Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI PENYEDIAAN AIR MINUM. Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI PENYEDIAAN AIR MINUM. Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda,"— Transcript presentasi:

1 MATERI PENYEDIAAN AIR MINUM

2 Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda, ternyata banyak manfaat yang direguk dari air putih, selain nikmatnya kesegaran. Jika suasana hati/pikiran Anda sedang tidak menyenangkan (galau), minumlah air putih agar kembali segar. Pada dasarnya penyebab pikiran menjadi tidak kondusif adalah kurangnya kadar air di otak Anda. Dengan Anda meminum air putih, pikiran Anda akan fresh kembali

3 Air menjadi zat terpenting kedua bagi tubuh kita setelah Oxygen. Didalam tubuh kita sebagai manusia terdiri atas 70 persen zat cairan. Sedangkan rata-rata cairan di tubuh kita tersebut terdiri atas 80% air.

4 Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

5 Jika kekurangan air, yang haus bukan hanya mulut, melainkan otak. Secara umum, jika kita memperhitungkan aktifitas yang wajar, maka tubuh kita membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Jumlah ini akan semakin bertambah seiring dengan tingginya aktifitas yang dilakukan.

6 Otak terdiri dari air 90%, oleh karena itu, otak saja membutuhkan banyak cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Statistik lainnya di berbagai bagian tubuh manusia antara lain: tulang manusia terdiri dari 22%, darah terdiri dari 83% dan terakhir, otot mengandung 75%. Karena itu amat penting asupan cairan yang cukup untuk keberlangsungan hidup manusia.

7 Otak adalah bagian yang membutuhkan kandungan air 75% dan telah menunjukan bahwa orang yang menderita dehidrasi kronis dapat mengalami masalah neurologis. Seluruh sistem saraf adalah serangkaian syaraf yang dilalui air. Kurang minum, air putih dapat mengakibatkan penebalan saluran air, penebalan tersebut ditandai dengan tumbulnya masalah seperti Attention Deficit Disorder, Chronic Fatigue Syndrome, Kecemasan, Depresi dan bahkan ganguan mental degeneratif seperti Alzheimer.

8 Dengan kurangnya meminum air putih, tingkat resiko terserang batu ginjal juga akan semakin tinggi bagi orang dewasa maupun anak- anak. Dengan minum cukup air putih, maka Kristal padat atau yang sering disebut batu ginjal akan mencair di dalam urin kita dan dengan meminum air setiap hari dapat membantu ginjal dalam menghilangkan racun dalam tubuh akibat sisa-sisa pembuangan dalam tubuh.

9 Mengapa kita harus lebih banyak minum air putih? Lebih dari 80% komponen tubuh kita adalah cairan, organ yang yang terutama sangat besar cairannya adalah darah dan otak, yaitu 90% dan 95% komponen utamanya adalah air. Organ manusia yang paling vital adalah otak, sel-sel otak merupakan sel permanen yaitu sel yang tidak mampu memperbaiki dirinya jika sel-sel dalam otak sudah terganggu atau rusak, oleh karena itu sel-sel ini sangat dilindungi.

10 Terdapat selaput pelindung otak yang sebagian besar merupakan cairan atau membran, disinilah peran cairan dalam melindungi organ vital tersebut. Sedangkan darah terdiri dari 95% air, yang berperan dalam proses sirkulasi darah dalam tubuh, baik mengangkut bahan metabolisme keseluruh organ tubuh kita maupun mengangkut hasil metabolit untuk dikeluarkan melalui ginjal. Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi, darah akan mengental dan proses sirkulasi metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Darah yang telah mengental, saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring darah, dan karena saringan dalam ginjal itu halus, tak jarang darah yang mengental menyobek glomerolus dalam ginjal, dan akibatnya air seni anda akan berwarna kemerahan, itu tanda mulai bocornya saringan ginjal (melemahnya fungsi ginjal).

11 Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanan (sirkulasi) akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan kinerja otak tidak lagi "encer". Dan karena sel otak adalah sel yang paling banyak mengkonsumsi makanan dan oksigen, maka lambatnya aliran darah ini akan menyebabkan sel otak mati dan tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya. Apabila ini ditambah dengan gangguan jantung (jantung bekerja ekstra keras karena memompa darah yang mengental), maka serangan stroke bisa lekas datang. Air putih juga membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit batu ginjal dan hati.

