Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGGUL JAKARTA CATUR MARGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGGUL JAKARTA CATUR MARGA."— Transcript presentasi:

1

2 PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGGUL JAKARTA CATUR MARGA

3  Catur Marga terdiri dari kata Catur artinya empat dan Marga artinya jalan. Catur Marga adalah empat jalan untuk menuju Tuhan. Secara keseluruhan Catur Marga bertujuan untuk menyatukan diri dengan Hyang Widhi (Tuhan) dengan cara mengabdikan diri utnuk kebaikan dan kesujudan yang tulus iklas secara terus menerus, melakukan perbuatan mulia dengan tanpa pamrih.

4 BAGIAN CATUR MARGA : 1.BHAKTI MARGA 2.KARMA MARGA 3.JNANA MARGA 4.YOGA MARGA

5 1.BHAKTI MARGA. Kata Bhakti bcrasal dari kata "bac" artinya cinta kasih. Marga artinya jalan. Bhakti marga adalah jalan untuk menghubungkan diri dengan Tuhan dengah cinta kasih sebagai landasannya. Tingkatan bhakti ada dua yaitu Apara Bhakti dan Para Bhakti. Apara bhakti adalah tingkatan bhakti sang masih sederhana

6 2. KARMA MARGA Karma Marga berasal dari kata "kr" yang berarti berbuat. Segala karma adalah karma. Karma Marga adalah jalan menuju Tuhan melalui perbuatan tanpa mengharapkan hasilnya. Semua orang setiap saat berbuat karma. Secara batiniah karma beraiti apa yang terjadi sekarang dan perbuatan masa lalu. Tetapi dalam Karma Marga. kata karma berarti

7 3. JNANA MARGA Jnana Marga adalah jalan menuju persatuan dengan Tuhan melalui ilmu pengetahuan. Marga ini dimaksudkan untuk para pencari kehidupan rohani yang mempunyai kecenderungan intelektual yang kuat. Tujuan Jnana marga adalah untuk membelah bidang-bidang yang sangat rahasia dengan wiweka. Yang diperlukan adalah kemampuan untuk membedakan bagian permukaan dari diri kita yang terletak berlapis- lapis dibagian luar dengan diri kita yang sejati atau Atman yang terletak didalamnya.

8 4. YOGA MARGA Yoga Marga adalah jalan untuk merealisasikakan Tuhan melalui Yoga. Orang-orang yang mempunyai kecenderungan dan disiplin diri untuk mencapai kesatuan dengan Tuhan didukung sepenuhnya dan diberi dorongan untuk melaksanakannya. Jalan yang ditempuh adalah jalan Yoga. Syarat untuk menempuh jalan ini adalah harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa Atma jauh tebih mengagungkan dari pada yang kita sadari dan mempunyai hasrat yang kuat untuk menjalaninya sccara langsung.

9 BAGIAN ASTANGGA YOGA : 1.Yama. adalah pengendalian tahap pertama 2. Nyama. adalah pengendalian diri lebih lanjut. yang merupakan ajaran kesucian menuju Tuhan. 3. Asana. adalah sikap duduk. 4. Pranayama. adalah pengendalian prana melalui pengaturan napas –yang teratur. 5. Pratihara, adalah penarikan pikiran dari obyeknya di dunia luar. untuk kemudian dikembalikan kedalam batin. 6. Darana. adalah pemusatan pikiran bagian ini sudah berwujud pengendalian rohani. 7. Dhyana, adalah meditasi. pemusatan pikiran yang lebih intensif. 8. Semadi adalah luluhnya pikiran dengan Atma

10 KUIS : 1.Jelaskan apakah yang dimaksud dengan catur marga ! 2.Coba Anda sebutkan bagaimana ciri-ciri Bhakti jelaskan ! 3.Sebut dan jelaskan bagian dari astangga yoga ! 4.Jelaskan apakan yang dimaksud dengan bhakti marga dan jnana marga ! 5.Coba anda berikan penjelasan tentang karma marga dan yoga marga !


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA HINDU UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGGUL JAKARTA CATUR MARGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google