Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES. Materi Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 14 Mei 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES. Materi Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 14 Mei 2012."— Transcript presentasi:

1 HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES. Materi Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 14 Mei 2012.

2 Hermogenes. Disebut bersama Figellus sebagai orang Kristen Asia yang pernah menolak Paulus ( 2 Tim.1 : 15 ). Peristiwa penolakan ini terjadi di Troas. ‘drama’ ini terjadi ketika Paulus berangkat dari Asia dan tiba sebagai tawanan di Roma Arti nama : anak dari dewa Hermes.

3 Dalam keadaan demikian maka banyak orang yang ditangkap dalam hubungannya dengan Paulus. Mengenai arti ‘berpaling dari’ dapat dibandingkan dengan Matius 5 : 42. 2Tim 1:15 Inilah salah satu saat yang paling menyedihkan dalam kehidupan Paulus. Dia berada dalam penjara di Roma tanpa harapan akan bebas lagi. Dia sedang menderita karena Injil yang begitu dicintainya dan yang untuknya dia sebentar lagi akan mati (2Tim 4:6-7).2Tim 4:6-7 Pada saat ini juga dia dan Injilnya ditinggalkan oleh begitu banyak orang sehingga ia berkata, "semua mereka yang di daerah Asia Kecil berpaling dari padaku".

4 1) Namun, sekalipun menghadapi pencobaan berat ini, Paulus tetap beriman kepada Allah. Dia tetap yakin bahwa Kristus akan memelihara Injil dan pelayanannya (ayat 2Tim 1:12), bahwa senantiasa akan ada orang seperti Timotius yang akan memelihara dan memberitakannya (ayat 2Tim 1:14; 2:2) dan bahwa ketika mati Allah akan membawanya ke dalam Kerajaan-Nya di sorga (2Tim 4:6,8,18). 2Tim 1:122Tim 1:14; 2:22Tim 4:6,8,18 2) Keadaan Paulus yang menyedihkan akan dialami banyak orang yang setia pada akhir zaman. Mereka yang setia kepada Injil PB akan menderita kesedihan yang sama apabila melihat banyak meninggalkan iman alkitabiah yang sejati (lih. Mat 24:10;Mat 24:10 Seperti yang dialami Paulus, banyak orang akan meninggalkan seorang anak Tuhan yang tinggal setia kepada Injil PB.

5

6 Demas. Teman sekerja Paulus sewaktu pertama kali di penjara, mengirim salam dalam Fil. 24 dan Kol. 4 : 14. Fil. 24 dan dari Markus, Aristarkhus, Demas dan Lukas, teman-teman sekerjaku. 25 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai roh kamu!“MarkusAristarkhusDemas LukasYesus Kristus Arti nama : Populer.

7 Demas bersama Paulus pada waktu menulis surat kepada jemaat di Kolose dan kepada Filemon anggota jemaat. Kolose 4:14 LAI TB, Salam kepadamu dari tabib Lukas yang kekasih dan dari Demas. Perhatikan, nama Demas disejajarkan dengan Lukas, merujuk bahwa pelayanan Demas menjadi bagian yang penting dalam pelayanan para rasul, perhatikan juga dalam ayat ini :

8 2 Timotius 4:10 LAI TB, karena Demas telah mencintai dunia ini dan meninggalkan aku. Ia telah berangkat ke Tesalonika. Kreskes telah pergi ke Galatia dan Titus ke Dalmatia. Namun Demas meninggalkan Paulus pada saat pemenjaraan yang kedua di Roma. Dalam pemenjaraan Paulus yang terakhir ini, Demas telah meninggalkan pelayanannya. 2 Timotius 4:10 merujukkan kepada kesedihan/ kekecewaan Paulus, bahwa Demas rekan sekerjanya sendiri mencintai dunia yang sekarang ini, bukan "dunia yang akan datang" yang dipersiapkan Kristus bagi murid-muridNya yang setia dalam kehidupan kekal.