12 Apa Yang Terjadi Bila DEHIDRASI. Ketika kita dehidrasi, kulit akan berkerut lebih dalam dan Nampak garis-garis halus. Dengan meminum air putih maka sel-sel kulit akan dihidrasi dan mengangkat kembali sel-sel tersebut. Hal ini membuat kulit wajah kita tampak lebih muda. Juga bisa membuat wajah kita Nampak bercahaya, jernih, bersih karena air membantu mengeluarkan kotoran dan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah kita. Jika kita mengalami dehidrasi maka kita akan merasa lelah. Oleh karena itu minumlah air putih jika sudah merasa kelelahan. Karena dengan minum air putih akan mempermudah darah mentranspostasi oksigen dan nutrisi-nutrisi penting lainnya ke sel. Dan juga dapat membantu pekerjaan jantung memompa darah keseluruh tubuh kita agar tidak bekerja dengan keras.

13 Air yang terbuang melalui keringat dan saluran pernafasan dalam sehari maksimum 1liter, tergantung dari suhu dan udara disekitar kita. Belum lagi kalau seseorang tesebut sedang terserang demam, kandungan air yang dikeluarkan dalam setiap nafasnya meningkat, sedangkan jumlah air yang dihirup melalui pernafasannya berkurang drastis karena akibat kelembapan suhu udara disekitar tubuhnya. Air juga Mengganti cairan isotonik dalam tubuh pada saat bangun tidur, karena pada saat tidur tubuh kita akan kekurangan cairan oleh karena itu manfaat air putih ketika diminum setelah bangun tidur adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang itu.

14 Air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari. Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya. Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut.

15 Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran: untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 % Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu. Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat.

16 Jika kuliah atau bekarja di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu. Dalam batas normal, atau aktivitas sedang, kebutuhan kita akan cairan sebesar ml/ hari. Trik menghitungnya: rata-rata satu gelas volumenya 250 ml. Itu berarti setiap hari Anda membutuhkan sekitar 8 gelas air.

17 air yang baik adalah air yang tidak berbau serta tidak mengandung polutan seperti logam berat dan zat kimia seperti kaporit atau tawas. Kriteria tersebut terdapat pada air minum dalam kemasan, tapi harus berhati-hati juga, karena tidak semua air minum dalam kemasan steril dari berbagai bakteri dan virus. Manfaat minum air putih bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Di bawah ini akan saya bahas tentang Manfaat air putih untuk kesehatan : Memperlancar sistem pencernaan, Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.

18 Untuk mengontrol kalori. Dalam beberapa tahun terakhir peserta diet menenggak banyak air minum nonkalori sebagai cara menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak air cenderung untuk kerap dikunyah dan diserap tubuh perlahan. Ini menumbuhkan rasa kenyang. Makanan itu di antaranya adalah buah-buahan, sayuran, sup, gandum, dan kacang-kacangan. Merawat kecantikan dan Membuat kulit bercahaya serta Menyegarkan kulit. Seperti yang sudah dikemukakan, tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan. Karena itu, jika tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis, tubuh akan menyerap kadar air yang ada pada kulit dimana komposisi dari kulit itu terdiri dari 70% kandungan air. Jika dibiarkan dan apabila anda tidak cukup banyak mengkonsumsi air, anda dapat terkena masalah kulit seperti, berjerawat, kulit kering hingga keriput. Kulit sendiri pun dapat menyebabkan masalah tambahan seperti eksim, scaling retak, dan infeksi. Kurang cairan menyebabkan sel-sel kulit mengerut.

