Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSIC PRESENTATION PERFORMED BY JASON (12) GERALD (9) ELSEN (7) HENGKY (11) SAMUEL (24)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSIC PRESENTATION PERFORMED BY JASON (12) GERALD (9) ELSEN (7) HENGKY (11) SAMUEL (24)"— Transcript presentasi:

1 MUSIC PRESENTATION PERFORMED BY JASON (12) GERALD (9) ELSEN (7) HENGKY (11) SAMUEL (24)

2 ALAT MUSIK TRADISIONAL SULAWESI KALIMANTAN

3 OPENING/ PEMBUKAAN ALAT-ALAT ALAT-ALAT MUSIK

4 KALIMANTAN – A SHORT HISTORY… Provinsi kalimantan adalah nama salah satu provinsi di indonesia pada masa dahulu yang dibentuk pada 14 agustus 1950 dengan gubernur pertama dr. Moerjani, yang beribukota di banjarmasin. Dalam tahun 1945 wilayah provinsi ini disebut provinsi borneo.[2] Pada tahun 1957, provinsi kalimantan dimekarkan menjadi tiga provinsi yaitu kalimantan barat, kalimantan timur dan kalimantan selatan. Namun provinsi kalimantan selatan (bekas kalimantan induk) masih merayakan kelahiran provinsi tersebut terhitung sejak 14 agustus 1950.

5 CIRI-CIRI ALAT MUSIK KALIMANTAN -ALAT MUSIK PUKULNYA CENDERUNG TERBUAT DARI KUNINGAN

6 Kledi / keruri / kedire / suling Alat musik ini terbuat dari bilah bambu atau kulit kerang. untuk memainkan alat musik ini tidak hanya ditiup, namun sekaligus dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat rumpun uut danum alat ini juga disebut dengan nama korondek. NEXT PREVIOUS

7 ENTEBONG Alat musik Entebong ini bentuknya seperti gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik satu ini terdapat di Kabupaten Sekadau yang dibuat oleh suku Dayak Mualang. NEXT PREVIOUS

8 TERAH UMAT Umat itu dalam bahasa daerah Kalimantan artinya adalah besi. Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini memang terbuat dari besi yang dimainkan dengan cara dipukul dan tidak beda jauh dengan gamelan jawa Umat itu dalam bahasa daerah Kalimantan artinya adalah besi. Alat musik tradisional Kalimantan Barat ini memang terbuat dari besi yang dimainkan dengan cara dipukul dan tidak beda jauh dengan gamelan jawa

9 KALIMANTAN TENGAH  GARANTUNG Garantung ini adalah alat musik tradisional sejenis Gong. Alat musik inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Suku Dayak. Ada juga yang menyebut alat musik ini dengan sebutan Agung.

10

11  KATAMBUNG Alat musik Katambung adalah sejenis perkusi gendang yang memiliki panjang hingga 75 cm. Alat musik ini dibuat dari kayu ulin kemudian ada balutan kulit ikan buntal yang dikeringkan untuk diregangkan di bagian sisinya sebagai bagian yang nantinya dipukul dalam memainkannya. Diamater kulit ikan buntal yang dikeringkan kemudian dijadikan bagian dari Katambung ini biasanya berukuran hingga 10 cm. Alat musik Katambung adalah sejenis perkusi gendang yang memiliki panjang hingga 75 cm. Alat musik ini dibuat dari kayu ulin kemudian ada balutan kulit ikan buntal yang dikeringkan untuk diregangkan di bagian sisinya sebagai bagian yang nantinya dipukul dalam memainkannya. Diamater kulit ikan buntal yang dikeringkan kemudian dijadikan bagian dari Katambung ini biasanya berukuran hingga 10 cm.

12  KURIDING Kuriding termasuk salah satu alat musik tradisional Kalimantan Selatan yang terancam punah. Sudah jarang orang memainkan alat musik yang dibuat dari kayu. Kuriding dimainkan oleh seniman dari etnis Bakumpai maupun Banjar.

13

14 GAMBUS Gambus yang merupakan alat musik petik. Gambus ini awalnya berasal dari Timur Tengah yang kemudian dibawa oleh pedagang melayu sampai ke pesisir Kalimantan Timur.

