Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Rekomendasi Alternatif Solusi Pengembangan Sistem Informasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) Program Pascasarjana S2-Magister Manajemen Universitas Putra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Rekomendasi Alternatif Solusi Pengembangan Sistem Informasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) Program Pascasarjana S2-Magister Manajemen Universitas Putra."— Transcript presentasi:

1 1 Rekomendasi Alternatif Solusi Pengembangan Sistem Informasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) Program Pascasarjana S2-Magister Manajemen Universitas Putra Indonesia “YPTK”

2 ANALISIS SISTEM INFORMASI

3 TOP-LEVEL PLANNING

4 INTEGRASI TEKNOLOGI INFORMASI

5 Spektrum Perencanaan

6 BUSINESS INFORMATION PLANNING (BIP)

7 PERAN SISTEM ANALIS

8 KERANGKA DASAR DALAM PEMBUTAN SIM

9 Sistem Informasi Siswa OFF-LINE Tidak Boleh Tidak Boleh

10 ALIRAN SISTEM INFORAMSI SEKOLAH Tidak Boleh Tidak Boleh

11 Sistem Informasi MSDM ON-LINE

12 Sistem Informasi Sekolah Konvensional

13 Sistem Online

14 STUDI KASUS : AUDIT SISTEM INFORMASI (AUSI)

15 USE CASE DIAGRAM PENDAFTARAN STUDI KASUS : AUDIT SISTEM INFORMASI (AUSI)

16

17

18 PROCESS LOGIC

19 PENDEKATAN ORIENTASI DATA

20

21 PERBEDAAN SI ORIENTASI PROSES-DATA

22 Analisis Sistem Dalam PSI

23

24

25

26

27

28 Produk SDLC

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

47

48

49

50

51

52

53

54

55

56

57

58

59

60

61

62

63

64 Apa Yang dapat Kita amati jika berada di dalam suatu mall atau supermaket ?. Apa Yang dapat Kita amati jika berada di dalam suatu Hotel ?. Apa Yang dapat Kita amati jika berada di dalam suatu Bank?. Apa Yang dapat Kita amati jika berada di dalam suatu Kampus ?. PERTANYAAN

65 Software SIM untuk perusahaan Multi Level Marketing Software SIM yang dirancang khusus untuk perusahaan MLM. Praktis, efisien, sederhana dan sangat mudah digunakan.Features : Dilengkapi dengan modul database induk yang menyimpan data - data mengenai anggota (members) dan data produk yang dijual, sehingga pencarian data mengenai seorang member atau suatu item barang (jenis, jumlah stok, harga, dsbnya) dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Dapat menelusuri (kelompok) anggota upline atau downline dengan cepat dan mudah. Penghitungan bonus, level bintang dan jumlah pemasukan / penjualan dari tiap - tiap anggota (members) dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan akurat. Perkembangan aktifitas tiap - tiap member dapat dipantau dengan mudah, sehingga pihak upline dapat memberikan pengarahan / bimbingan dengan lebih baik, efektif dan efisien kepada pihak downline bersangkutan. Dan masih banyak fitur - fitur menarik dan pasti sangat bermanfaat bagi Anda, para pengelola sistem MLM. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi bagian informasi kami di.

66 Dilengkapi dengan modul database induk yang terletak di pusat server CGB di Jakarta atau komputer server pusat milik kantor klien, yang berisikan pasal - pasal hukum, peraturan dan undang - undang yang berlaku di Indonesia dan internasional, daftar kasus dan riwayat kejahatan, dsbnya - khusus SIM profesional version. Dilengkapi sistem pengakses dokumen multimedia (dokumen MS Word, MS Excel, animasi, gambar, suara, video, dsbnya). Dokumen dapat disimpan di komputer lokal atau komputer induk / server. Dilengkapi dengan modul database untuk menyimpan data - data klien, data relasi dan data staff karyawan. Pengingat jadwal kerja (harian, mingguan, bulanan, tahunan), janji - janji penting dan penyusunan jadwal kerja team yang dapat dilakukan secara terpadu - via LAN atau internet, dll. Didisain dengan prinsip "paperless office", sehingga tumpukan - tumpukan kertas, file dan dokumen yang dulu banyak menyita tempat di kantor Anda kini lebih jauh berkurang karena semuanya sudah dipindahkan ke sistem digital dengan bantuan software ini. Software SIM untuk kantor biro hukum / pengacara. Bila Anda seorang pengacara atau konsultan hukum, Anda perlu mempertimbangkan software ini.

