Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Q URBAN K U QurbaNation 2010 – 1431 H. DESKRIPSI  QURBANKU: Sinergi dan selaras dengan visi kelembagaan ACT sebagai “pelopor dalam menumbuhkan jiwa-jiwa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Q URBAN K U QurbaNation 2010 – 1431 H. DESKRIPSI  QURBANKU: Sinergi dan selaras dengan visi kelembagaan ACT sebagai “pelopor dalam menumbuhkan jiwa-jiwa."— Transcript presentasi:

1 Q URBAN K U QurbaNation 2010 – 1431 H

2 DESKRIPSI  QURBANKU: Sinergi dan selaras dengan visi kelembagaan ACT sebagai “pelopor dalam menumbuhkan jiwa-jiwa peduli berbasis kerelawanan menuju kemandirian masyarakat”, dimana setiap program harus mampu dalam upaya turut memandirikan masyarakat. Selama ini Program Qurban identik dengan program karitatif daging qurban di sekitar lingkungan kita, maka QURBANKU menjadi sebuah program strategis dengan kombinasi pemberdayaan ekonomi dan upaya memenuhi kebutuhan masyarakat akan asupan nutrisi lebih, terutama di daerah rawan pangan, korban bencana dan keluarga anak-anak bergizi buruk.  QURBANATION: Memiliki makna Indonesia sebagai Negeri Para Pequrban, Negeri Tergugahnya Jiwa-Jiwa Peduli.

3 LATAR BELAKANG  Adanya syariah Qurban dalam Islam merupakan salah satu bentuk dan wujud kesempurnaan Islam sebagai rahmatan lil’alamin, membawa rahmat univeral untuk semua manusia.  Melaksanakan Qurban adalah ibadah sekaligus syi’ar da’wah Islamiyah  Qurban sebagai instrumen dakwah inilah yang menjadi salah satu kepentingan kita mengelola Qurban lebih profesional  Qurban merupakan wujud rasa syukur seorang Muslim kepada Allah SWT sekaligus sebagai bentuk kepedulian kepada sesama  Qurban sejatinya adalah kesediaan setiap Muslim untuk peduli terhadap kepentingan orang lain  Karena ibadah Qurban merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial masyarakat muslim kepada sesamanya  Urgensi Qurban yang paling utama haruslah menjadi sarana untuk melatih kedermawanan (filantrofi), sehingga bisa berperan sebagai solusi untuk mengatasi kemiskinan, bisa berperan untuk membangun kesejahteraan  Ternak sebagai asset ekonomi merupakan salah satu sasaran, tujuan, dan target dari ibadah Qurban.  Fungsi ekonomi Qurban adalah memperkuat asset ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat.

4 LATAR BELAKANG  Sementara itu jumlah penduduk miskin (penduduk yang berada di bawah Garis Kemiskinan) di Jawa Barat pada bulan Maret 2010 sebesar orang (11,27 persen). (BPS Propinsi Jabar, No. 26/07/32/Th. XII, 1 Juli 2010)  Ada jutaan orang saat ini menjadi pengungsi. Puing-puing rumah yang hancur pasca bencana-alam dan pasca-konflik telah menjadi pemandangan sehari-hari sampai saat ini, mereka masih dalam kondisi yang memprihatinkan.  Catatan dari Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (DVMBG) Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral menunjukan bahwa berbagai daerah di Indonesia merupakan titik rawan bencana, terutama bencana gempa bumi, tsunami, banjir, dan letusan gunung berapi, ada 28 wilayah di Indonesia yang dinyatakan rawan gempa dan tsunami

5 LATAR BELAKANG  Aksi Cepat Tanggap (ACT), sebagai lembaga kemanusiaan dengan keprihatinan yang mendalam, dalam penanganan korban bencana mulai dari darurat, pemulihan dan rekonstruksi melihat pentingnya kesinambungan untuk meringankan beban saudara- saudara kita di daerah bencana. Salah satu upaya adalah pelaksanaan program yang QURBANKU 1431 H, QurbaNation.  Program ini didedikasikan bagi saudara-saudara kita yang berada di daerah bencana alam, konflik sosial, dan daerah miskin sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT atas nikmat yang telah dilimpahkan-Nya. Firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat al-Hajj ayat 34: “Dan bagi setiap umat telah Kami syari’atkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak ”. Firman Allah dalam Al Qur’an surat al-Kautsar ayat 2: “Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai sebuah bentuk ibadah dan upaya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala).”

