Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membuat Blog Pembelajaran Menggunakan. Materi  Pengantar Blog  Mendaftarkan Blog  Mendesign Situs Blog  Mengatur Menu Widget / Navigasi  Mengelola.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membuat Blog Pembelajaran Menggunakan. Materi  Pengantar Blog  Mendaftarkan Blog  Mendesign Situs Blog  Mengatur Menu Widget / Navigasi  Mengelola."— Transcript presentasi:

1 Membuat Blog Pembelajaran Menggunakan

2 Materi  Pengantar Blog  Mendaftarkan Blog  Mendesign Situs Blog  Mengatur Menu Widget / Navigasi  Mengelola Kategori  Mengelola Administrasi  Konfigurasi Profil

3 Pengantar Blog  Blog adalah singkatan dari webblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997  Weblog digunakan dalam sebuah website untuk mengolah suatu catatan informasi khusus  Weblog identik dengan diary online, kita dapat menuliskan sebuah artikel dan orang lain yang membacanya dapat memberikan komentar.

4 Manfaat Blog bagi guru  Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran  Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide  Relatif lebih hemat biaya  Pengembangan bagian proses pembelajaran yang bervariatif

5  Sebagai media bertukar pikiran dengan guru- guru yang lain.  Sharing kiat belajar  Sharing bahan ajar dalam rangka peningkatan kompetensi.

6 Situs Blog      Untuk materi ini menggunakan

7 Apa itu wordpress  Wordpress adalah suatu aplikasi content management system (cms) untuk pembuatan blog.  Aplikasi ini bersifat free (bebas) dan gratis (free of charge)

8 Persyaratan Membuat Blog  Koneksi internet   Daftar di situs blog  Misalnya :

9 Mendaftarkan Blog

10  Buka web browser, mis :  mozilla firefox  Internet explorer  Google chrome

11  Ketikkan di alamat website yang ada di browser anda

12 Tampilan wordpress

13 Step 1  Klik “pendaftaran gratis”  Silahkan isi formulir pendaftaran / form regristrasi.  Masukkan :  Alamat blog : diisi nama blog yang akan dibuat  Pengguna : diisi nama pemilik blog minimal 4 karakter  Kata sandi : diisi dengan kata kunci / password untuk masuk  Konfirmasi : diisi sama dengan kata kunci  address : berisi alamat

14

15 Apabila anda menemukan spt ini

16  Maka ganti nama alamat blog anda karena alamat blog tersebut sudah dipakai oleh orang.

17 sehingga

18 Step 2  Setelah anda mengisi semua formulir pendaftaran maka silahkan scrool kebawah kemudian tekan “buat blog” yang free

19

20 Step 3 = Cek Konfirmasi di  Buka anda  Aktifkan konfirmasi yang dikirimkan wordpress  Klik aktivasi blog wordpress

21 Step 4 = pengaktifan account  Klik link yang ada di maka account anda akan aktif.  Untuk mengingatkan username dan password, wordpress mengirimkan informasi tentang blog anda melalui .

22  Kemudian silahkan anda masuk alamat  Kemudian klik “Masuk”

23

24 Mengatur Tampilan Blog  Masukkan username / anda kemudian masukkan password anda setelah itu klik login.  NB : “remember me” / “ingatkan saya” tolong jangan di centang.  Awalnya / default nya di centang jadi silahkan di klik lagi untuk menghilangkan centangnya.

25

26 Tampilan pertama setelah login Klik tanda “dasbor”

27  Klik tanda “dasbor”, maka tampilannya sebagai berikut

28 Menu Administrator

29  Menu-menu administrator digunakan untuk mengelola, mengatur, dan membuat isi situs (membuat artikel/tulisan, link, dll)  Menu-Menu nya antara lain : - Dasbor : berisi berbagai aktifitas yang berkaitan dengan blog, termasuk statistik situs - Upgrade : untuk menambah fitur baru ke dalam wordpress

30 Post : digunakan untuk memasukkan tulisan atau artikel Media : digunakan untuk memasukkan file, gambar, video maupun audio Links/ Tautan : digunakan menambahkan tautan / link ke halaman lain atau web lain Komentar / Comments : untuk melihat komentar yang masuk dari tiap tulisan Appearance : digunakan untuk mendesain dan mengganti tampilan Users : digunakan untuk mendaftarkan pengguna dan mengelola pengguna situs blog Tools : Digunakan untuk pengaturan format tanggal dan waktu, tulisan, dll

31

32 Melihat Tampilan Blog Pertama Klik kanan “open new tab”

33 Mengganti Tema Blog

34  Pilih arahkan mouse pada menu sebelah kiri “Appearance” kemudian pilih “themes”

35

36  Pilih salah satu themes yang dikehendaki  Klik kanan “open new tab” pada “live preview” dari themes yang akan ditampilkan  Klik tombol aktifkan themes untuk mengaktifkan themes baru.

