Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan IV (Empat) Yani Sugiyani.  Pemakai komputer menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan (Job)  Banyaknya Pekerjaan yang dapat dirampungkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan IV (Empat) Yani Sugiyani.  Pemakai komputer menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan (Job)  Banyaknya Pekerjaan yang dapat dirampungkan."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan IV (Empat) Yani Sugiyani

2  Pemakai komputer menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan (Job)  Banyaknya Pekerjaan yang dapat dirampungkan dalam satuan waktu tertentu merupakan terobosan (throughput)  Untuk menyelesaikan pekerjaan itu pemakai memerlukan tataolah atau program komputer.

3  Tata olah memerlukan sumber daya komputer  Dilengkapi sumber daya dan data, tataolah dapat dikerjakan.  Pekerjaan yang akan dikerjakan oleh tataolah disebut Tugas (Task)  Tugas yang sedang dikerjakan disebut Proses

4  Semua Tugas yang telah diterima oleh penjadwal dimanakan proses

5  Tugas & Proses Sistem Tugas atau Proses Sistem berasal dari tataolah sistem. Mereka datang dari sistem bahasa, sistem utilitas, dan sistem operasi. Pada operasi sistem, prosessor melayani sistem

6  Tugas & Proses Aplikasi Tugas atau Proses aplikasi berasal dari tataolah aplikasi

7  Galur : tempat berlalu lintas diantara register - Galur Data - Galur Alamat - Galur Kendali

8  Register Akumulator :  Register Akumulator A : Merupakan register serba guna yang dapat menerima berbagai informasi  Register Akumulator B : Merupakan register lain yang menerima informasi yang akan diolah bersama dengan ini register A

9  Register Alamat Mencatat alamat memori yang isinya akan dicapai oleh prosessor  Register Instruksi Informasi tataolah yang diambil dari memori

10  Siklus Jemput Yang dijemput adalah Bagian tataolah yang ada di dalam memori- kerja. Bagian tataolah yang dijemput itu dibawa ke prosessor untuk diolah.

11  Siklus Kerja Siklus kerja dimulai dari register instruksi, isi tataolah yang disalin ke register instruksi berisikan instruksi untuk melaksanakan sesuatu. Instruksi itu diteruskan ke satuan kendali. Selanjutnya satuan kendali yang akan mengendalikan seluruh kegiatan di dalam prosessor sehingga kerja yang dimaksud oleh bagian tataolah itu dapat dirampungkan.

12  Status proses tanpa henti

13  Status proses sambil kerja dan terhenti

14  Status proses dengan status siap

15  Interupsi Langsung  Interupsi Tanya (polling)

16  Berasal dari tataolah  Berasal dari prosessor  Berasal dari satuan kendali  Berasal dari kunci waktu  Berasal dari memori  Berasal dari alat masukan/keluaran  Berasal dari sumber daya  Pembangkitan interupsi tanya (polling)

17  Proses Serentak Prosessor secara serentak melayani pelaksanaan lebih dari satu tataolah sehingga prosessor akan menghadapi banyak tugas atau proses.

18  Proses Serentak berpenggalan

19  Proses Berurutan Semua proses berlangsung secara berselingan dan tiada diantara mereka yang bertumpang waktu. Sebelum satu proses selesai proses berikut belum mulai bekerja.

20 Pada proses berurutan, semua proses itu membentuk suatu antrian di depan prosessor. Secara bergiliran, proses itu dilaksanakan satu demi satu oleh kerja prosessor. Setelah kerja proses merampungkan proses A, barulah proses B dikerjakan setelah B rampung barulah C dikerjakan.

21 Pada proses serentak, keadaan menjadi lain. Kalau setiap proses terus menerus berada dalam giliran prosessor saja, maka prosessor tidak mungkin melaksanakan proses serentak.

22 Untuk itulah bahwa proses tidak terus menerus berada pada giliran prosessor, pada suatu saat suatu proses berada pada giliran prosessor sehingga kerja prosessor melayani proses itu. Pada saat berikutnya, proses itu berada pada giliran alat serta tidak memerlukan prosessor,sehingga pada saat itu, kerja prosessor dapat melayani giliran prosessor pada proses lain.


Download ppt "Pertemuan IV (Empat) Yani Sugiyani.  Pemakai komputer menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan (Job)  Banyaknya Pekerjaan yang dapat dirampungkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google