67 Pengelolaan administrasi sekolah (SPP siswa, gaji / honor pengajar dan karyawan, dsbnya) dapat lebih mudah dan teratur. Pengelolaan administrasi perpustakaan sekolah dapat dikerjakan dengan lebih mudah, cepat dan efisien karena didukung sistem database yang terintegrasi dengan file data siswa, dll. Pengawasan kemajuan belajar - mengajar di kalangan guru dan murid secara individual dapat lebih mudah dilakukan SIM untuk sekolah tingkat SD, SMP dan SMU

68 Sangat mempermudah pengelolaan manajemen kampus dan sistem administrasi karena menerapkan konsep satu sumber data. Dengan konsep ini semua akses hanya menuju ke satu unit data / file. Jadi tidak ada lagi penggandaan data yang seringkali mengacaukan sistem administrasi. Dapat di-link ke komputer server bank untuk menangani masalah pembayaran (SPP dan gaji / honor staff pengajar dan karyawan) - versi profesional dan enterprise. Untuk staff pengajar, software ini dilengkapi dengan sistem pemantau kemajuan kegiatan belajar - mengajar untuk tiap - tiap mahasiswa. Daftar nilai ujian semester, mid semester, tugas - tugas dsbnya kini dapat lebih mudah untuk dilacak dan diawasi perkembangannya. Dilengkapi dengan modul Research Manager untuk membantu pengelolaan kegiatan penelitian di kalangan perguruan tinggi. Di-integrasikan dengan web site kampus klien, sehingga pengumuman, bahan kuliah, jurnal penelitian kampus dsbnya dapat diakses dari mana pun selagi masih bisa dijangkau oleh jaringan internet - versi enterprise.web site Dan masih banyak fitur - fitur lainnya yang sangat menarik. Dilengkapi dengan sistem database mahasiswa, staff pengajar dan karyawan sehingga akses informasi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. SIM untuk perguruan tinggi / universitas. Diciptakan untuk membantu tugas - tugas administrasi pada sebuah perguruan tinggi (universitas).

69 SIM untuk pabrik konveksi (pakaian jadi) Bisa dihubungkan dengan komputer server CGB di Jakarta atau komputer server pusat milik klien yang menyimpan daftar harga barang / bahan baku (benang, kain, kancing, dsbnya) - profesional version. Kemudahan dalam memantau jumlah persediaan / stock barang di gudang - gudang penyimpanan, pemeriksaan jadwal service mesin - mesin produksi, jam kerja karyawan / absensi, penjualan, dsbnya. Laporan dapat disusun dalam beberapa tingkat, untuk tingkat top manager, middle manager, low manager hingga tingkat operator yang masing - masing memiliki kode password khusus. Untuk versi profesional laporan dapat diakses melalui web site klien di internet.web site Dilengkapi dengan modul perencanaan dan penghitungan perkiraan biaya produksi. Untuk versi profesional, dapat di-integrasikan dengan sistem pengaman (security system) pabrik - seperti kamera TV, sensor asap / api, sensor cahaya, sensor sentuh, handle pintu, pintu otomatik, dll.

70 Dilengkapi dengan sistem pengelolaan / manajemen sumberdaya manusia : rekruting, pengembangan kompetensi, pelatihan, absensi, pelanggaran, perjalanan dinas, kredit, pinjaman, perumahan, kesehatan pegawai, dsbnya. Kemudahan dalam memantau jumlah persediaan / stock barang di gudang - gudang penyimpanan, pemeriksaan jadwal service mesin - mesin produksi, jam kerja karyawan / absensi, penjualan, dsbnya. Untuk versi profesional, dapat di-integrasikan dengan sistem pengaman (security system) pabrik - seperti kamera TV (CCTV - Close Cable Tele Visi), sensor asap / api, sensor cahaya, sensor sentuh, handle pintu, pintu otomatik, dll. Laporan keadaan pabrik dapat diketahui dengan cepat (realtime) dan akurat oleh pihak manajemen, kapan saja. Untuk versi profesional laporan ini dapat diakses melalui web site klien di internet.web site Dilengkapi dengan modul simulator jabatan (pemindahan jabatan karyawan untuk mengetahui biaya / gaji keseluruhan) dan simulator penghitungan biaya produksi. Dan masih banyak fitur - fitur menarik lainnya yang sangat berguna bagi pihak manajemen pabrik semen SIM untuk industri / pabrik semen.

