Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Berorientasi Obyek1 Abstract Data Type Example (Stack or Queue Problem) –Memerlukan data (array atau pointer) dan fungsi-fungsi untuk mengoperasikannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Berorientasi Obyek1 Abstract Data Type Example (Stack or Queue Problem) –Memerlukan data (array atau pointer) dan fungsi-fungsi untuk mengoperasikannya."— Transcript presentasi:

1

2 Pemrograman Berorientasi Obyek1 Abstract Data Type Example (Stack or Queue Problem) –Memerlukan data (array atau pointer) dan fungsi-fungsi untuk mengoperasikannya seperti enqueue and dequeue. –data dan fungsinya saling ketergantungan menjadi suatu entity yang tak terpisahkan. –Entity ini sering disebut sebagai ADT ADT = Abstract Data Structure + Operations (Interface) Dalam perkembangannya dibuatlah sesuatu yang dinamakan class (sejak dibuat C++) Sebuah entity dg properties-nya disebut sebagai abstract data type (ADT).

3 Pemrograman Berorientasi Obyek2 Contoh ADT (segitiga) #include struct segitiga{ int alas, tinggi; }; double luassegitiga(segitiga pS){ return pS.alas * pS.tinggi * 0.5; };

4 Pemrograman Berorientasi Obyek3 Encapsulation Dari kata “kapsul”. Sifat kapsul: isinya bermacam-macam jenis obat –Biasanya untuk resep racikan Sifat kapsul: Information hiding –Cukup tahu kegunaan, isi tidak perlu tahu secara detail

5 Pemrograman Berorientasi Obyek4 Encapsulation Data dan Fungsi dapat digabung dalam suatu class/object Information Hiding –Cukup mengetahui header yang bersifat public dan protected. Tidak perlu mendetail melihat keseluruhan code untuk menggunakannya.

6 Pemrograman Berorientasi Obyek5 Class versus Object Class –Global, Virtual, Can’t be accessed or manipulated –Template to create object Object –Specific/Unique, Real, Can’t be accessed or manipulated

7 Pemrograman Berorientasi Obyek6 Class Member Data –Variable (common and user-defined) –Constant –Array –Pointer –Static Data –Other Class (Nested Class) Function

8 Pemrograman Berorientasi Obyek7 Function Example (use struct) #include struct segitiga{ int alas, tinggi; }; double luassegitiga(segitiga pS){ return pS.alas * pS.tinggi * 0.5; }; Void main(){ segitiga MyTriangle; MyTriangle.alas=10; MyTriangle.tinggi=5; cout<

9 Pemrograman Berorientasi Obyek8 Function Example (use class) #include class segitiga{ public: int alas, tinggi; double luas(){ return this->alas * this->tinggi; }; Void main(){ segitiga MyTriangle; MyTriangle.alas=10; MyTriangle.tinggi=5; cout<

10 Pemrograman Berorientasi Obyek9 Function Prototype (outside class) #include struct segitiga{ int alas, tinggi; }; double luassegitiga(segitiga); Void main(){ segitiga MyTriangle; MyTriangle.alas=10; MyTriangle.tinggi=5; cout<

11 Pemrograman Berorientasi Obyek10 Function Prototype (inside class) #include class segitiga{ public: int alas, tinggi; double luas(); }; Void main(){ segitiga MyTriangle; MyTriangle.alas=10; MyTriangle.tinggi=5; cout<alas * this->tinggi; };

12 Pemrograman Berorientasi Obyek11 Class Example (case: simple RPG character class) class karakter{ char* name; int level; int life, maxlife; int mp, maxmp; int damage, armor; void attack(); void hit(int lifepoint); void cure(int lifepoint); void levelup(); void usemagic(); void restoremp(int mppoint); };


Download ppt "Pemrograman Berorientasi Obyek1 Abstract Data Type Example (Stack or Queue Problem) –Memerlukan data (array atau pointer) dan fungsi-fungsi untuk mengoperasikannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google