Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. 2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. 2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional."— Transcript presentasi:

1

2 1. Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. 2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

3 Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik mampu: 1. Mengidentifikasi metode perhitungan pendapatan nasional. 2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

4 1. Pendekatan produksi Besarnya pendapatan nasional dengan pendekatan produksi dihitung dengan cara menjumlahkan seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh berbagai saktor produktif dalam perekonomian.

5 Secara matematis perhitungan pendapatan nasional dengan metode produksi di tulis sebagai berikut:

6 atau bisa juga dengan menggunakan rumus berikut: Ni = E + A + I + N + J Keterangan: A = agraris I = industri N = niaga/perdagangan J = jasa

7 2. Pendekatan pendapatan Secara matematis perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran di tulis sebagai berikut: NI = C + I + G + (X – M)

8 3. Pendekatan pengeluaran Secara matematis perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran di tulis sebagai berikut: NI = C + I + G + (X – M)

9 untuk mendapatkan taksiran actual mengenai nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu Negara selama satu tahun

10 1. Untuk mengetahui struktur perekonomian suatu Negara. 2. Untuk mengetahui perkembangan perekonomian dari tahun ketahun. 3. Untuk mengetahui tingkat kemakmuran masyarakat. 4. Untuk membandingkan perekonomian antar negara. 5. Sebagai pedoman bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan.


Download ppt "1. Menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran. 2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google