9 2 Timotius 4:10 merujukkan kepada kesedihan/ kekecewaan Paulus, bahwa Demas rekan sekerjanya sendiri mencintai dunia yang sekarang ini, bukan "dunia yang akan datang" yang dipersiapkan Kristus bagi murid-muridNya yang setia dalam kehidupan kekal. Sang rasul sedemikian sedih menyebutkan rekannya sedemikian bodoh yang menaruh kasihnya pada hal-hal dunia sekarang ini. Menarik juga untuk diperhatikan, Paulus menggunakan kata "agapêsas", bahwa Demas mengasihi dunia sekarang ini secara αγαπαω - agapaô.αγαπαω - agapaô

10 Demas Disebut pertama : Kolose 4:14 Namanya disebut : 3 X Kitab yang menyebut : Kolose, Filemon dan II Timotius. Pekerjaan : Misionaris Terakhir disebut : 2 Timotius 4:10 Fakta penting : Ia meninggalkan Paulus di dalam pemenjaraan yang terakhir di Roma.

11 tidak ada catatan bagi Demas apakah kemudian ia kembali berkomitmen kepada pelayanannya. Namun ada tafsiran yang menganggapnya demikian, dengan asumsi bahwa Demas mungkin adalah nama panggilan dari nama Demetrius (Yunani, δημητριος – dêmêtrios). 3 Yohanes 1:12 LAI TB, Tentang Demetrius semua orang memberi kesaksian yang baik, malah kebenaran sendiri memberi kesaksian yang demikian. Dan kami juga memberi kesaksian yang baik tentang dia, dan engkau tahu, bahwa kesaksian kami adalah benar.δημητριος – dêmêtrios

12 Pelajaran dari Demas membawa kita kepada suatu perenungan, bahwa kita perlu menjadi SETIA SAMPAI AKHIR! (Wahyu 2:10b). Memang, tidak semua murid-murid Kristus melakukan pelayanan yang sempurna seperti halnya rasul Paulus (2 Timotius 4:7) ataupun seperti rasul Yohanes yang sampai pada akhir hidupnya masih diberikan wahyu yang menutup kitab-kitab dalam Perjanjian Baru. Kedua contoh murid Kristus itu, begitu masuk dalam komitmen pelayanan mereka tidak pernah mengingkarinya.

13 Tetapi ada juga murid Kristus yang jatuh di tengah jalan, namun ia tidak berhenti sampai disitu, kemudian ia bangkit lagi dalam pelayanan, dan pelayanannya itu menjadi sangat penting seperti yang dilakukan oleh Markus.

14 APELLES Roma 16 :10, Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus. "tahan uji dalam Kristus" Frasa ungkapan ini menunjuk pada seseorang yang telah menghadapi ujian dan tetap setia. Apeles, menghadapi singa-singa. Dia menghadapi obor dan kayu sula. Dia menghadapi hujan batu dan rintangan-rintangan. Dia menghadapi kematian. Dan dia tetap benar.

15 Beberapa naskah mencatat 'Apeles' bukan *'Apolos' dalam Kis 18:24 dan 19:1. Mungkin dipengaruhi oleh terkaan Origenes bahwa mereka sama.Kis 18:24 dan 19:1 dokimos tahan uji 4, dihormati 1, layak 1, telah tahan uji 1 Dalam penggunaan yang diberlakukan banyak juga uang palsu. Tetapi beberapa orang hanya memakai uang yang asli dan mereka di sebut ‘dokimos’ tahan uji yakni terhadap uang.

16 Jadi selain terhadap berbagai bahaya, Apelles juga tahan uji terhadap godaan uang untuk meninggalkan Yesus. Refleksi. 1.Adakah benang merah para tokoh ini ? 2.Apakah akibat jika bertahan hingga akhir ? 3.Apa makna tahan uji bagi kita sekarang ? Tuhan memberkati.


Download ppt "HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES. Materi Kelas Alkitab Malam GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI 14 Mei 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google