71 SIM untuk hotel. Dapat mempermudah pekerjaan administrasi hotel, dari reservasi hotel (booking), check in - check out, laundry, pemesanan makanan & minuman, dsbnya. Dari back office hingga front office. Komplit! Dilengkapi dengan sistem database untuk menyimpan data karyawan dan pelanggan khusus / tamu - tamu hotel. Dengan demikian kualitas pelayanan terhadap tamu / pelanggan hotel dapat lebih ditingkatkan lagi. Dilengkapi sistem administrasi pengelolaan sumber daya manusia (pelatihan karyawan, rekruting, absensi, pelanggaran, kompetensi, jabatan, dsbnya). Untuk versi profesional dapat di-integrasikan dengan web site hotel klien sehingga pengumuman penyelenggaraan suatu event khusus atau pemesanan tempat dapat dilakukan melalui media internet. web site Sirkulasi keuangan dan manajemen hotel dapat dipantau oleh pihak manager dengan mudah dan cepat. Jumlah uang yang dihasilkan untuk tiap kamar hotel juga dapat diketahui dengan mudah. Hal ini hanya bisa diakses oleh orang - orang tertentu yang memiliki kode password khusus. Untuk versi profesional laporan manajemen hotel bisa diakses dari internet / web site hotel klien. Dapat dikombinasikan dengan sistem sekuriti hotel (kamera TV pengawas - CCTV System, sensor kebakaran, dll). Dan masih banyak fitur - fitur lainnya yang sangat berguna bagi Anda, pengusaha perhotelan.

72 Sangat membantu dalam pengelolaan manajemen / administrasi suatu rumah sakit, dari pengadaan obat & peralatan medis, pemeliharaannya, pemantauan stock obat - obatan, pencatatan riwayat penyakit / perkembangan kesehatan pasien, pembayaran gaji / honor dokter dan karyawan rumah sakit, biaya perawatan pasien, rawat inap, dll. Dilengkapi dengan modul absensi karyawan, pengatur jadwal kerja, dsbnya. Untuk versi profesional dapat dihubungkan dengan kamera TV (CCTV system), control room, security system, sensor asap / kebakaran, dsbnya. Dan masih banyak fitur - fitur lainnya. SIM untuk Rumah Sakit.

73 Dilengkapi dengan modul pengatur jadwal kerja team maupun perorangan, yang sangat membantu pihak pimpinan / manager team memantau dan mengorganisir kegiatan para bawahannya dalam melaksanakan suatu event / acara. Pencatatan cash flow yang terpusat sehingga pihak pimpinan perusahaan dapat mengawasi arus uang masuk dan arus uang keluar dengan baik meski sedang menyelenggarakan beberapa proyek sekaligus dalam waktu yang (hampir) bersamaan. Meski demikian, pihak pimpinan tetap dapat mengetahui berapa pendapatan atau pengeluaran untuk masing - masing proyek. Memiliki modul database yang menyimpan data - data customer (klien) dan data para anggota team (data pribadi, keluarga, riwayat pekerjaan, pendidikan dan kompetensi yang dimiliki), sehingga pihak pimpinan dapat mengatur komposisi team dengan sebaik - baiknya sesuai dengan sifat dan keahlian masing - masing anggota team. SIM untuk event organizer.

74 Penyusunan rencanan kunjungan ke calon customer, koordinasi kerja dan pengontrolan laporan hasil kunjungan sales Anda dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan akurat. Penghitungan gaji pokok, hasil penjualan barang dan komisi untuk tiap sales dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Dilengkapi dengan modul database barang, perusahaan calon klien / buyers dan salesman / girl, sehingga akses informasi dapat dilakukan dengan cepat. Dilengkapi modul absensi sales. Software yang sangat ideal bagi perusahaan - perusahaan yang mempekerjakan sejumlah salesman / girl. Bila Anda seorang Sales Manager yang membawahi sejumlah besar salesman / salesgirl, cobalah software ini. Singkirkan semua buku - buku atau catatan rencana jadwal kunjungan, data - data sales Anda, data perusahaan target (prospek) dan semua tetek bengek lainnya ke keranjang sampah. Kini tiba saatnya Anda memfokuskan diri terhadap pencapaian target penjualan dan serahkan semua urusan lainnya ke software ini! SIM untuk Sales Manager

