Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP BERITA Berita dan Nilai Berita session 9 Presented By Ambang Priyonggo, MA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP BERITA Berita dan Nilai Berita session 9 Presented By Ambang Priyonggo, MA."— Transcript presentasi:

1 KONSEP BERITA Berita dan Nilai Berita session 9 Presented By Ambang Priyonggo, MA

2 Tidak semua peristiwa itu berita

3 The News Values

4 1. Konflik Kebanyakan konflik adalah layak berita. Konflik fisik seperti perang dinilai layak berita karena biasanya ada kerugian dan korban. Ada unsur emosi di sana...

5 2. Kemajuan dan Bencana Dari konflik, biasanya menyusul kemenangan suatu pihak dan kekalahan bagi pihak lain. Dari perjuangan hidup yang rutin, sering muncul keberhasilan yang gemilang. Dari riset, muncukl suatu penemuan yang baru...

6 3. Kemasyuran dan terkemuka Peristiwa yang melibatkan orang- orang atau institusi-institusi terkenal. Peristiwa yang melibatkan orang- orang atau institusi-institusi terkenal.

7 4. Saat yang tepat dan kedekatan Peristiwa yang secara geografis dan emosional dekat dengan orang-orang yang tertarik (dengan peristiwa tersebut) dan memenuhi kriteria waktu... Peristiwa yang secara geografis dan emosional dekat dengan orang-orang yang tertarik (dengan peristiwa tersebut) dan memenuhi kriteria waktu...

8 5. konsekuensi Suatu peristiwa yang mengakibatkan atau bisa mengakibatkan timbulnya rangkaian persitiwa yang memengaruhi banyak orang adalah layak berita. Suatu peristiwa yang mengakibatkan atau bisa mengakibatkan timbulnya rangkaian persitiwa yang memengaruhi banyak orang adalah layak berita.

9 6.Keganjilan Sesutau yang ganjil atau unik atau aneh selelu menarik untuk disajikan sebagai berita. Sesutau yang ganjil atau unik atau aneh selelu menarik untuk disajikan sebagai berita.

10 7. Human interest Cerita-cerita yang mengedepankan unsur ketertarikan manusia. Bisa jadi aspek human interest ini muncul dari kombinasi nilai-nilai berita yang ada. Cerita-cerita yang mengedepankan unsur ketertarikan manusia. Bisa jadi aspek human interest ini muncul dari kombinasi nilai-nilai berita yang ada.

11 8. Seks Seks ini umum dipertimbangkan oleh para editor sebagai nilai berita. Terutama bila dihubungkan dengan orang-orang terkenal.

12 Latihan Sidang Praperadilan Anggodo Menang, Bibit-Chandra Harus Diseret ke Pengadilan Jakarta - Anggodo Widjojo memenangkan pengadilan praperadilan penghentian kasus Bibit-Chandra. Akibatnya, dua pimpinan KPK tersebut harus dibawa ke pengadilan dengan dugaan pemerasan kepada Anggoro Widjojo, kakak kandung Anggodo.

13 Siswa SMA di Banyuwangi Kesurupan Banyuwangi - 20 Orang siswa SMAN 1 Glenmore, Banyuwangi, mendadak menjerit histeris. Peristiwa itu terjadi sesaat setelah mereka mengikuti siraman rohani yang rutin digelar tiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar, Senin (19/4/2010). Awalnya hanya 7 siswi yang mengalami kesurupan. Namun saat dilakukan proses penyembuhan di masjid sekolah, 13 siswa lainnya secara bergantian mengalami hal serupa.

14 Petani Miskin Mengklaim Sebagai Ayah Oprah Winfrey Siapa sebenarnya ayah Oprah Winfrey? Belum lama ini seorang pria mantan serdadu perang dunia II yang sakit-sakitan mengklaim sebagai ayah biologis Oprah. Pria itu adalah Norh Robinson. Pria itu adalah seorang petani miskin yang sekarang dirawat di rumah sakit di daerah pedesaan di Mississippi. Robinson, seperti dilansir newsblaze.com, Senin (19/4/2010), meminta Oprah melakukan test DNA untuk membuktikan dialah ayah biologi perempuan yang menjadi salah seorang miliader dunia itu. Siapa sebenarnya ayah Oprah Winfrey? Belum lama ini seorang pria mantan serdadu perang dunia II yang sakit-sakitan mengklaim sebagai ayah biologis Oprah. Pria itu adalah Norh Robinson. Pria itu adalah seorang petani miskin yang sekarang dirawat di rumah sakit di daerah pedesaan di Mississippi. Robinson, seperti dilansir newsblaze.com, Senin (19/4/2010), meminta Oprah melakukan test DNA untuk membuktikan dialah ayah biologi perempuan yang menjadi salah seorang miliader dunia itu.

15


Download ppt "KONSEP BERITA Berita dan Nilai Berita session 9 Presented By Ambang Priyonggo, MA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google