19 Menyembuhkan berbagai penyakit ringan dan berat Salah satu upaya mengeluarkan penyakit dan kotoran dari dalam tubuh adalah melalui keringat dan air seni. Karena itu, minum air putih yang banyak akan membantu mempercepat proses ini. Bahkan, ada beberapa terapi kesehatan, seperti penyembuhan asam urat, mensyaratkan minum air putih dalam porsi besar. Dari sana, penyakit akan ikut terbuang dengan kotoran di keringat dan air seni sehingga tubuh akan kembali fit. Membantu Menjaga Berat Badan Minum segelas air putih juga mengurangi hasrat makan cemilan berlebihan. Minum air putih mempercepat metabolisme dan mencegah pembentukan lemak dalam tubuh. Air putih yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu memperlancar pencernaan. Dengan sistem ini, maka kita akan lebih mudah menjaga berat badan. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine.

20 Tubuh Lebih Bugar Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia. air akan membuat kebugaran tubuh kita menjadi lebih baik sebab stamina akan kembali pulih. Air putih juga bisa membuat tubuh menjadi bugar sehingga bisa menjaga suasana hati menjadi lebih baik sepanjang hari. Dapat mengurangi tingkat stress. Jika kita mengalami dehidrasi maka kita akan merasa stres karena mengingat bahwa jaringan otak kita terdiri dari 85% air. Jadi jangan sampai tubuh kita kekurangan air agar kita bisa bekerja keras dengan semangat.

21 Penyeimbang tubuh Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh. Membantu Mencegah stroke Dengan minum air putih, cairan yang masuk dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Selain itu, oksigen yang masuk dalam tubuh lebih tertata dengan baik karena dibantu oleh cairan yang masuk. Dengan cara ini, maka tubuh akan mampu menjaga kestabilan sirkulasi darah sehingga dapat membantu mencegah stroke.

22 Memelihara fungsi ginjal. Cairan tubuh merupakan media yang berguna untuk mentransportasi sisa atau limbah untuk keluar dan masuk kedalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan diekresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau dan sebaliknya jika kekurangan air maka konsentrasi urin, warna dan bau akan kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila minum sedikit air maka orang akan beresiko mengalami batu ginjal. Ginjal akan berfungsi normal jika keseimbangan air dalam tubuh terjaga. Sampah utama dalam tubuh adalah nitrogen urea, yang larut dalam air, kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Ginjal bekerja amat baik jika didukung cairan tubuh seimbang. Tubuh yang cukup air menghasilkan urin berwarna terang, tidak bau, dan mengalir lancar.

23 Mengurangi resiko terkena nyeri pada sendi Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi terkena nyeri pada sendi. Dalam kebutuhan tubuh yang mencangkup kebutuhan air ternyata air putih dibutuhkan oleh tulang rawan berikut sendi yang normalnya membutuhkan air. Jika tulang tersebut kekurangan air maka akan menipis dan tidak dapat melindungi sendi- sendi dengan baik. Hal tersebut yang mengakibatkan sendi dan tulang terasa ngilu/ nyeri. Efek relaksasi Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion- ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

24 Mempertahankan fungsi usus. Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan maka usus akan menyerap cairan dari feses untuk tetap menjaga hidrasi sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan buang air besar. Manfaat terapi air putih akan sangat terasa jika anda menjalankannya terutama bagi anda yang sedang bermasalah dengan masalah pencernaan. Mencegah timbulnya penyakit batuk dan flu : air juga bermanfaat dalam mencegah penyakit tertentu diantaranya batuk dan flu. Segeralah minum air putih terutama secara rutin di pagi hari ketika kita mulai merasakan sakit tenggorokan, Dengan tambahan berdoa dan berfikiran positif Insya Allah flu dan batuk tidak jadi menyerang tubuh kita. Mencegah infeksi saluran kemih Infeksi saluran kemih terjadi pada saluran keluar kandung kencing (uretra), disebut sebagai uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih dan ginjal. Di kalangan awam, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan penyakit anyang-ayangan. Penderita tidak dapat berkemih (buang air kecil) walaupun merasa ingin. Infeksi penyakit biasanya akibat bakteri maupun virus.

25 Mencegah infeksi saluran kemih Infeksi saluran kemih terjadi pada saluran keluar kandung kencing (uretra), disebut sebagai uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih dan ginjal. Di kalangan awam, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan penyakit anyang-ayangan. Penderita tidak dapat berkemih (buang air kecil) walaupun merasa ingin. Infeksi penyakit biasanya akibat bakteri maupun virus.

