Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem partai dan sistem pemilihan Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012) SEPTIA BERLIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem partai dan sistem pemilihan Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012) SEPTIA BERLIAN."— Transcript presentasi:

1 Sistem partai dan sistem pemilihan Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012) SEPTIA BERLIAN

2 Amerika menerapkan sistem dwi partai di negaranya Periode antara 1860 dan 1864 menandai awal dari sebuah sistem dua partai di Amerika. Partai demokrat dan partai republik merupakan duo big partai yang mendominasi di Amerika hampir di setiap pemilu. Meskipun begitu, ada banyak partai-partai kecil yang bernaung dibawah duo big partai tersebut. Seperti misalnya: Green party, reform party.

3 Disetiap pemilu di Amerika, pasti ada third party yang mencalonkan diri, akan tetapi kemungkinan untuk menang sangat kecil sekali. Partai di Amerika bukan Swasta/Negara, dan bersifat longgar dan tanpa keanggotaan resmi. Lebih tepat dinamakan sebagai mesin pemilihan. Partai Demokrat berpusat di New York, sedangkan partai Republik di Los Angels.

4 Di Amerika memakai sistem single member district dan winner takes all. Dalam pemilihan presiden melalui dua tahap yaitu tahap electoral vote dan population vote Population vote adalah pemilihan presiden yang diadakan dikalangan masyarakat melihat dari tingkat kepopuleran calon presiden. Electoral vote adalah pemilihan presiden yang dilaksanakan dikalangan anggota house.

5 Uniknya: meskipun capres memenangkan suara di population vote tapi kalah suara di electoral vote, maka dia tidak akan menjadi presiden. Seperti pada kasus pemilihan Bush dan Gore. Bush memperoleh: (PV) Gore memperoleh: (PV) Bush menjadi pemenang karena electoral votesnya lebih banyak dari Gore.

6 Calon presiden di AS dipilih lewat primary election. Primary election adalah Pemilihan yang berfungsi untuk mengurangi dominasi bos-bos partai yang sebelumnya menguasai seluruh proses pemilihan ditemukan tahun 1912 Melibatkan pemilih, media massa, dan kelompok kepentingan. Dilaksanakan oleh negara bagian sehingga praktis mengurangi peran partai politik.


Download ppt "Sistem partai dan sistem pemilihan Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012) SEPTIA BERLIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google