Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 6 PERENCANAAN STRATEJIK. DEFINISI Perencanaan stratejik adalah proses memutuskan program-program yang akan diambil organisasi dan perkiraan jumlah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 6 PERENCANAAN STRATEJIK. DEFINISI Perencanaan stratejik adalah proses memutuskan program-program yang akan diambil organisasi dan perkiraan jumlah."— Transcript presentasi:

1 BAB 6 PERENCANAAN STRATEJIK

2 DEFINISI Perencanaan stratejik adalah proses memutuskan program-program yang akan diambil organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang dialokasikan untuk masing-masing program selama beberapa tahun ke depan.Perencanaan stratejik adalah proses memutuskan program-program yang akan diambil organisasi dan perkiraan jumlah sumber daya yang dialokasikan untuk masing-masing program selama beberapa tahun ke depan.

3 FORMULASI STRATEGI Formulasi strategi adalah proses menentukan strategi-strategi baru. Pihak manajemen menentukan tujuan organisasi dan menciptakan strategi- strategi utama untuk mencapai tujuan tersebut.Formulasi strategi adalah proses menentukan strategi-strategi baru. Pihak manajemen menentukan tujuan organisasi dan menciptakan strategi- strategi utama untuk mencapai tujuan tersebut.

4 Keterbatasan Perencanaan Stratejik Perencanaan hanya akan menjadi “isi formulir”, pelaksanaan birokrasi, tidak ada pemikiran stratejik.Perencanaan hanya akan menjadi “isi formulir”, pelaksanaan birokrasi, tidak ada pemikiran stratejik. Sebuah organisasi bisa saja membuat departemen perencanaan stratejik yang besar, namun mendelegasikan persiapan rencana stratejik pada staf departemennya.Sebuah organisasi bisa saja membuat departemen perencanaan stratejik yang besar, namun mendelegasikan persiapan rencana stratejik pada staf departemennya. Perencanaan stratejik itu boros waktu dan biaya.Perencanaan stratejik itu boros waktu dan biaya.

5 Perencanaan Stratejik bermanfaat bagi organisasi yg mempunyai karakteristik: Keyakinan oleh manajemen puncakKeyakinan oleh manajemen puncak Organisasi relatif besar dan kompleksOrganisasi relatif besar dan kompleks Adanya ketidakpastian yang cukup berarti di masa datang, namun organisasi memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubahAdanya ketidakpastian yang cukup berarti di masa datang, namun organisasi memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah

6 Struktur dan Isi Rencana Stratejik Untuk manufaktur : Diferensiasi produk, perluasan produk, manajemen bahan, manajemen mutuUntuk manufaktur : Diferensiasi produk, perluasan produk, manajemen bahan, manajemen mutu Untuk Jasa: Kualitas layanan, management of change, segmentasiUntuk Jasa: Kualitas layanan, management of change, segmentasi Untuk Dagang: Distribusi, manajemen ritail, manajemen sediaan, display produkUntuk Dagang: Distribusi, manajemen ritail, manajemen sediaan, display produk

7 Sistem Evaluasi Pengeluaran Modal PERATURANPERATURAN MENGHINDARI MANIPULASIMENGHINDARI MANIPULASI MODELMODEL

8 Value Chain Analysis Value Chain bagi tiap perusahaan merupakan seperangkat aktivitas terkait yang menciptakan nilai dari tiap bagiannya, mulai dari memperoleh bahan baku untuk komponen pemasok sampai menghasilkan produk siap pakai serta mengantarnya pd konsumen akhir.Value Chain bagi tiap perusahaan merupakan seperangkat aktivitas terkait yang menciptakan nilai dari tiap bagiannya, mulai dari memperoleh bahan baku untuk komponen pemasok sampai menghasilkan produk siap pakai serta mengantarnya pd konsumen akhir. Dari perspektif perencanaan stratejik, konsep value chain menggarisbawahi tiga bagian : Keterkaitan dengan pemasok, Keterkaitan dengan pelanggan, dan Keterkaitan dengan prosesDari perspektif perencanaan stratejik, konsep value chain menggarisbawahi tiga bagian : Keterkaitan dengan pemasok, Keterkaitan dengan pelanggan, dan Keterkaitan dengan proses

9 Langkah Proses Perencanaan Stratejik Tinjau ulang dan perbarui rencana stratejik tahun laluTinjau ulang dan perbarui rencana stratejik tahun lalu Ambil asumsi dan panduanAmbil asumsi dan panduan Penyusunan awal dari rencana stratejik baruPenyusunan awal dari rencana stratejik baru AnalisisAnalisis Penyusunan kedua dari rencana stratejik baruPenyusunan kedua dari rencana stratejik baru Tinjau ulang dan persetujuanTinjau ulang dan persetujuan


Download ppt "BAB 6 PERENCANAAN STRATEJIK. DEFINISI Perencanaan stratejik adalah proses memutuskan program-program yang akan diambil organisasi dan perkiraan jumlah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google