75 Dapat memonitor perkembangan kemampuan setiap atlet dengan mudah, yang bisa dibandingkan dengan perkembangan rekan satu team / kelompoknya. Dilengkapi dengan modul pemantau keadaan fisik atlet dan penyusun menu makanan (diet) khusus. Modul kompetensi atlet, sehingga Anda sebagai pelatih dapat menyusun daftar kompetensi apa yang harus dimiliki oleh atlet - atlet binaan Anda. Dari rencana kompetensi inilah Anda dapat menyusun program latihan, porsi / jadwal latihan dan metode latihan yang akan diterapkan. SIM untuk Pelatih Olahragawan / Atlet

76 Pelayanan dan penerbitan perijinan Sistem Satu Atap (SIMTAP). Pelayanan yang ada sekarang ini: Pelayanan Perijinan IMB Pelayanan perijinan KTP Pelayanan perijinan Izin Lokasi Pelayanan perijinan HO Pelayanan perijinan Izin reklame Pelayanan perijinan Capi Kelahiran Pelayanan perijinan SIUP Pelayanan perijinan TDUP Pelayanan perijinan TDR Pelayanan perijinan NPWP Pelayanan perijinan Mutasi PBB Pelayanan perijinan Setifikat Tanah Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Kabupaten (SIMPEKAB)

77 Sistem Informasi Manajemen Geografi (SIMGEO). merupakan suatu Sistem Informasi yang berkemampuan memanajemen data dalam bentuk spatial (ruang) dan tekstual diskriptif. Tiap lokasi (point), jalur/route (line) maupun batas-batas (boundary) wilayah pada peta mempunyai nilai dan dapat untuk mempresentasikan suatu data. Aplikasi SIMGEO akan dapat dipergunakan untuk perencanaan wilayah dan identifikasi sebagai objek lainnya seperti perpajakan dan pendapatan daerah yang ditampilkan pada sebuah peta wilayah. Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG). Paket aplikasi kepegawaian dirancang sesuai kebutuhan yang ada hubungannya dengan informasi pegawai Pemerintah Daerah dari setiap Biro/Bagian/Dinas berdasarkan kriteria tertentu. Sistem Informasi Manajemen Keuangan (SIMKEU). Sistem Informasi Manajemen Keuangan dirancang untuk perencanaan pengelolaan dan Pengendalian Sistem Administrasi Keuangan yang memberikan Informasi tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dan APBD Kabupaten termasuk bantuan luar negeri.

78 Sistem Informasi Manajemen Perlengkapan Daerah (SIMPERDA). Sistem perlengkapan terdiri dari Sub Sistem Perencanaan, Penganggaran, Pengadaan, Penyimpanan, Penyaluran, Pemeliharaan, Perlengkapan, Pengendalian, dan Inventarisasi. Sistem Informasi Manajemen Penanaman Modal Daerah (SIMPMD). SIMPMD dibuat dalam rangka menunjang masuknya dana investor untuk Pembangunan dan Pengembangan Daerah / Wilayah SIMPMD yang telah dirancang adalah SIM

79 Latar belakang Sistem Informasi Catatan Sipil meliputi pembuatan 1. Akta Kelahiran 2. Akta Kematian 3. Akta Perkawinan 4. Akta Perceraian 5. Akta Pengakuan Anak SISTEM INFORMASI CATATAN SIPIL Termasuk pula didalam Sistem ini adalah pelaporan statistik Catatan Sipil. Akta-akta tersebut diatas sebenarnya merupakan data awal dari biodata penduduk yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Kependudukan. Azas proses penerbitan Akta Catatan Sipil adalah azas Domisili dan/atau azas Peristiwa. Oleh karena itu bisa berinteraksi dengan seluruh penduduk Indonesia baik yang berdomisili di wilayah DKI maupun diluar wilayah DKI atau diluar Wilayah Indonesia. Pengertian Penduduk adalah adalah mereka yang tergolong atas: 1. WNI, yaitu Warga Negara Indonesia tak terkecuali yang berdomisili diluar wilayah DKI Jakarta atau di Luar wilayah Indonesia 2. WNA, yaitu Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia khususnya di wilayah DKI Jakarta 3. Penduduk adalah WNA maupun WNI yang berdomisili di DKI Jakarta dan mempunyai Kartu Identitas atau Tanda Penduduk DKI Jakarta baik penduduk tetap, tidak tetap atau penduduk musiman.

