran seperangkat nilai dan keyakinan. Iklan televise telah menjadi suatu kebudayaan popular yang memproduksi dan mempresentasikan nilai keyakinan bahkan ideology Iklan televise tidak hanya sebagai komidifikasi yaitu sekedar menawarkan barang dan jasa, melainkan juga menjadi semacam alat untuk menanamkan makna simbolik. Iklan dan Semiotika

5 Sekilas tentang Citra Citra adalah salah satu produk yang di produksi oleh PT Unilever tbk. PT Unilever didirikan sejak 5 Desember Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia. Termasuk memproduksi “citra”

6 Analisis Iklan Citra Lasting White Dalam tiga perspektif atau sudut pandang yang di kemukakan oleh Sumantri-Zaimar (2001: ) yaitu 1. Perspektif pembuat iklan 2. Ahli mitos 3. Pemirsa

7 1. Perspektif Pembuat Iklan PT Unilever sebagai pembuat iklan ingin mempersuasi pemirsa untuk menggunakan citra lasting white extra Seperti yang digambarkan pada iklan tersebut bahwa citra lasting white dapat membuat kulit tamapak lebih putih bersinar dalam waktu satu minggu Hal itu terlihat dari awal iklan bahwa si wanita kedua yang awalnya berkulit gelap, setelah menggunkan citra lasting white extra selama satu minggu, dia tampil penuh percaya diri dengan kulit tampak lebih putih bersinar.

8 2. Perspektif Ahli Mitos Pembuat iklan ( PT. Unilever) ingin menampillkan bahwa wanita cantik adalah wanita yang berkulit putih, oleh karena itu, PT Unilever menawarkan produk citra lasting white extra yang dapat membuat kulit tampak lebih putuh bersinar dalam satu minggu. Tetapi ahli mitos melihatnya agak berbeda. Cantik bukan hanya milik wanita yang berkulit putih dan cantik tidak hanya dilihat dari luarnya saja. Saat ini orang lebih menggunakan inner beauty (kecantikan dari dalam) sebagai poin utama dalam melihat seorang wanita. Oleh karena itu cantik itu relative tergantung mata siapa yang memandangnya.

9 3. Perspektif Pemirsa Pemirsa atau masyarakat memiliki sudut pandang yang berbeda- beda dalam menerjemahkan suatu iklan. Ada yang terkontaminasi dengan iklan tersebut sehingga tertarik untuk menggunakan produk ini Sebaliknya, ada yang menganggap bahwa iklan ini hanya “bualan” saja Ada juga yang netral terhadap iklan ini, mereka mengganggap bahwa iklan ini hanya sebatas alat yang digunakan perusahaan untuk menjual produknya Disisi lain ada pemirsa yang menganggap iklan ini memperlihatkan bagian- bagian tubuh wanita yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Masih ada berbagai macam perspektif lain dari pemirsa tergantung siapa dan bagaimana menenerjemahkan iklan tersebut.

10 A. Kalimat iklan Khususnya pada kalimat nunjukin skill, OK, nunjukin kulit hitam hitam ku nggak OK, dapat diambil kesimpulan bahwa wanita kedua yang berkulit hitam disini terlihat tidak percaya diri dengan kulit hitamnya walaupun ia mempunyai skill yang bagus pada permainan volley. Disini digambarkan bahwa seorang wanita akan lebih cantik dan percaya diri jika ia mempunyai kulit yang putih.

11 Seperti yang digambarkan dalam budaya pop, wanita yang cantik seutuhnya adalah wanita yang memiliki kulit putih dan mulus, dengan badan tinggi semampai dan rambut hitam panjang yang terurai, tubuh yang ramping dan seksi. Wanita cantik pada iklan ini tidak hanya dilihat dari fisiknya yang menarik, wanita kedua yang sebenarnya sudah terlihat menarik dan sedap dipandang mata tetapi belum sempurna kerena kulitnya yang gelap. Jadi makna tersirat dari kalimat ini dapat diambil kesimpulan cantik itu akan terlihat lebih sempurna jika mempunyai kulit yang putih bersinar.

12 Iklan Citra Lasting White Untuk menarik konsumen dalam menggunakan produknya, iklan Citra Lasting White menggunakan kalimat persuasif dalam produknya, yang berbunyi :“diperkaya bubuk mutiara alami, citra lasting white extra, dengan uv protection menjadikan kulitmu tampak putih yang tahan lama dan berkilau seperti mutiara, untuk kulit tampak putih bersinar, citra lasting white extra “,

13 Kalimat tersebut mengandung makna untuk mengajak dan menanamkan dalam benak khalayak dengan menggunakan citra lasting white extra yang mengandung bubuk mutiara alami dan uv protection yang dapat membuat kulit wanita tampak lebih putih dan berkilau seperti mutiara yang akan membuat wanita yang menggunakannya terlihat cantik dan tampil dengan penuh percaya diri.