15  SAMPE Sampe juga merupakan alat musik petik tradisional Kalimantan Timur yang cukup terkenal. Nama Sampe berasal dari bahasa lokal suku Dayak yang artinya “memetik dengan jari”. Sampe ini identik dengan kebudayaan orang-orang Melayu, termasuk Rumpun Melayu dari suku dayak di Kalimantan Timur. Sampe juga merupakan alat musik petik tradisional Kalimantan Timur yang cukup terkenal. Nama Sampe berasal dari bahasa lokal suku Dayak yang artinya “memetik dengan jari”. Sampe ini identik dengan kebudayaan orang-orang Melayu, termasuk Rumpun Melayu dari suku dayak di Kalimantan Timur.

16  KETIPUNG Alat musik yang satu ini juga termasuk salah satu alat musik tradisional yang berbau Timur Tengah yang membawa pengaruh sampai ke Kalimantan Timur. Alat musik ketipung ini adalah sejenis gendang kecil yang biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu bernuansa Timur Tengah.

17 LIVE PERFORMANCE AMPAR AMPAR PISANG - KALIMANTAN

18 SULAWESI TRADITIONAL MUSIC OPENING MUSICAL INSTRUMENTS TRADITIONAL DANCE THE VIDEO

19 ABOUT SULAWESI PROVINCE Sulawesi atau Pulau Sulawesi (atau sebutan lama dalam bahasa Inggris: Celebes) adalah sebuah pulau dalam wilayah Bendera Indonesia Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan di sebelah barat dan Kepulauan Maluku di sebelah timur. Dengan luas wilayah sebesar km², Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 di dunia. Di Indonesia hanya luas Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Pulau Papua sajalah yang lebih luas wilayahnya daripada Pulau Sulawesi, sementara dari segi populasi hanya Pulau Jawa dan Sumatera sajalah yang lebih besar populasinya daripada Sulawesi.

20 CIRI-CIRI ALAT MUSIK SULAWESI Berbagai alat musiknya terbuat dari tanduk,contoh : lembong dan popondi Banyak alat musiknya terbuat dari bambu Berbagai alat musiknya hanya digunakan untuk acara tertentu Biasanya alat musiknya dimainkan diiringi dengan alat musik lain

21 Kolintang kebanyakan dihasilkan di Minahasa, sebuah daerah di Sulawes Utara. Alat musik ini terbuat dari potongan kayu yang memang khusus dipergunakan untuk membuat kolintang. Menurut sejarah, kata kolintang diambil dari bunyinya yang menyerupai kata “Tong” dan “Ting”. Nada “Tong”merupakan nada rendah dan “Tang” merupakan nada tingginya, kemudian lama kelamaan nama kolintang digunakan untuk mengapresiasikan sebuah alat musik.

22 Gong (Sulawesi tengah) merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini.

23 Rebana (bahasa Jawa: terbang) adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. ini merupakan symbol kota bumiayu.terbuat Bingkai berbentuk lingkaran dari kayuyang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.

24 TALINDO Talindo adalah alat musik tradisional Sulawesi Barat yang mungkin juga terdapat di Provinsi lain di Pulau Sulawesi yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini hampir sama seperti gitar, hanya saja bentuk dan suaranya masih khas alat musik tradisional.

25 GARPU TALA BAMBU Seperti namanya, alat musik yang hampir mirip dengan garpu yang hanya memiliki dua gigi ini padaumumnya di zaman sekarang dibuat dari logam. Namun, di sulawesi utara ada garpu tala tradisional yang dibuat dari bambu yang ketika dipukulkan akan mengeluarkan frekuensi suara dengan nada tertentu..

26 BANSI Alat musik jenis tiup ini sejenis seruling dari bambu. Hanya saja bagian ujung tempat meniupnya dibuat agak melebar. Tidak seperti seruling yang ditiup dari bagian batangnya secara horizontal, namunBansi ini ditiup dengan posisi agar vertikal karena tempat meniupnya ada di salah satu ujungnya. Biasanya bansi dimainkan dengan perpaduan berbagai alat musik lainnya untuk menciptakan musik tradisional yang khas

27 SALUDE Salude adalah alat musik petik yang memiliki dua senar. Terbuat dari kayu dan hampir sama dengan siter berdawai. Bunyi yang dihasilkan dari alat musik tradisional Sulawesi Utara yang satu ini cukup unik dan merdu.