37  Setelah itu anda bisa mengaktifkan themes tersebut dengan menekan tombol “Save & active”

38 Pilih untuk mengaktifkan Klik untuk memilih preview dan save & active

39 Mengganti Nama Header Blog

40  Pilih klik menu “Setting” pada sebelah kiri.  Kemudian ganti tulisan pada  site tittle  Tagline

41

42  Kalau sudah silahkan anda scroll kebawah kemudian tekan tombol “Save”

43

44 Mengganti Gambar

45  Klik menu “Appearance” kemudian klik “Header”

46

47  Pada tampilan sebelah kanan terdapat tulisan select image kemudian tekan browse, silahkan anda pilih gambar untuk headernya setelah selesai klik open.

48

49  Setelah itu tekan tombol “Upload”  Kemudian scroll kebawah tekan tombol “Save Changes”

50 Mengganti profile

51  Klik pada menu Users  Kemudian klik menu “My Profile”  Setelah anda ganti kemudian tekan tombol “Update Profile”

52

53 Mengganti Password

54  Klik pada menu Users  Kemudian klik pada menu “Personal Settings” kemudian scroll kebawah untuk mengganti password anda.  Kemudian tekan “Save Changes”

55

56 Mengelola Kategori

57  Kategori digunakan untuk mengelompokkan/mengorganisasi tulisan/artikel berdasarkan topik bahasan.

58  Klik menu “POST” disebelah kanan kemudian pilih “Categories”.  Masukkan Nama kategori anda  Misal : Matematika  Setelah selesai tekan tombol “add new category”

59

60

61 Sub Categories

62  Selain membuat kategori, anda bisa membuat sub kategori.

63  Masih masuk ke menu POST pilih “categories”.  Masukkan nama Kategori  Pilih Parent.  Misal :  Nama kategori = “Bab 1”  Parent = “Matematika”

64

65  Setelah selesai tekan tombol “add new category”

66 Membuat Isi Artikel

67  Klik pada menu sebelah kiri “POSTS”  Kemudian pilih “add new post” / “Add New”  Pada bagian kanan terdapat pilihan untuk memilih kategori dari setiap tulisan.  untuk satu tulisan anda dapat memilih lebih dari satu kategori

68

69

70  Setelah selesai menulis kemudian klik tombol “Publish” jika anda ingin menampilkan.  Simpan konsep / save draft jika anda hanya membuat draft tulisan.  “Preview” jika ingin melihat tulisan sebelum ditampilkan pada halaman blog

71 Menambahkan Gambar

72  Pada bagian atas pada POSTS pilih “add media” seperti gambar berikut Add Media

73

74  Klik tombol pilih berkas / Select, cari lokasi gambar pada komputer anda, Scroll ke bawah kemudian klik “Insert into post” atau “sisipkan ke dalam tulisan”

75

76

77 Menambahkan File Artikel

78  Wordpress mendukung file seperti : doc, pdf, dll  Untuk menambahkan file yang akan didownload, blok tulisan yang akan diberi link file  Kemudian klik “Tambahkan Media” / “Add Media”, kemudian pilih file dikomputer anda.

79 Klik Add Media

80

81

82  Pilih file yang akan ditampilkan di blog anda.  Kemudian klik Open.

83

84  Setelah proses selesai, maka tekan “Insert into post” atau “Sisipkan file”  Maka tulisan yang anda blok tadi berganti menjadi nama file

85

86


Download ppt "Membuat Blog Pembelajaran Menggunakan. Materi  Pengantar Blog  Mendaftarkan Blog  Mendesign Situs Blog  Mengatur Menu Widget / Navigasi  Mengelola."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google