Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rika Kharlina Ekawati, S.E., M.T.I.  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rika Kharlina Ekawati, S.E., M.T.I.  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk."— Transcript presentasi:

1 Rika Kharlina Ekawati, S.E., M.T.I

2  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk badan usaha: 1. Perusahaan Perorangan 2. Firma (Fa) 3. Perseroaan Komonditer (CV) 4. Perseroaan Terbatas (PT) 5. Perusahaan Negara 6. Perusahaan Daerah 7. Yayasan 8. Koperasi.

3 B. Bukti Diri  Bukti diri adalah identitas diri para pemilik usaha yang dikeluarkan oleh kelurahan setempat yang dikenal Kartu Tanda Penduduk (KTP). C. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)  Tanda Daftar Perusahaan (TDP) harus dimiliki setiap perusahaan sesuai dengan bidang usaha masing- masing.  Departemen yang mengeluarkan TDP adalah Departemen Perindustrian dan Perdagangan.  Pengurusan TDP pada saat pengurusan akta pendirian perusahaan.

4 C. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)  Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perlu dimiliki pengusaha.  NPWP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.  Pentingnya NPWP agar setiap usaha yang dijalankan akan memberikan penghasilan kepada pemerintah. D. Izin-Izin Perusahaan  Izin-izin yang dimiliki sesuai dengan jenis bidang usaha.

5 1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), bagi usaha yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian 2. Surat Izin Usaha Industri (SIUI), bagi usaha yang bergerak dalam bidang usaha industri dari Departemen Perdagangan dan Perindustrian 3. Izin usaha tambang dari Departemen Pertambangan 4. Izin usaha perhotelan dan pariwisata dari Departemen pariwisata pos dan Telekomunikasi 5. Izin usaha farmasi dan rumah sakit dari Departemen Kesehatan 6. Izin usaha peternakan dan pertanian dari Departemen Pertanian 7. Dan lain-lain.

6 E. Keabsahan Dokumen Lainnya  Dokumen lainnya yang perlu diteliti keabsahannya, yaitu: 1.Status hukum tanah 2.Kendaraan 3.Surat-surat dan sertifikat lainnya yang dianggap perlu.


Download ppt "Rika Kharlina Ekawati, S.E., M.T.I.  Aspek hukum bertujuan untuk meneliti keabsahan, kesempurnaan, dan keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki. A. Bentuk-bentuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google