Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rewards & Punishments. Definisi: Reward (reinforcer)  segala jenis stimulus yg MENINGKATKAN frekuensi terjadinya perilaku (positif) yg mendahuluinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rewards & Punishments. Definisi: Reward (reinforcer)  segala jenis stimulus yg MENINGKATKAN frekuensi terjadinya perilaku (positif) yg mendahuluinya."— Transcript presentasi:

1 Rewards & Punishments

2 Definisi: Reward (reinforcer)  segala jenis stimulus yg MENINGKATKAN frekuensi terjadinya perilaku (positif) yg mendahuluinya Punishment (aversive stimulus)  segala sesuatu yg MENGURANGI frekuensi terjadinya perilaku (negatif) yg mendahuluinya

3 Jenis reinforcer (2): (1)primary reinforces (reinforcer utama) tidak dipelajari penting demi kelangsungan hidup e.g. makanan, air, udara, dsb. (2)conditioned reinforcers (reinforcer bersyarat) bisa dipelajari e.g. pujian, kasih-sayang, uang/benda

4 Jenis reinforcer bersyarat (3): (1)social reinforcer  perilaku yg dilakukan oleh orang lain dalam konteks sosial yg bersangkutan (i.e. kelas) yg dimaksudkan sebagai penghargaan  e.g. pujian, tepukan tangan (2) …

5 Jenis reinforcer … (cont’d) (2) token reinforcer  benda 2 yg bukan merupakan hadiah langsung yg bisa ditukarkan dengan reinforcer yg lebih nyata  e.g. sistem centang (√) yg bisa ditukarkan dgn waktu bebas atau peralatan sekolah sederhana (3)…

6 Jenis reinforcer … (cont’d) (3) activity reinforcer  aktivitas yg dimaksudkan sebagai hadiah kepada siswa  e.g. bermain di halaman, waktu membaca bebas, boleh memilih permainan yg disukai

7 Beberapa pertimbangan: reward (and punishment) hanya bisa diterapkan sesuai konteks individu masing 2 siswa guru harus berhati-hati dalam memberikan reward yg sesuai untuk siswa tertentu reward yg terbaik  yg ditentukan sendiri oleh siswa

8 Givener & Graubard (1974): 3 metode mengidentifikasi reinforcer yg sesuai dgn karakteristik masing 2 siswa: (1)mencari petunjuk tentang reinforcer yg sesuai dgn cara mengamati aktivitas 2 apa saja yg disukai siswa (2)mencari lebih banyak petunjuk dgn cara mengamati perilaku siswa lain (atau guru) yg memberikan penekanan terhadap perilaku siswa (3)…

9 Givener & Graubard … (cont’d) (3) bertanya secara langsung pada siswa mengenai apa yg ingin mereka lakukan di waktu bebas, tugas seperti apa yg mereka inginkan, dsb.

10 Strategi manajerial yg memerlukan reinforcer (1)token economies (sistem manajemen kemungkinan) –bertujuan mengubah perilaku sekelompok siswa –terdiri dari 3 elemen: 1.seperangkat instruksi tertulis yg mendeskripsikan perilaku siswa yg akan diberi penghargaan oleh guru 2.sebuah sistem pemberian ‘token’ yg jelas bagi siswa yg berperilaku sesuai harapan 3.…

11 Strategi manajerial … (cont’d) (1)token economies –… 3 elemen: 3. prosedur lengkap yg memungkinkan siswa menukarkan ‘token’ yg telah mereka kumpulkan dengan ‘hadiah’ atau hak 2 istimewa tertentu

12 Strategi manajerial … (cont’d) (2)behavior contract (kontrak perilaku) –kesepakatan antara guru & murid yg melakukan pelanggaran yg memperinci pelanggaran apa yg telah dilakukan & apa saja konsekuensinya jika siswa tersebut melakukan pelanggaran kembali (kontrak: kesepakatan tertulis antara guru & murid yg memperinci apa yg seharusnya dilakukan siswa & imbalan apa yg akan mereka terima jika melakukan hal 2 tsb)

13 Kontroversi punishment : 3 sudut pandang 1.penggunaan punishment yg benar akan sangat efektif dlm menghilangkan pelanggaran 2.penggunaan punishment yg bijaksana pada situasi 2 tertentu akan dpt dgn segera mengubah perilaku siswa, namun penggunaannya perlu dimonitor agar dampak negatifnya dpt diminimalisasi 3.penggunaan punishment hrs dihindari sama sekali krn perilaku siswa msh dpt ditangani dgn teknik 2 lain yg tdk berdampak negatif

14 Keuntungan – kerugian punishment (Sulzer & Mayer, 1972) KeuntunganKerugian 1.dapat segera menghentikan perilaku yg tdk diinginkan 2.mengurangi frekuensi terulangnya perilaku yg tdk diinginkan tsb utk waktu yg cukup lama 3.bersifat informatif, krn membantu siswa membedakan apa yg (tidak) boleh dilakukan 4.bersifat instruktif, krn mengurangi kemungkinan terulangnya perilaku tsb oleh siswa lain 1.bisa disalahartikan 2.membuat siswa menarik diri dari lingkungan kelas 3.bisa membuat siswa yg dihukum menjadi agresif 4.bisa mengakibatkan reaksi negatif dari anggota 2 kelas yg lain 5.bisa membuat siswa yg dihukum kehilangan kepercayaan diri atau berpandangan negatif terhadap dirinya maupun lingkungan kelas

15 Hal 2 yg perlu diperhatikan sekali guru telah memilih hukuman yg akan diterapkan, penggunaanya harus dilakukan secara bijaksana (& konsisten) & dampaknya harus selalu dimonitor guru harus mengantisipasi & siap menangani dampak negatif apapun yg timbul dari penggunaan hukuman guru memberikan porsi yg sama terhadap pemberian reward maupun punishment

16 Tugas Kelompok, dipresentasikan Senin, 18 Nov 2013, mulai jam 1 Menentukan respondent 1 siswa SD Menggali informasi dari respondent tsb tentang bentuk reward & punishmen yang sesuai utk respondent tsb Menentukan (& membuat) bentuk reward & punishment yang sesuai utk respondent tsb Mempresentasikan cara penggalian informasi, penentuan (pembuatan) reward & punishment, disertai dengan penjelasan Foto respondent Foto proses penggalian informasi, penentuan (pembuatan) reward & punishment


Download ppt "Rewards & Punishments. Definisi: Reward (reinforcer)  segala jenis stimulus yg MENINGKATKAN frekuensi terjadinya perilaku (positif) yg mendahuluinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google