6 TUJUAN  Memulihkan mental psikologis korban bencana  Membantu meringankan beban penderitaan korban bencana dan keluarga miskin/dhuafa serta masyarakat di daerah-daerah rawan pangan  Menggalang kepedulian donatur pekurban terhadap nasib sesama umat, khususnya masyarakat yang menjadi korban bencana dan masyarakat miskin/dhuafa di wilayah rawan pangan  Membantu mengangkat iklim beternak dan pemberdayaan masyarakat peternak lokal.  Menjadi salah satu solusi pengentasan kemiskinan masyarakat dan mengatasi kesenjangan sosial yang terjadi  Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi keluarga gizi buruk dan rawan pangan

7 JADWAL PELAKSANAAN  Tanggal 17 s.d. 20 Nopember 2010  Hari Raya Idul Adha & Hari Raya Tasyrik

8 TARGET JUMLAH HEWAN QURBAN: ekor Kambing 500 ekor Sapi

9 NoHewanUkuran (kg)Harga (Rp) KAMBING 1Tipe A ,500,000 2Tipe B25 – 291,225,000 3Tipe C20 – 24999,000 SAPI 1Tipe A± 30010,000,000 2Tipe B± 2508,500,000 3Tipe C± 2007,399,000 TIPE, UKURAN DAN HARGA HEWAN QURBAN:

10 PENERIMA MANFAAT:  10,000 ekor Kambing 150,000 KK; 750,000 Jiwa  500 ekor Sapi 50,000 KK; 250,000 Jiwa TOTAL :  200,000 KK (Dua Ratus Ribu Kepala Keluarga)  1,000,000 Jiwa (Satu Juta Jiwa)

11 NoPropinsiKabupaten/Kota 1BantenKabupaten &Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Pandeglang 2DKI JakartaJakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara 3Jawa BaratKabupaten Tasikmalaya, Kabupaten ciamis (Pangandaran), Garut, Kabupaten Bandung, Kabupaten & Kota Bogor, Karawang, Kabupaten & Kota Bekasi 4Jawa TengahBlora, 5Jawa TimurKabupaten & Kota Bojonegoro, Jember, Blitar, Kediri, Nganjuk, Ponorogo, Sidoarjo (Lapindo) 6DI YogyakartaSleman, Bantul & Gunung Kidul 7LampungKabupaten Metro Lampung, Kabupaten Tanggamus, Kota Lampung 8GorontaloKabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo WILAYAH DISTRIBUSI HEWAN (DAGING) QURBAN:

12 NoPropinsiKabupaten/Kota 9Nusa Tenggara Timur (NTT)Flores, Kota Kupang, Kabupaten Soe 10MalukuKota Ambon, Pulau Seram, Pulau Buru 11Sulawesi SelatanMakasar 12Nusa Tenggara TimurLombok Barat, Lombok Timur, Sumbawa 13Sumatera BaratMentawai, Padang Pariaman, Padang, Pariaman, Pasaman, Agam 14Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Aceh Barat, Aceh Besar, Singkil, Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya & Nagan Raya 15BengkuluBengkulu Utara 16PapuaWasior (Sapi) WILAYAH DISTRIBUSI HEWAN (DAGING) QURBAN:

13 IMPLEMENTASI TAHAPAN PROGRAM Penyiapan daftar calon penerima manfaat Pemilihan dan pembelian Hewan yang sesuai dengan spesifikasi. Pemotongan hewan qurban (pada 3 hari pertama Idul Adha) Pengepakan daging qurban untuk 1 kg Distribusi Daging qurban di wilayah-wilayah sasaran PELAPORAN: Profil wilayah Penerima manfaat Dokumentasi visual Penerima Manfaat Report via sms ke Pequrban: rencana lokasi pemotongan dan distribusi hewan Report via sms: setelah pemotongan hewan

14

15 DESKRIPSI  Sebuah bentuk kepedulian dari mayoritas muslim terbesar di dunia untuk saudara-saudaranya yang masih dalam kondisi keterpurukan yang sangat di pelosok dunia, GAZA.  Berqurban dengan sapi/kambing dari Indonesia yang dibelikan dan dipotong serta didistribusikan untuk mustahiq di GAZA.

16 KONDISI SOSIAL EKONOMI JALUR GAZA  Jalur Gaza merupakan salah satu wilayah dengan jumlah penduduk terpadat di dunia. Dengan luas wilayah 365 km2 wilayah ini dihuni oleh sekitar 1,5 juta jiwa maka perkiraan kepadatan penduduknya adalah 4,110 jiwa per km2  Sekitar 80 % penduduk Gaz a hidup di bawah garis kemiskinan.  Lebih dari 70 % keluarga hidup bergantung pada bantuan dari lembaga kemanusiaan baik lokal maupun internasional.  Pengangguran mencapai 40 % dari total penduduk, sementara itu 67 % angkatan kerja yang tadinya menjadi tulang punggung keluarga terus menurun akibat kemiskinan, keterbatasan perputaran dana dan penurunan jumlah lapangan kerja. PROFIL LOKASI PENERIMA MANFAAT

17 KONDISI SOSIAL EKONOMI JALUR GAZA  61% warga Gaza masih rawan pangan (menurut FAO).  80% rumah tangga di Gaza sangat bergantung pada bantuan pangan (menurut UNRWA (the United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East))  orang atau hanya setengah dari populasi Gaza yang mendapatkan bantuan pangan. (UNRWA)  Hana 2/3 dari kebutuhan makanan yang mampu disediakan (UNRWA).  38,6 % warga Gaza menganggur di awal 2010 (Biro Statistik Palestina).  Sudah menjadi 3 kali lipat warga Gaza yang tidak mampu membeli barang-barang pokok seperti sabun, alat-alat tulis untuk sekolah, dan air bersih sejak (UNRWA), dimana 80% air yang diberikan tidak memenuhi standar WHO.  Pepohonan, ladang, ternak, rumah kaca dan pembibitan senilai US $ 180 milyar hancur selama operasi Cast Lead.  15% lahan pertanian hancur (Otoritas Palestina).

18 KONDISI SOSIAL EKONOMI JALUR GAZA  Blokade telah mencapai status tertingginya di mana hampir semua barang dicegah untuk melintasi perbatasan, terutama bahan pangan, bahan bakar, obat-obatan dan perlengkapan medis habis pakai.  Kondisi sosial ekonomi gaza saat ini merupakan kondisi terburuk yang pernah ada sepanjang sejarah  Dengan kondisi tersebut maka penyaluran daging qurban menjadi salah satu alternatif solusi pemenuhan kebutuhan pangan untuk bertahan hidup bagi masyarakat gaza.  Penyaluran kepedulian dalam bentuk hewan (daging) qurban akan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat dan akan mampu memunculkan senyum di wajah anak-anak mereka. PROFIL LOKASI PENERIMA MANFAAT

19 TUJUAN PROGRAM :  Untuk meringankan penderitaan masyarakat Palestina di Jalur Gaza  Meringankan penderitaan dan tekanan psikologis Kepala Keluarga/ tulang punggung keluarga miskin  Menambah kepercayaan diri masyarakat dan menumbuhkan kebersamaan sehingga dapat menimbulkan kebahagiaan dan senyum di wajah anak-anak yatim dan keluarga miskin  Meningkatkan hubungan sosial dan komunikasi kemanusiaan antara masyarakat Palestina dan donatur dari masyarakat Indonesia termasuk yang juga berada di negara-negara lain  Menggerakkan partisipasi masyarakat, para peternak dan pedagang hewan ternak lokal (Gaza)  Menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat (pengangguran)

