Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AGUSTINA MEGAWATI, 3351405547 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY DI BURSA EFEK INDONESIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AGUSTINA MEGAWATI, 3351405547 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY DI BURSA EFEK INDONESIA."— Transcript presentasi:

1 AGUSTINA MEGAWATI, ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AGUSTINA MEGAWATI - NIM : PRODI : Akuntansi - JURUSAN : Akuntansi - FAKULTAS : Ekonomi - Agustina_Megawati pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Subkhan - PEMBIMBING 2 : M. Khafid, S.Pd. M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN

4 Abstrak Keputusan pendanaan menentukan kemampuan perusahaan untuk dapat bertahan hidup dan berkembang. Struktur modal merupakan salah satu cara meningkatkan kemajuan perusahaan. Permasalahan yang dikaji adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 perusahaan Real Estate and Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun Sampel yang diambil sebanyak 17 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset. Sedangkan variabel dependennya adalah struktur modal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dari perhitungan persamaan regresi didapatkan tingkat signifikansi hipotesis 1 sebesar 0,287 berarti bahwa tidak ada pengaruh antara variabel ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Hipotesis 2 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,000 berarti ada pengaruh antara variabel profitabilitas terhadap struktur modal. Hipotesis 3 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,526 berarti tidak ada pengaruh antara variabel struktur kepemilikan terhadap struktur modal. Hipotesis 4 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,615 berarti tidak ada pengaruh antara variabel resiko bisnis terhadap struktur modal. Hipotesis 5 didapat tingkat signifikansi sebesar 0,896 berarti tidak ada pengaruh antara variabel pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Hipotesis 6 didapat nilai signifikansi sebesar 0,000 berarti ada pengaruh secara simultan antara variabel ukuran prusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal. Nilai Adjust R Square sebesar 53,6% berarti variabel bebas dalam penelitian ini dapat menerangkan variabel terikat sebesar 53,6%. Simpulan penelitian ini adalah secara parsial hanya profitabilitas yang berpengaruh terhadap struktur modal, sedangkan secara simultan semua variabel dalam penelitian ini berpengaruh terhadap struktur modal. Saran yang penulis sampaikan sebelum menanamkan modal investor sebaiknya melihat prospek dan kinerja perusahaan terlebih dahulu.

5 Kata Kunci ukuran perusahaan, profitabilitas, struktur kepemilikan, resiko bisnis, pertumbuhan asset, dan struktur modal.

6 Referensi Awat J Napa, Mulyadi “Keputusan-keputusan Keuangan Perusahaan (teori dan hasil pengujian empirik)”. Yogyakarta: Liberty. Bringham and Houston “The Determinants of Capital Structure of the SMEs: Evidence from the Greek and the French firms”. Athens University of Economics and Business, 76 Patission Street, GR Athens, Greece. Christanti, Ari “Penentuan Perilaku Kebijakan Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur di BEJ”. Simposium Nasional 9 Padang. Eugene F., Bringham Dan Joel F. Houston “Manajemen Keuangan”. Edisi 8. Jakarta: Erlangga. Ghozali, Imam “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gitosudarmo, Indriyo “Manajemen Keuangan”. Edisi Keempat. Yogyakarta: Penerbit BPFE. Gujarati, Damodar “Ekonometrika Dasar”. Jakarta: Penerbit Erlangga. Husnan, Suad “Pembelanjaan Perusahaan, (Dasar-Dasar Manajemen Keuangan)”. Edisi III. Yogyakarta: Liberty. Indonesian Capital Market Directory Margaretha, Farah “Tinjauan Persepsi Manajemen Terhadap Struktur Modal Perusahaan Go Public”. Media Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No 1. Margaretha, Farah dan Lina Sari “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Multinasional di Indonesia”. Riset Bisnis dan Manajemen Vol. 5 No. 2. Martono, Ricky Virona dan Tjiu Hendragus Kusuma “Penentuan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal: Indikasi dari Perusahaan- Perusahaan Go Public Indonesia”. Forum Manajemen Prasetya Mulya tahun ke-XIX No. 85. Mazhar, Ayesha and Mohamed Nasr “Determinants of Capital Structure Decisions Case of Pakistani Government Owned and Private Firms”. ssrn.com Vol. IX. Narbuko, Cholid “Metodologi Penelitian”. Jakarta: PT Bumi Aksara. Purwanti, Erna “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Struktur Modal di BEJ Tahun ”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi.. Riyanto, Bambang “Dasar-Dasar Pembelanjaan”. Edisi IV. Yogyakarta: BPFE. Saidi “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Go Public di BEJ tahun ”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 11 No. 1. Sheridan, Titman and Roberto Wessels “The Determinants of Capital Structure Choice”. The Journal of Finance Vol. 43 No. 1. Singarimbun, Masri “Metode Penelitian Survey”. SLP3ES. Sunaryah “Pengantar Pengetahuan Pasar Modal”. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Terra, Paulo Renato Soares “An Empirical Investigation on the Determinants of Capital Structure in Latin America”. ssrn.com Vol. VII. Wibowo, Dedy Setyo Adi “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Go Publik di Bursa Efek Jakarta Tahun ”. Skripsi UNNES.

7 Terima Kasih


Download ppt "AGUSTINA MEGAWATI, 3351405547 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY DI BURSA EFEK INDONESIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google