Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Individu (mahkluk tunggal)  Populasi (kumpulan individu sejenis)  Komunitas (kumpulan berbagai populasi)  Ekosistem (komunitas dengan lingkungannya).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Individu (mahkluk tunggal)  Populasi (kumpulan individu sejenis)  Komunitas (kumpulan berbagai populasi)  Ekosistem (komunitas dengan lingkungannya)."— Transcript presentasi:

1  Individu (mahkluk tunggal)  Populasi (kumpulan individu sejenis)  Komunitas (kumpulan berbagai populasi)  Ekosistem (komunitas dengan lingkungannya).  Bioma (ekosistem dalam skala luas dan ditentukan oleh garis lintang dan bujur)  Biosfer (atmosfer dimana ada kehidupan).

2 KOMPONEN LINGKUNGAN ABIOTIK (komponen benda mati) ABIOTIK (komponen benda mati) BIOTIK (komponen benda hidup) BIOTIK (komponen benda hidup)

3 INTERAKSI ANTAR ORGANISME / POPULASI  KOMPETISI INTERSPESIFIK  KOMPETISI INTRASPESIFIK

4 PERAN KHAS INDIVIDU DALAM EKOSISTEM Produsen (tumbuhan hijau) Konsumen (herbivora) Dekomposer (pengurai sisa tubuh makhluk hidup dari organik menjadi anorganik) Detritivor (penghancur seresah / sisa tubuh makhluk hidup)

5 TIPE – TIPE EKOSISTEM EKOSISTEM AIR  Air Tawar  Air Laut  Estuari  Terumbu Karang  Laut Dalam EKOSISTEM DARAT (Terestrial)  Hutan Hujan Tropis  Savana  Padang Rumput  Gurun  Hutan Gugur  Taiga  Tundra

6

7 GREEN HOUSE EFFECT Terjadi karena peningkatan gas C0 2 Terjadi karena peningkatan gas C0 2 Adalah suatu fenomena seperti di dalam rumah kaca. Adalah suatu fenomena seperti di dalam rumah kaca. Akumulasi gas CO 2 dan gas lain (metan, nitrogen oksida, dan uap air) akan menahan panas matahari yang seharusnya dipantulkan kembali oleh bumi. Akumulasi gas CO 2 dan gas lain (metan, nitrogen oksida, dan uap air) akan menahan panas matahari yang seharusnya dipantulkan kembali oleh bumi. Hal ini mengakibatkan temperatur atmosfer bumi meningkat kurang lebih 3,5 derajat celcius. Hal ini mengakibatkan temperatur atmosfer bumi meningkat kurang lebih 3,5 derajat celcius. Akibat lainnya melelehnye es dikutub dan naiknya permukaan air laut dan daratan semakin menyusut. Akibat lainnya melelehnye es dikutub dan naiknya permukaan air laut dan daratan semakin menyusut.

8

9 BERBAGAI MACAM BIOMA


Download ppt " Individu (mahkluk tunggal)  Populasi (kumpulan individu sejenis)  Komunitas (kumpulan berbagai populasi)  Ekosistem (komunitas dengan lingkungannya)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google