26 menurunkan suhu tubuh anak saat demam. “Jika suhu anak meningkat hingga 37 °C, bisa langsung diberikan air putih. Karena demam bisa disebabkan dari kurangnya konsumsi air atau dehidrasi,” ujar dr. Attila, Spa, Duta ASI Indonesia dari Brawijaya Woman and Children Hospital saat mengisi acara talkshow “Asupan yang Sehat dan Lezat untuk Tumbuh Kembang Anakku.” Karena pengaturan keseimbangan cairan tubuh yang belum sempurna, anak- anak membutuhkan cairan yang lebih banyak. Kesadaran anak-anak akan kebutuhan cairan masih sangat rendah, untuk itu para orang tua wajib untuk memberikan cairan yang cukup pada anak Anda. Tanda dehidrasi pada anak bisa dikenali dari mata yang sedikit cekung, tidak keluar air mata saat menangis dan terlihat lemas. Jika anak masih diberikan ASI atau masih meminum susu formula, air putih harus lebih sering diberikan.

27

28 PENYEDIAAN AIR MINUM AIR SANGAT MUTLAK BAGI KEHIDUPAN Tanpa Air Tidak Ada Kehidupan

29 Manfaat Air Bagi Tumbuh – Tumbuhan :  Untuk mempertahankan turgor (ketegakan tmbhan)  Untuk tranportasi bahan makanan dari akar ke seluruh bagian dari pohon.  Untuk proses photosistesis. Manfaat Air Bagi Hewan :  60 % tubuh hewan terdiri dari air  Pengangkutan zat makanan & O2 ke dlm tbh hewan  Mengeluarkan sisa metabolisme  Untuk pembentukan darah. MANFAAT AIR UNTUK KEHIDUPAN

30 Manfaat Air Bagi Manusia :  Untuk keperluan di luar tubuh 1)Minum, Masak, mandi, mencuci. 2)Keperluan lain (menyiram tanaman, olahraga, tranportasi, pemadam kebakaran, olahraga, pencucian mobil, dll)  Untuk keperluan di dalam tubuh 1)60 – 65 % tubuh kita terdiri dari air 2)Tranportasi makanan dan O 2 3)Proses metabolime dalam tubuh 4)Mengatur suhu tubuh 5)Untuk mengeluarkan sisa metabolisme 6)Untuk pembentukan darah Lanjutan………

31 Manfaat Air Bagi Lingkungan :  Untuk keperluan di luar tubuh 1)Untuk menjaga kelembaban 2)Untuk mengatur suhu 3)Untuk cadangan air 4)Untuk penyangga tanah / bumi  FUNGSI AIR BENAR-BENAR SANGAT FITAL BAGI MANUSIA

32 JENIS AIR  Air Asin, Kdr GrmX = > ppm Jlhx = 97 %  Air Tawar, Kdr GrmX = 350 ppm Jlhx = < 3 %  Air Payau, Kdr GrmX = ppm Jlhx = 0,01%  Sumber Air Tawar terdiri dari :  Air Hujan  Air Permukaan (75 %)  Air Tanah (23,7 %)  Air Bawah Tanah

33 AIR HUJAN  Jlhx byk tetapi sifatnya Temporer  Tidak mengandung mineral (self water)  Ada 3 jenis hujan yaitu : Hujan rintik-rintik, hujan sedang & hujan lebat.  Sifatnya labil. AIR PERMUKAAN  75 % air permukaan berupa air beku atau es abadi  1 % air permukaan berbentuk cair  Sdh mengalami kontaminasi oleh mineral & bakteri  Sifatnya labil Lanjutan………

34 AIR TANAH  Sifatnya sangat stabil (23,9 %)  Terperangkap di bawah lapisan kedap air  Mengalami kontaminasi oleh mineral  Berfungsi sebagai penyangga bumi. AIR BAWAH TANAH  Sifatnya sangat stabil (< 1%)  Terperangkap di bawah lapisan kedap air  Mengalami kontaminasi oleh mineral  Berfungsi sebagai penyangga bumi.  Air bawah tanah tidak pernah tergantikan