20 JADWAL PELAKSANAAN  Tanggal 17 s.d 20 Nopember 2010  Hari Raya Iedhul Adha & Hari Raya Tasyrik

21 NoKeteranganSapiKambing 1Jumlah Hewan Qurban100 ekor1000 ekor 2Harga Hewan QurbanRp. 22,500,000Rp. 3,500,000 3Berat Kotor Hewan380 Kg40 Kg 4Prosentase Berat Daging Per Hewan55 %50 % 5Jumlah Penerima Manfaat24,750 KK22,500 KK Notes : Masing-masing penerima manfaat akan mendapatkan 1 kg daging TARGET JUMLAH DAN HARGA HEWAN QURBAN

22  Keluarga tidak mampu  Anak yatim  Wanita dan anak-anak yang terancam kelaparan dan anemia serta penyakit lainnya akibat kurang asupan bernutrisi Total c alon penerima manfaat :  47,250 KK  250,000 Jiwa PENERIMA MANFAAT :

23 AREA DISTRIBUSI QURBAN NoWilayahProporsi Distribusi Jumlah Hewan Qurban SapiKambing 1Gaza Utara19 % Gaza City35 % Gaza Tengah15 % Khanyounis18 % Rafah13 %13130 Total100 %

24 IMPLEMENTASI PROGRAM Penyiapan daftar calon penerima manfaat Pemilihan dan pembelian Hewan qurban (dari peternak dan pedagang lokal) yang sesuai dengan spesifikasi. Pemotongan hewan qurban (pada 3 hari pertama Idul Adha) Pengepakkan daging qurban untuk 1 kg Distribusi Daging qurban di wilayah-wilayah sasaran PELAPORAN : Laporan detil Dokumentasi Foto Video

25 1.Sinergi Program – Menjadi bagian dari bentuk kreatif dan strategi program yang secara umum untuk mendukung visi dan misi perusahaan & lembaga dalam rangka program pemberdayan masyarakat di daerah tertinggal dan daerah korban bencana. 2.Institusional Branding & Media Covering – Program yang baik dan dikemas apik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi media untuk meliput setiap event ini, terlebih merupakan buah dari sinergisitas bersama elemen masyarakat strategis. PROGRAM BENEFIT

26 3.Community Participation – Secara linier, dengan melibatkan pequrban dalam program pemberdayaan masyarakat akan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat yang luar biasa dalam program pemulihan di daerah bencana 4.Paradigm Changing– Merubah persepsi masyarakat, berqurban di sekitar rumah mereka untuk berqurban di wilayah-wilayah korban bencana & sentra kemiskinan PROGRAM BENEFIT

27 5.Unique Program – Qurbanku 1431 H, QurbaNation, merupakan satu- satunya dan yang pertama berqurban menggunakan teknologi IT dan menggunakan ID card untuk setiap pequrban, sehingga masing-masing dapat memantau distribusi qurban mereka secara cepat menggunakan teknologi IT MMS dan secara cepat pula memperoleh informasi laporan awal melalui teknologi SMS dalam setiap proses transaksinya sampai dengan laporan distribusi karena menggunakan layanan Virtual Account. PROGRAM BENEFIT

28

29 1.Corporate 2.Institusi 3.Lembaga Amil Zakat (LAZ) 4.Pengelola-pengelola Program Qurban di Masjid-Masjid perumahan dan masjid-masjid perkantoran 5.Muslim Individual 6.Komunitas muslim dalam dan luar negeri 7.Pemerintah 8.Media PARTNER


Download ppt "Q URBAN K U QurbaNation 2010 – 1431 H. DESKRIPSI  QURBANKU: Sinergi dan selaras dengan visi kelembagaan ACT sebagai “pelopor dalam menumbuhkan jiwa-jiwa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google