28 REBANA/TERBANG Rebana adalah sebutan dari daerah Bugis. Terbang merupakan sebutan dari daerah Makasar. Alat musik ini merupakan alat musik gendang yang menggunakan membran. Bahannya dibuat dari kayu seperti kayu batang pohon cendana, pohon nangka, pohon kelapa dan kayu jati. Bahan yang digunakan mempengaruhi karakter bunyi yang dihasilkannya karena kayu tersebut berfungsi sebagai tabung suara atau ruang resonansi.

29 BASI-BASI / KLARINET Basi-basi adalah sebutan dari daerah Bugis. Klarinet adalah sebutan dari daerah Makasar. Alat musik ini merupakan alat musik sejenis alat musik tiup yang dipasang rangkap.

30 KESO Keso merupakan alat musik sejenis rebab. Letak perbedaannya dengan rebab adalah Keso mengunakan 2 dawai. Cara memainkannya dengan cara digesek.

31 PUIK – PUIK/ PUWI-PUWI Puik – Puik merupakan alat musik tiup semacam terompet. Alat musik ini juga serupa dengan alat musik serunai dari Sumatera.Di Jawa Barat dengan nama Tarompet, di Jawa Timur dengan nama Sronen, di Sulawesi Selatan dengan nama Puwi-puwi.

32 GAMBUS Gambus adalah alat musik petik yang seperti mandolin. Biasanya paling banyak memiliki tiga senar. Alat musik ini sebenarnya berasal dari Timur Tengah. Permulaan masuknya alat musik gambus ini ke tanah air sebenarnya karena pengaruh dari penyebaran agama Islam di beberapa daerah di Indonesia termasuk di Sulawesi Tenggara ini. Alat musik ini pada perkembangannya akhirnya juga digunakan untuk melantunkan lagu- lagu tidak hanya berbahasa arab seperti aslinya, namun juga berbahasa melayu.

33 GAMELAN SULAWESI Hampir sama dengan gamelan jawa. Alat musik ketuk atau pukul ini menggunakan kayu sebagai landasannya. Dan di atasnya disusunlah beberapa lempeng logam yang jika dipukul akan menghasilkan suara dan memiliki tangga nada yang lengkap.

34 POLOPALO Alat musik tradisional Polopalo merupakan alat musik jenis idiofon atau golongan alat musik yang sumber bunyinya diproleh dari badannya sendiri (Soeharto 1992 : 54). Jadi, ketika Polopalo tersebut dipukul atau sebaliknya memperoleh pukulan, bunyinya akan dihasilkan dari proses bergetarnya seluruh tubuh Polopalo tersebut.

35 Ganda/ Kanda adalah nama alat musik pukul yang biasa kita kenal dengan gendang yang memiliki dua buah kulit menutupi kedua sisinya. Hampir semua pemuda maupun anak anak dapat bermain Ganda

36 Tari Kipas Pakarena merupakan ekspresi kesenian masyarakat Gowa yang sering dipentaskan untuk mempromosi pariwisata Sulawesi Selatan. Dalam bahasa setempat, “pakarena” berasal dari kata “karena” yang memiliki arti “main”. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

37 LAGU DAERAH DARI SULAWESI Tondok Kadadiangku Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah Tope Gugu Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah Peia Tawa-Tawa Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara Tana Wolio Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara Esa Mokan Sulawesi Utara Sulawesi Utara Gadis Taruna Sulawesi Utara Sulawesi Utara O Ina Ni Keke Sulawesi Utara Sulawesi Utara Si Patokaan Sulawesi Utara Sulawesi Utara Sitara Tillo Sulawesi Utara Sulawesi Utara Tahanusangkara Sulawesi Utara Sulawesi Utara Tan Mahurang Sulawesi Utara Sulawesi Utara

38 LAGU DAERAH DARI SULAWESI Ammac Ciang Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Anak Kukang Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Angin Mamiri Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Ati Raja Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Batti'batti Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Ganrang Pakarena Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Ma Rencong Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Marencong-rencong Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Pakarena Sulawesi Selatan Sulawesi Selatan Tondok Kadadiangku Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah Tope Gugu Sulawesi Tengah Sulawesi Tengah

39

40

41


Download ppt "MUSIC PRESENTATION PERFORMED BY JASON (12) GERALD (9) ELSEN (7) HENGKY (11) SAMUEL (24)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google