Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Analisa gaya statis 2 dan gesekan Analisa Mesin Press. Gambar dibawah ini memperlihatkan sebuah mesin press dgn satu gaya P yg diketahui bekerja pada penghubung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Analisa gaya statis 2 dan gesekan Analisa Mesin Press. Gambar dibawah ini memperlihatkan sebuah mesin press dgn satu gaya P yg diketahui bekerja pada penghubung."— Transcript presentasi:

1 Analisa gaya statis 2 dan gesekan Analisa Mesin Press. Gambar dibawah ini memperlihatkan sebuah mesin press dgn satu gaya P yg diketahui bekerja pada penghubung 7. penghubung 2 dan 3 adalah roda gigi involut 20 derajat. Tentukan kopel 2 untuk keseimbangan.

2

3

4 Gesekan Gesekan sifatnya aneh : banyak msin-mesin yg tdk dapat bekerja tanpa gesekan, tetapi mesin yg sama pada saat yang sama harus bekerja melawan gesekan. Mis: mobil tak dapat di START bila bukan karena gesekan antara ban dan jalan dan juga tidak dapat di STOP bila bukan karena gesekan. Tetapi: ada gesekan dibantalan, ring, roda gigi dsb. Yang memerlukan bahan bakar extra. Sifat gesekan tak tertentu Untuk pekerjaan permulaan: gesekan dianggap tak tergantung pada kecepatan geseran, luas permukaan dan suhu, tetapi tergantung bahan. Sebenarnya gesekan naik sekali bila p naik karena deformasi dan menurun bila V tinggi dan berkurang bila suhu naik.

5 Gesekan luncur Mekanisme engkol peluncur Diketahui: Ada tiga gaya yang bekerja pada mekanisme yaitu: gaya P,Q dan S. Ditanya : Menentukan gaya-gaya pada pena dan dan kopel T2 yg harus diberikan pada batang2 supaya seimbang, koefiisen gesekan luncur 0,2 dan gesekan pada pena diabaikan. Soal belum lengkap; harus diketahui batang 4 pada saat ini akan bergerak kekiri atau kekanan

6 penyelesaian 1.Ada dua kemungkinan arah gerak batang 4 ini yaitu bergerak kekiri atau kekanan.

7 Prosedur penyelesaiannya adalah dengan memisalkan salah satu kasus, kemudian kerjakan melalui penyelesaiannya, dan periksa hasil akhirnya dengan arah yang dimisalkan. Jika arahnya sesuai, maka jawabannya benar. Tetapi jika jawabnya tidak sesuai, maka harus dicoba kemungkinan arah yang lain.. Dimisalkan arah gerak batang 4 kekanan, F14 harus melalui titik B karena kedua gaya F34 dan P melaui titik B Ada 2 kemungkinan ;

8 1. Analisa batang 3 dan 4 terpisah, uraikan Dgn menerapkan persamaan keseimbangan momen pada batang 3 akan diperoleh, kemudian yang lainnya diselesaikan seperti biasa.

9 2.Batang 3 dan 4 dipandang sebagai satu badan, sehingga ada 3 anu yang tidak diketahui yaitu: besar dan arah F23 dan besar F14

10

11 Contoh Analisa gaya statis

12

13

14

15 Tugas 3


Download ppt "Analisa gaya statis 2 dan gesekan Analisa Mesin Press. Gambar dibawah ini memperlihatkan sebuah mesin press dgn satu gaya P yg diketahui bekerja pada penghubung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google