80 4. Bukan Penduduk WNA atau WNI yang berdomisili di wilayah DKI tetapi tidak mempunyai Kartu Identitas Penduduk DKI atau yang berdomisili diluar wilayah DKI Proses Sistem Informasi Catatan Sipil yang selama ini dilakukan adalah Proses Manual dan belum tergabung dengan Sistem Informasi Kependudukan. Hal ini disebabkan oleh karena memang struktur organisasi yang lama tidak memungkinkan untuk itu. Padahal semestinya bahwa data Catatan sipil langsung berdampak pada data dan biodata database Kependudukan, tetapi saat ini belum dapat dilaksanakan. Dengan struktur oraganisasi yang sekarang ini muncul pemikiran untuk mengintegrasikan antara Sistem Informasi Kependudukan dengan Sistem Informasi Catatan Sipil agar dapat disatukan dalam suatu sistem yang terintegrasi sehingga dapat terbentuk Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil Dari keadaan sedemikian maka dilakukan suatu pembahasan mengenai Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil di hotel Paragon Jl K Wachid Hasyim Jakarta untuk merumuskan kembali dan menyatukan persepsi tentang Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil SISTEM INFORMASI CATATAN SIPIL

81 B. Maksud dan Tujuan Maksud: Maksud dari pertemuan di Hotel Paragon adalah untuk menyatukan persepsi tentang Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil yang akan datang dengan merumus bentuk-bentuk output bentuk-bentuk input yang diperlukan. Tujuan: Setelah selesainya pertemuan ini diharapkan didapat suatu rumusan yang baku untuk dasar pembangunan Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil yang bisa terintegrasi yang dapat meningkatkan pelayan masyarakat disamping meningkatkan pula keamanan dan pengawasan C. Sistem Informasi Catatan Sipil Pembahasan diawali dengan suatu Brain Storming yang isinya disampaikan dalam Bab A.Latar Belakang, kemudian dilanjutkan dengan pembicaraan mengenai Sistem dan Proses penerbitan Akta. Untuk dapat melayani kebutuhan Catatan Sipil, forum mengiginkan agar terjadi integrasi antara Database Kependudukan dan database Catatan Sipil. Secara garis besar Sistem Informasi Catatan sipil secara umum dapat digambarkan sebagaimana gambar dibawah ini: SISTEM INFORMASI CATATAN SIPIL

82 D. Proses pembuatan Akta 1. Akta Kelahiran Gambar 1 – Sistem penerbitan Akte Kelahiran SISTEM INFORMASI CATATAN SIPIL

83 Pelapor adalah Kepala Keluarga, sesuai yang telah diputuskan oleh forum Mengisi formullir Data Kelahiran Petugas memasukkan data kedalam komputer. Dari hasil pembicaraan dikehendaki suatu form input yang dapat memenuhi semua item yang ada pada Akte dan kutipannya.. Berikut ini adalah protype (merupakan suatu usulan) form input: SISTEM INFORMASI CATATAN SIPIL

84 Dengan memasukkan Nomor KK, Aplikasi harus bias otomatis query ke database Kartu Keluarga, bilamana query berhasi maka maka Nama Ibu / Bapak akan tertampil secara otomatis bilamana query tidak berhasil maka KK harus Nama Ibu dan Bapak harus diisi secara Manual Cetak Akte Kelahiran dan Kutipan Akte Kelahiran, pencetakan sebaiknya dilakukan pada form yang blank (form serba guna), selain tidak menyalahi peraturan yang ada juga akan memudahkan developer maupun operator. Dibawah ini adalah prototype pencetakan Kutipan Akta Kelahiran SISTEM INFORMASI CATATAN SIPIL


Download ppt "1 Rekomendasi Alternatif Solusi Pengembangan Sistem Informasi SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) Program Pascasarjana S2-Magister Manajemen Universitas Putra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google