Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajarn Materi Pembelajarn Latihan Soal Outline.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajarn Materi Pembelajarn Latihan Soal Outline."— Transcript presentasi:

1

2

3 Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajarn Materi Pembelajarn Latihan Soal Outline

4 Standar Kompetensi Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

5 Kompetensi Dasar Menentukan sifat-sifat persamaan garis lurus

6 Indikator Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk variabel. Menggambar grafik dalam koorditat kartesius Mengenal pengertian persamaan garis lurus

7 Tujuan Pembelajaran Siswa dapat dengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk variabel. Siswa dapat menggambar grafik dalam koorditat kartesius Siswa dapat mengenal pengertian persamaan garis lurus

8 Materi Pembelajaran

9 Sistem Koordinat Kartesius Bidang koordinat Cartesius memiliki sumbu mendatar (sumbu-x) dan sumbu tegak (sumbu-y). Titik potong kedua sumbu tersebut disebut titik asal atau titik pusat koordinat. Gambar di bawah ini titik pusat koordinat Cartesius ditunjukkan oleh titik O (0, 0).

10 Gambar Sistem Koordinat Kartesius NEXT

11 Contoh Soal Diketahui titik-titik pada bidang koordinat Cartesius sebagai berikut: a. (10, –5) c. (–7, –3) e. (–4, 9) b. (2, 8) d. (6, 1) Tentukan absis dan ordinat dari masing- masing titik tersebut!

12 Pembahasan Dari permasalahan di atas sehingga diperoleh : a. Dari titik (10, –5) diperoleh absis: 10, ordinat: –5 b. Dari titik (2, 8) diperoleh absis: 2, ordinat: 8 c. Dari titik (–7, –3) diperoleh absis:–7, ordinat: –3 d. Dari titik (6, 1) diperoleh absis: 6, ordinat: 1 e. Dari titik (–4, 9) diperoleh absis:–4, ordinat: 9

13 Pengertian Persamaan Garis Persamaan garis lurus adalah suatu persamaan yang jika digambarkan ke dalam bidang koordinat Cartesius akan membentuk sebuah garis lurus. Bentuk umum persamaan garis adalah :

14 Contoh Soal Nyatakan persamaan garis berikut ke dalam bentuk y= mx + c! a. 3x + 4y = 12 b. 4x -2y – 6 = 0

15 Pembahasan

16 Menggambar garis lurus pada bidang kartesius Setiap titik pada bidang koordinat Cartesius dinyatakan dengan pasangan berurutan x dan y.Jadi, titik pada bidang koordinat Cartesius dapat dituliskan (x, y). Pada Gambar 3.2, terlihat ada 6 buah titik koordinat pada bidang koordinat Cartesius. Dengan menggunakan aturan penulisan titik koordinat, keenam titik tersebut dapat dituliskan dalam bentuk sebagai berikut:

17 Gambar Keterangan: Jika titik B, F, A E jika di hubungkan ma akan membentuk sebuah garis lurus Jadi menggambar sebuah garis dapat di peroleh dengan menghubungkan dua buah titik saja

18 Contoh soal Gambarlah titik-titik berikut pada bidang koordinat Cartesius. a. P (–4,–2) c. R (0, –3) e. T (3, 3) b. Q (–2, 0) d. S (1, –2)

19 Pembahasan

20 Menentukan persamaan garis yang di gambar pada bidang kartesius Persamaan garis lurus adalah suatu persamaan yang jika digambarkan ke dalam bidang koordinat Cartesius akan membentuk sebuah garis lurus. Cara menggambar persamaan garis lurus adalah dengan menentukan nilai x atau y secara acak

21 Contoh soal Gambarlah garis dengan persamaan x + y = 4

22 Pembahasan misal ambil y = 4, maka x = 0 dan diperoleh titik (0, 4) dan y = 1, maka x = 3 maka diperoleh titik (3,1). Sehingga diperoleh gambar sbb:

23 Gambar

24 Latihan Soal 1. Tentukan apakah titik berikut membentuk garis lurus atau tidak ? a.A(0,0), B(1, 1), C(2,2) b.D(2, 2), E(1, 1), D(0, 0) c.G(-2,1), H (1,0), I(4, 3) 2. Gambarlah garis dengan persamaan x = 2y? 3. Gambar grafik persamaan garis y = 2x + 2?

25 Pembahasan 1 a. b.

26 Pembahasan 1.

27 Pembahasan 2. Seperti sebelumnya, tentukan dahulu nilai x atau y yang memenuhi persamaan x = 2y. Misalkan : x = 0  0 = 2y,maka y =0 sehingga diperoleh titik koordinat (0, 0), x = 4  4 = 2y maka y = 2, sehingga di peroleh titik koordinat (4,2) Kedua titik tersebut dapat di gambar menjadi sebuah garis lurus sebagai berikut.

28 Pembahasan 3.

29 Refrensi Agus,evianti nunik.2007.Mudah Belajar matematika.jakarta:Pusat Bukuan Departemen Pendidikan Nasional


Download ppt "Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajarn Materi Pembelajarn Latihan Soal Outline."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google