Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WEWENANG, DELEGASI DAN DESENTRALISASI. WEWENANG (AUTHORITY) Adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WEWENANG, DELEGASI DAN DESENTRALISASI. WEWENANG (AUTHORITY) Adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan."— Transcript presentasi:

1 WEWENANG, DELEGASI DAN DESENTRALISASI

2 WEWENANG (AUTHORITY) Adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.

3 SUMBER WEWENANG TEORI FORMAL (PANDANGAN KLASIK) TEORI PENERIMAAN

4 PANDANGAN WEWENANG FORMAL Wewenang adalah dianugerahkan, wewenang ada karena seseorang diberi atau dilimpahi atau diwarisi. Menganggap bahwa wewenang berasal dari tingkat masyarakat yang sangat tinggi dan secara hukum diturunkan dari tingkat ke tingkat. Sumber tertinggi dari wewenang disini adalah pemilik atau pemegang saham.

5 PANDANGAN TEORI PENERIMAAN Menyanggah bahwa wewenang dapat dianugerahkan. Berpendapat bahwa wewenang seseorang timbul hanya bila hal itu diterima oleh kelompok atau individu kepada siapa wewenang tersebut dijalankan.

6 KEKUASAAN Adalah kemampuan untuk mempengaruhi individu, kelompok, keputusan atau kejadian

7 SUMBER KEKUASAAN Kekuasaan balas jasa (reward power), berasal dari sejumlah balas jasa positif, (uang, perlindungan, perkembangan karier) yang diberikan kepada pihak penerima untuk melaksanakan perintah atau persyaratan lainnya. Kekuasaan paksaan (coercive power), berasal dari perkiraan yang dirasakan orang bahwa hukuman (dipecat, ditegur,) akan diterimanya bila mereka tidak melaksanakan perintah pimpinan.

8 Kekuasaan sah (legitimate power), berkembang dari nilai2 intern yang mengemukakan bahwa seseorang pimpinan mempunyai hak sah untuk mempengaruhi bawahan. Kekuasaan pengendalian informasi (control-of- information power), berasal dari pengetahuan dimana orang lain tidak mempunyainya. Digunakan dengan pemberian atau penahanan informasi yang dibutuhkan.

9 Kekuasaan panutan (referent power), didasarkan atas identifikasi orang2 dengan seorang pimpinan dan menjadikan pemimpin itu sebagai panutan atau simbol. Karisma pribadi, keberanian, simpatik. Kekuasaan ahli ( expert power), merupakan hasil dari keahlian atau ilmu pengetahuan seorang pemimpin dalam bidangnya dimana pemimpin tersebut ingin mempengaruhi orang lain.

10 WEWENANG LINI Adalah wewenang dimana atasan melakukannya atas bawahannya langsung. (diturunkan kebawah melalui tingkatan organisasi)

11 WEWENANG STAF Adalah hak yang dipunyai oleh satu2an staf atau para spesialis untuk emnyarankan, memberi rekomendasi, atau konsultasi kepada personalia.

12 WEWENANG STAF FUNGSIONAL Adalah hubungan terkuat yang dimiliki staf dengan satuan2 lini.

13 SUMBER KONFLIK LINI-STAF Perbedaan umur dan pendidikan Perbedaan tugas Perbedaan sikap Perbedaan posisi

14 DELEGASI WEWENANG Delegasi adalah pelimpahan wewenang dan tanggung jawab formal kepada orang lain untuk melaksanakan kegiatan tertentu.

15 KEGIATAN KETIKA DELEGASI WEWENANG DILAKUKAN Pendelegasian menetapkan dan memberikan tujuan dan tugas kepada bawahan Pendelegasi melimpahkan wewenang yang diperlukan untuk mencapai tujuan atau tugas Penerimaan delegasi, menimbulkan kewajiban atau tanggung jawab Pendelegasi menerima pertanggungjawaban bawahan untuk hasil2 yang dicapai.

16 PEDOMAN KLASIK UNTUK DELEGASI EFEKTIF Prinsip skalar, harus ada garis wewenang yang jelas mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan organisasi paling atas ke tingkatan paling bawah. Prinsip kesatuan perintah, setiap bawahan dalam organisasi seharusnya melaporkan hanya kepada seorang atasan. Tanggung jawab, wewenang, dan akuntabilitas

17 MENGAPA MANAJER GAGAL MENDELEGASIKAN  Manajer merasa lebih bila mereka tetap mempertahankan hak pembuatan keputusan  Manajer tidak bersedia menghadapi risiko bahwa bawahan akan melaksanakan wewenangnya dengan salah atau gagal  Manajer tidak atau kurang mempunyai kepercayaan akan kemampuan bawahannya  Manajer merasa bahwa bawahan lebih senang tidak mempunyai hgak pembuatan keputusan yang luas  Manajer takut bahwa bawahan lebih senang tidak mempunyai hak pembuatan keputusan yang luas  Manajer takut bahwa bawahan akan melaksanakan tugasnya dengan efektif sehingga posisinya sendiri terancam  Manajer tidak mempunyai kemampuan manajerial untuk mendelegasikan tugasnya

18 CARA DELEGASI YANG EFEKTIF Tetapkan tujuan Tegaskan tanggung jawab dan wewenang Berikan motivasi kepada bawahan Meminta penyelesaian kerja Berikan latihan Adakan pengawasan yang memadai

19 Sentralisasi adalah pemusatan kekuasaan dan wewenang pada tingkatan atas suatu organisasi. Desentralisasi adalah penyebaran atau pelimpahan secara meluas kekuasaan dan pembuatan keputusan ke tingkatan2 organisasi yang lebih rendah.


Download ppt "WEWENANG, DELEGASI DAN DESENTRALISASI. WEWENANG (AUTHORITY) Adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google