14 B. Scine Awal Iklan Citra Lasting White Laki-laki tampan merupakan objek yang sangat menarik untuk dilihat dan dibicarakan oleh para wanita. Jika pada umumnya lelaki yang sering kali menjadikan wanita cantik dan seksi sebagai objek perbincangan, disini juga terlihat sebaliknya. Bila dikaji gambaran awal iklan ini ketika ketiga wanita sedang mengamati dan membicarakan lelaki tampan yang sedang berada dilapangan volley menunjukkan bahwa :

15 Lanjut…… Pada iklan diperlihatkan perbandingan warna kulit wanita kedua yang gelap dengan wanita pertama berambut panjang yang berkulit putih ini menunjukkan bahwa : Wanita kedua tidak percaya diri ketika diketahui pria pada iklan ini sedang mengamatinya dari kejauhan karena pada saat itu wanita kedua ini mempunyai kulit yang gelap, terlihat dari perbandingan dengan kulit wanita pertama pada iklan ini. Makna tersirat yang ditimbulkan adalah seorang wanita akan percaya diri dan berani menunjukkan dirinya pada lelaki yang ia sukai jika memiliki kulit yang putih bersinar.

16 C. Wanita Kedua Menggunakan Citra Lasting White di Seluruh Tubuhnya Iklan ini berusaha menunjukkan kepada khalayak dengan menggunakan citra lasting white dapat membuat kulit tampak lebih putih bersinar dalam waktu singkat. Tanpa harus ke salon dan menjalani treatmen yang memerlukan waktu dan biaya banyak, citra lasting white memberikan solusi praktis dan ekonomis untuk membuat kulit tampak lebih putih bersinar Saat pertandingan tiba pria tampan kaget melihat kulit wanita kedua tersebut tampak lebih putih bersinar. Dan wanita tersebut dapat bermain bagus dengan menunjukkan skillnya dan penuh percaya diri Adegan wanita kedua tersebut menggunakan citra lasting white pada bahu, tangan, dan kakinya.

17 D.Pria Tampan yang Datang Menghampiri Pria tampan datang menghampiri wanita tersebut dengan tersenyum dan memberikan acungan jempol selesai pertandingan. Tayangan ini ingin menunjukkan bahwa dengan kulit putih yang kini dimiliki wanita ini membuat ia tampak cantik dan penuh percaya diri, sehingga menarik perhatian para pria. Makna tersirat dari iklan ini adalah dengan menggunakan citra lasting white dapat membuat wanita Indonesia tampak lebih putih, cantik, dan percaya diri dalam melakukan aktivitas. Dengan begitu, dapat menarik perhatian orang-orang yang berada disekitar kita.

18 E.Warna Pada iklan citra lasting white warna yang dominan ditampilkan adalah warna merah muda. Warna ini terlihat baik pada warna baju yang digunakan wanita-wanita pemain volley tersebut maupun warna kemasan citra lasting white itu sendiri. Warna merah muda ini mempunyai makna konotasi yaitu lembut yang biasa di identikkan dengan warna yang banyak di sukai oleh wanita. Disini dari visualisasi yang dominan berwarna merah muda juga berusaha menunjukkan kesan girly, cantik, dan ”cewek banget” sehingga khalayak yang melihatnya khususnya wanita tertarik dan selanjutnya menggunakannya.

19 Analisis Menggunakan Teori Semiologi dan Mitologi Roland Barthes Barthes mengkaji tentang budaya pop yang berkembang di masyarakat yang kebanyakan dari budaya tersebut mengacu pada mitos. Sebagian besar dari mitos-mitos tersebut mengandung makna konotasi walaupun sebenarnya secara tersirat bisa ditangkap melalui makna denotasi.

20 Menurut Barthes, di mana adanya dua pembagian makna bagi pembaca yakni sebagai berikut: Makna sebenarnya dalam menggunakan bahasa atau mengungkapkan sesuatu. Denotasi Sifat asli tanda yang membutuhkan keaktifan pembaca agar dapat berfungsi. Makna tidak sebenarnya. Konotasi dapat digolongkan sebagai sebuah simbolisme, karena konotasi memiliki makna tambahan disamping makna sebenarnya dari tanda yang dipertanyakan. Konotasi

21 lanjuut……  Makna denotasi yang tergambar pada iklan Citra Lasting White yaitu : sebuah produk kecantikan yaitu hand and body lotions yang dapat membuat kulit tampak lebih putih karena diperkaya bubuk mutiara alami dan uv protection

22 Disisi lain, Iklan ini juga membentuk makna konotasi yaitu : Iklan Citra Lasting White membentuk “mindset” khalayak bahwa wanita cantik, menarik dan penuh percaya diri itu adalah wanita yang berkulit putih. Iklan ini juga dapat membentuk pikiran “instan dan praktis” pada masyarakat Iklan ini juga akan membuat khalayak khususnya wanita secara tidak langsung tidak mensyukuri nikmat fisik yang telah diberikan oleh yang maha kuasa dengan keinginan untuk merubahnya. Iklan ini memberikan sebuah pandangan bahwa pria hanya menyukai wanita cantik berkulit putih dan berseri saja.

23 Terima kasih


Download ppt "Kelompok 7 Miranda arizal Andika persia Rina wahyuni."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google