Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MESIN PEMANEN SAWIT Muhammad Ikrom 105100200111038.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MESIN PEMANEN SAWIT Muhammad Ikrom 105100200111038."— Transcript presentasi:

1 MESIN PEMANEN SAWIT Muhammad Ikrom

2 Latar Belakang  Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.

3 Apa itu SAWIT?  Tanaman sawit dengan tipe cangkang pisifera bersifat female steril sehingga sangat jarang menghasilkan tandan buah dan dalam produksi benih unggul digunakan sebagai tetua jantan. Buah sawit mempunyai warna bervariasi dari hitam, ungu, hingga merah tergantung bibit yang digunakan. Buah bergerombol dalam tandan yang muncul dari tiap pelapah. Minyak dihasilkan oleh buah. Kandungan minyak bertambah sesuai kematangan buah. Setelah melewati fase matang, kandungan asam lemak bebas (FFA, free fatty acid) akan meningkat dan buah akan rontok dengan sendirinya.

4 Proses Panen SAWIT  Tanaman kelapa sawit mulai berbunga dan membentuk buah setelah umur 2-3 tahun. Buah akan menjadi masak sekitar 5-6 bulan setelah penyerbukan. Proses pemasakan buah kelapa sawit dapat dilihat dari perubahan warna kulitnya. Buah akan berubah menjadi merah jingga ketika masak. Pada saat buah masak, kandungan minyak pada daging buah telah maksimal. Jika terlalu matang, buah kelapa sawit akan lepas dan jatuh dari tangkai tandannya. Buah yang jatuh tersebut disebut membrondol.

5 Alat Panen SAWIT  RUSHCUT, adalah alat panen sawit multiguna yang sangat bermanfaat bagi para petani kebun sawit. Alat ini bekerja menggunakan tenaga mesin 2 tak berbahan bakar premium / pertamax. Produk terdiri dari dua macam yaitu chisel (dodos) dan sickle (egrek). Produk ini bisa digunakan untuk prunning dahan maupun untuk pemanenan kelapa sawit.

6 Gambar Alat Chisel Spesifikasi Alat : Bahan bakar mesin : Bensin Transmisi : 2 Kecepatan Kekuatan : 1,2 hp Maks kecepatan mesin : rpm Kecepatan kinerja mesin : rpm Kapasitas bahan bakar : 440 ml Berat : 6 Kg Panjang : 2,4 meter Jangkauan : 1,2 - 2,4 meter

7 Gambar Alat Sickle Spesifikasi Alat : Bahan bakar mesin : Bensin Transmisi : 2 Kecepatan Kekuatan : 1,2 hp Maks kecepatan mesin : rpm Kecepatan kinerja mesin : rpm Kapasitas bahan bakar : 440 ml Berat : 8 Kg Panjang : 5,2 meter Jangkauan : meter

8 Penutup  Kelapa sawit adalah salah satu komoditas yang harus dikembangkan lebih lanjut di Indonesia. Terutama pengolahan hingga hasil dari kelapa sawit itu sendiri. Sehingga itu tugas kita sebagai mahasiswa teknik pertanian untuk menciptakan alat mekanisasi hasil pertanian yang bagus dan dapat dilihat oleh seluruh dunia.


Download ppt "MESIN PEMANEN SAWIT Muhammad Ikrom 105100200111038."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google