35 SIKLUS AIR Siklus a/ : Suatu mata rantai yang tidak pernah putus dan berjalan secara terus menerus. Siklus air dibedakan menjadi 2 yaitu :  Siklus Umum (Hydrologic cycle)  Siklus Air Tawar

36 Gambar Siklus Air Umum

37 Gambar Siklus Air Tawar BADAN AIR Pengolahan Keperluan Primer & Sekunder Limbah Air PENAMPUNGAN Keperluan Tersier Limbah Air

38 KONTAMINASI  Kontaminasi adalah masuknya atau dimasukan- nya bahan kontaminan ke dalam air.  Polusi adalah masuknya atau dimasukannya bahan kontaminan ke dalam air dan telah melebihi NAB yang ditetapkan.  Kontaminasi dengan kadar > NAB dapat dikatax POLUSI

39 Bahan Kontaminan terdiri dari :  Gas (CO 2, O 2, SO 2, No 2 )  Mineral ( Na, Ka, K, Fe, Fluor, Zn, As)  Mikroorganisme (Virus, bakteri, jamur, jarasit)  Bahan radioaktif (Ra, Co, Ur) Dampak Kontaminasi :  Merugikan apabila melebihi NAB  Menguntungkan apabila < NAB Lanjutan………

40 AIR DAN PENYAKIT  Proses penularan penyakit air dpt berfungsi sebagai :  Bahan Pelarut terutama utk gas & mineral  Tempat berbiak terutama bagi vektor penyakit  Sarana penularan (sbg alat transprt mikroorganisme ke orang / manusia).

41  Kegunaan dan Kelebihan mineral (sebagai pelarut dalam tubuh) yang meliputi :  Fe (Besi)  F (Fluor)  Zn (Zinc)  Ca (Calsium)  Ka (Kalium)  Na (Natrium)  As (Arsen)  Pb (timbal)  Hg (Air Raksa ) Lanjutan………

42  Fe (Besi)  Manfaat dalam tubuh : U ntuk pembentukan sel-sel darah merah Dibutuhkan oleh wanita subur & wanita hamil Anak-anak dalam proses pertumbuhan Penderita kecacingan dlm proses penyembuhan  Kelebihan dalam tubuh : Akan ditimbun dalam hati dan akan merusak sel-sel hati yg dpt menyebabkan Seirosis hati yang kemudian menjadi kanker hati. Konsumsi Fe yang berkelebihan akan tersimpan di kulit menjadi hitam kehijauan. Lanjutan………

43  Fluor (F)  Manfaat dalam tubuh : Memperkuat gigi Memperkuat Tulang  Kelebihan dalam tubuh : Gigi berwarna hitam Sangat rapuh Menyerang gigi permanen Lanjutan………

44  Zinc (Zn)  Manfaat dalam tubuh : Menumbuhkan hormon pertumbuhan  Kelebihan dalam tubuh : Terjadi penimbunan pada organ tubuh bagian dalam Gejala yang timbul sesuai dengan organ yang terkena zinc. Lanjutan………

45  Arsen (Ar)  Manfaat dalam tubuh : Merangsang nafsu makan  Kelebihan dalam tubuh : Merangsang peristaltik usus untuk meningkat sehingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Lanjutan………

46  Calsium (Ca)  Manfaat dalam tubuh : Proses pembentukan tulang dan gigi terutama pada anak-anak dalam masa pertumbuhan.  Natrium (Na)  Manfaat dalam tubuh : Mengatur tekanan darah Lanjutan………

47  Kelebihan Pb (Timbal)  Mula-mula mengikat eritrosit  Masuk ke sel-sel saraf yg dpt menyebabkan kerusakan sel saraf sebagian bisa total.  Tertimbul dalam ginjal sehingga fungsi ginjal tdk dpt bekerja dgn baik dan darah dikembalikan lagi yang dpt mengakibatkan kerusakan sel-sel ginjal sehingga dimungkinkan terjadinya fungsi gagal ginjal.  Kelebihan Hg (Air Raksa)  Tertimbun pada syaraf tepi yg dpt mengakibatkan tremor  Gerakan beberapa organ tak terkendali  Tertimbul dalam ginjal Lanjutan………

48


Download ppt "MATERI PENYEDIAAN AIR MINUM. Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google