Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menurut The Liang Gie (1998) “Suatu ruangan kantor apabila menggunakan tata warna yang tepat pada dinding dan alat-alat kantor lainnya akan memelihara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menurut The Liang Gie (1998) “Suatu ruangan kantor apabila menggunakan tata warna yang tepat pada dinding dan alat-alat kantor lainnya akan memelihara."— Transcript presentasi:

1

2

3 Menurut The Liang Gie (1998) “Suatu ruangan kantor apabila menggunakan tata warna yang tepat pada dinding dan alat-alat kantor lainnya akan memelihara kegembiraan dan ketenangan pegawai”.

4 Menurut Moekijat (1998:161) Memungkinkan kantor tampak menyenangkan dan menarik pemandangan. Mempunyai akibat yang tidak langsung terhadap produktivitas pegawai.

5 Image perusahaan Mempengaruhi semangat Mengurangi stres pekerja kantor Peluang lebih besar dalam perolehan relasi Mengalihkan rasa bosan pada pola kerja.

6 Warna  Kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Biru  Semangat perpaduan dan jati diri yang jitu. Respon Psikologi : Kepercayaan, Keamanan, Teknologi, Kebersihan, Keteraturan, memberikan kesan “Kepercayaan”.

7 › Ketenangan › Bekerjasama › Kejujuran › Kesetiaan › Harapan › Harmoni › Cinta › Spiritualisme › Perlindungan › Cerdas › Bijaksana › Cepat puas › Keterbukaan › Kecerdasan › Keyakinan › Memperluas imajinasi › Memperlancar komunikasi › Konsentrasi › Dapat menerima segala masukan › Menimbulkan suasana dingin dan tenang › Digunakan pada lingkungan kantor yang membutuhkan konsentrasi.

8  Melambangkan elastisitas keinginan. Cenderung pasif, bertahan, mandiri, posesif, dan susah menerima pemikiran orang lain.  Pengaruh warna ini antara lain teguh dan kokoh, mempertahankan miliknya, keras kepala dan berpendirian tetap.

9 Contoh : Karpet biru, plafon putih pasir, lapisi dinding ruang kantor Anda dengan wallpaper nuansa biru muda plus putih pasir atau wallpaper nuansa hijau pastel lalu pilih furniture dengan warna-warna ivory atau gunakan beige(oranye pastel) agar terlihat cerah dan energik.

10  Dapat membuat mood lebih positif,  meningkatkan performa kerja  mengurangi emosi  menghilangkan kepenatan dan ketegangan pada mata serta lebih mudah berkonsentrasi  pencahayaan dengan lampu bewarna biru muda akan membantu para pegawai di kantor lebih terjaga dan tidak mengantuk disaat bekerja.

11 No WarnaPresentase pemantulan 1.Warna putih88% 2.Warna yang sangat muda Hijau kebiru-biruan …………… Biru……………………………….. 76% 65% 3.Warna sedang (medium) Hijau kebiru-biruan ……………54% 4.Warna tua (gelap) Biru …………………… % 5.Perabotan kayu Kayu maple (sejenis pohon di belahan bumi bagian utara) …… Kayu semacam pohon kenari …. Kayu mahoni ……………………… 42% 16% 12%

12 Hendaknya dipakai kombinasi warna yang tepat, misalnya : Dinding yang berwarna putih dipadukan dengan warna langit-langit (plafon) yang sedikit lembut (warna biru atau abu-abu).

13 NoWarnaDaya pemantulan yang sesuai 1.Langit-langit kamar80-92% 2.Bagian atas dinding (jika dinding direncanakan mempunyai dua warna) 80-92% 3.Dinding40-60% 4.Jendela40-60% 5Permukaan meja, mesin dan perabotan kantor 26-44% 6.Lantai21-39%

14 › Mempengaruhi tingkat denyut nadi › Membuat relaks › Mendinginkan suasana › Menurunkan tekanan darah › Memperlambat denyut jantung › Menurunkan tekanan darah › Menghapus stress › Membuat dapat bernafas lebih dalam, karena berhubungan dengan cakra tenggorokan › Mengatasi insomnia, gastritis, artritis, nyeri pinggang bawah, sakit tenggorokan, asma dan migren.

15  Cepat bosan  Menimbulkan perasaan terperangkap  Membuat orang merasa malas  Cenderung menimbulkan rasa kantuk.


Download ppt "Menurut The Liang Gie (1998) “Suatu ruangan kantor apabila menggunakan tata warna yang tepat pada dinding dan alat-alat kantor lainnya akan memelihara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google