Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GAMES AND ICE BREAKINGS PELATIHAN PJ KELAS MASTA UAD 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GAMES AND ICE BREAKINGS PELATIHAN PJ KELAS MASTA UAD 2014."— Transcript presentasi:

1 GAMES AND ICE BREAKINGS PELATIHAN PJ KELAS MASTA UAD 2014

2 GAME TEAM Bahan: kertas yang sudah dipotong2 secara acak (bentuknya) Langkah : Peserta di bagi perkelompok dengan masing2 kelompok sebanyak 5-6 orang / kondisinional. Masing2 kelompok dibagikan potongan2 kertas. Intruksikan kepada setiap kelompok untuk membuat apapun bentuk dengan potongan kertas tadi. Dengan syarat komunikasi tanpa suara. Setelah semua kelompok selesai, masing2 kelompok mempresentasikan hasil kerja mereka. Setelah semua selesai,tanyakan apa yang menjad kendala dan proses mereka bekerja dalam kelompok tadi. Jelaskan maksud dari permainan ini.

3 NILAI / PELAJARAN YANG DAPAT KITA AMBIL DARI GAME INI : Organisasi dalam kelompok Pentingnya sebuah komunikasi dalam berorganisasi : dalam sebuah kelompok, dibutuhkan sebuah komunikasi, jika satu sama lain tidak saling berkomunikasi maka akan sulit kelompok itu untuk menghasilkan sesuatu. Pemilihan leader dalam kelompok : dalam sebuah kelompok perlu adanya yang namanya leader yang mengatur dan memimpin jalannya sebuah kelompok, disadari atau tidak dalam sebuah kelompok pasti akan terbentuk serang leader entah itu ditunjuk atau alamiah Kerjasama, toleransi (tidak egois) dan kekompakan : dalam sebuah kelompok dibutuhkan yang namanya kerjasama dan kekompakan Jika ada tambahan silahkan tambahkan.

4 GAME SEDOTAN Bahan: sedotan Langkah: Bagi peserta menjadi beberapa kelompok. Bagikan sedotan ke masing2 kelompok sebanyak 10 batang /lebih (yang penting dibatasi) Intruksikan ke masing-masing kelompok untuk membuat bangunan dari sedotan tersebut setinggi dan sekokoh mungkin Setelah selesai setiap kelompok bergiliran menampilkan bangunan mereka dan diuji ketinggian dan kekokohannya. Menguji kekokohan dengan cara ditiup oleh 4 orang degan jarak 1 meter. Setelah semua selesai,tanyakan apa yang menjad kendala dan proses mereka bekerja dalam kelompok tadi. Jelaskan maksud dari permainan ini serta jelaskan kelebihan dan kekurangan masing2 team.

5 Aturan: Sebisa mungkin setiap kelompok membuat sedotan dengan 10 batang, jika kurang boleh minta tambah sedotan ke instruktor dengan syarat setip batang akan dihitung penambahan penguji (peniup) misal peserta menambah 1 sedotan maka peniup bertambah menjadi 5 orang. Tidak diperbolehkan memotong sedotan. Pelajaran yang dapat diambil : Kerja team Mempertimbangkan akibat dari suatu keputusan Strategi dalam membuat bangunan, kita tidak hanya membuat sesuatu secara langsung, tapi juga harus merencanakannya terlebih dahulu.

6 ALMOST CIRCLE Langkah: Peserta dibagi menjadi beberapa team Peserta membuat lingkaran dengan saling berhadapan Peserta saling berpegangan tangan secara bersilangan. Intruksikan kepada setiap team untuk melepaskan diri (tangan tidak bersilang lagi) dengan syarat tangan tidak boleh terputus Pelajaran: Kerja team, Kesabaran, Tidak egois dan strategi

7 VOCAL GROUP Langkah: Peserta dibagi menjadi beberapa team Beri waktu 3- 5 menit untuk setiap kelompok membuat tiruan suara alat musik apa saja. Tapi setiap team tidak boleh sama. Setelah selesai, intruksikan kepada setiap kelompok untuk memperhatikan instrktor selayaknya dirigen. Setiap dirigen menunjuk salah satu team, maka team tersebut mengeluarkan suara alat musiknya.lakukan seterusnya dan semakin lama semakin cepat

8 DAYA INGAT Menyebut nama teman selanjutnya mengulang nama dan sebut namanya, teman ketiga menyebut nama dari nama teman pertama hingga namanya begitu hingga berikutna Menyebut nama teman selanjutnya mengulang nama dan sebut namanya, teman ketiga menyebut nama dari nama teman pertama hingga namanya begitu hingga berikutna Jika sesi mengingat nama teman sekelompok tuntas bisa ditambah dengan tempat asal / asal sekolah / …dll Jika sesi mengingat nama teman sekelompok tuntas bisa ditambah dengan tempat asal / asal sekolah / …dll Yang bisa hafal dapat diberi hadiah

9 DOOR langkah: Peserta dibuat formasi lingkaran Instruktor berada ditengah peserta Ketika instuktor menembak ke salah satu peserta, peserta itu duduk dan samping kanan dan kirinya saling menembak, siapa yang terebih dahulu tertembak maka duduk Lakukan seterusnya sampai peserta bersisa satu, dan yang tersisa mendapat hukuman. Pelajaran: Kecepatan dan fokus

10 JIKA..MAKA.. langkah: peserta dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok jika dan kelompok maka masing2 kelompok membuat kalimat sesuai kelompoknya, misal kelompok ‘jika’ membuat kalimat dengan kata awal jika, begitupun dengan kelompok maka setelah selesai tunjuk salah satu pserta dari kelompok jika dan kelompok maka jika jawaban mereka berdua cocok, boleh diberi hadiah atau semacamnya. Pelajaran: komunikasi

11

12

13

14

15


Download ppt "GAMES AND ICE BREAKINGS PELATIHAN PJ KELAS MASTA UAD 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google