Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB I Apresiasi karya seni rupa

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB I Apresiasi karya seni rupa"— Transcript presentasi:

1 BAB I Apresiasi karya seni rupa
SENI BUDAYA IX BAB I Apresiasi karya seni rupa

2 Berasal dari bahasa Inggris Apresiation artinya
APRESIASI Berasal dari bahasa Inggris Apresiation artinya Penghargaan

3 Tahap Apresiasi Audio Visual Memiliki Mempelajari Mengekspresikan diri

4 Pengertian Seni Rupa Murni
Adalah : seni rupa yang hanya mengandalkan aspek keindahan ( estetis ) yang diekspresikan oleh senimannya

5 Perbedaan seni rupa murni Nusantara dan Mancanegara
Nusantara : menonjolkan obyek Nusantara dan menggambarkan keadaan masyarakat setempat dengan ciri khas daerahnya. Asia Timur : identik dengan tema religius Asia Barat : menggambarkan keindahan obyek dengan menonjolkan aspek kesempurnaan bentuk dan Proporsi ideal

6 Jenis karya seni rupa murni Asia
Seni Lukis : adalah sebuah karya dua dimensi ( panjang, lebar ) yang diciptakan melalui ekspresi spontan dalam memvisualisasikan unsur-unsur seni menjadi bentuk simbul yang kreatif dan di dalamnya terkandung sebuah keindahan Seni Patung: adalah hasil karya yang dibuat untuk memvisualisasikan bentuk simbul tiga dimensi ( panjang,lebar,tinggi ) dengan ekspresi dan imajinasi yang kreatif dan di dalamnya terkandung unsur estetika ( keindahan )

7 Perbedaan antara Seni Gambar ( drawing )
yang ditonjolkan adalah unsur garis Seni Lukis ( painting ) yang ditonjolkan adalah unsur warna ( seni lukis merupakan gambar berwarna )

8 Media seni lukis adalah kanvas
Media lain untuk melukis adalah : Tembok, karung goni, Triplek, Plastik, karton atau kertas

9 Unsur dalam seni lukis Unsur ideoplastis :
Terdiri dari ide/gagasan, imajinasi, pengalaman estetis dan ekspresivitas Unsur fisikoplastis : Terdiri dari garis, warna, tekstur, bentuk, komposisi( harmoni ), irama dan keseimbangan, fokus

10 Manfaat dari lukisan Untuk kepentingan estetis semata
Untuk kebutuhan magis pada zaman prasejarah Untuk kebutuhan religi Untuk kebutuhan politik

11 Berdasarkan obyek yang digambar , lukisan dapat berupa :
Lukisan pemandangan ( landscape ) Lukisan alam dalam bentuk benda ( still life ) Lukisan potret Lukisan yang menampilkan kehidupan manusia, binatang, dan lingkungan hidup yang melingkupinya Lukisan abstrak

12 LUKISAN ABSTRAK

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22 Teknik dalam lukisan Al Fresco Al secco Aquarel Mozaik Kolase Ikon
Patri Embrush Montase

23 Aliran Seni Lukis Aliran Representatif
Naturalisme ( sangat mengagumi serta mengagung-agungkan keindahan ) Romantisme ( Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya ) Klasisme Realisme ( adalah lukisan yang menggambarkan sesuau yang ada dan nyata ) Imprisionisme ( menghadirkn kesan-kesan atau pengaruh pada perasaan )

24 Aliran Interpretatif Kubisme ( aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri, seperti kerucut, segi tiga, lingkaran dll untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso ) Surialisme ( menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui dalam mimpi ) Abstraktisme ( menggabarkan sebuah bentuk yang tidak berwujud ) Faturisme (adalah suatu paham dari beberapa orang atau sekelompok orang yang percaya atau yakin akan adanya masa mendatang yang lebih baik, dalam arti lebih modern, lebih konkrit, bahkan diyakini bahwa manusia akan mampu menguasai jagad raya dengan tehnologi yang dimilikinya nanti ) Dedalisme ( kejutan baru>>monalisa dibubuhi kumis, susunan karcis dibuat usang... Marcel Duchamp, Thristan Tzara, hans Arp ) Ekspresionisme ( mengutamakan kebebasan ) Simbolisme

25 Teknik berkarya patung
Modelling : teknik membutsir / membentuk dengan penambahan bahan Pahat ( carving ) : memahat dengan mengurangi bahan Cor ( casting ) : menggunakan bahan cair tetapi dapat beku dalam waktu tertentu dengan cara bivalve Konstruktif ( constructing/assembling ) : menyusun,mengkonstruksi,membangun bahan yang ada

26 Bahan alami membuat patung Tanah liat Batu Bambu Kayu Marmer
Bahan buatan membuat patung Plastisin Gips Logam prunggu Besi Semen batu Fiberglas Plastik Pipa

27 ALAT MEMATUNG Pahat Cetok Butsir Sudip Cetakan Kikir Perekat Mur Baut
Paku Tali

28 BENTUK PENAMPILAN PATUNG
Lepas ( faestanding sculpture ) : Jenis patung yang dapat dilihat dari bernagai arah pandang Relief : Jenis patung yang hanya dapat dinikmati dari arah depan saja

29 MANFAAT PATUNG Masa prasejarah : untuk kepentingan magis dan religi
Untuk hiasan / dekorasi Untuk peringatan peristiwa bersejarah

30 CIRI BENTUK PATUNG Naturalis Fantasi / figuratif Abstrak
Stilasi / Abstraksi

31 ALIRAN SENI PATUNG Simbolisme
patung yang tema tampilannya berbentuk penafsiran makna dan perlambangan Konstruktifisme patung yang dibuat dalam bentuk geometris Robot art patung dibuat dalam bentuk kaku dan statis Mobile Sculpture art patung yang bisa bergerak atau digerakkan

32 KEUNIKAN SENI RUPA MURNI
BANGSA INDIA Seni Lukis : tulisan gambar ( pitogram ) yang dibuat pada lempengan tanah liat serta lukisan dinding bercorak Budha dengan teknik fresco Seni Patung: karya seni rupa yang berkembang di India umumnya bercorak Hindu dan Budha

33 BANGSA CINA Seni Lukis : seni kaligrafi, lukisan fresco, lukisan dekoratif,kombonasi ilustrasi dan kaligrafi ( seni lukis Zen ) Seni Patung: terbuat dari perunggu, batu giok, keramik, dan kayu. Patung dibuat untuk kepentingan agama dan sebagai patung kubur.

34 BANGSA KAMBOJA Dalam Kuil Angkor Wat dan Kuil Angkor Tom dibangun 50 menara yang berhiaskan Budhiwatwa. Dalam pagarnya berbentuk pilar-pilar yang berhiaskan naga yang dinaiki oleh makluk kayangan. Ditemukan Stupa Lampun, patung Krisna dari batu putih, patung Jayawarman serta relief kematian Hanoman

35 BANGSA MYANMAR Pagan sebuah kota di Myanmar terkenal dengan kota seribu Stupa Kuil Ananda dikelilingi tembok yang memuat 1500 bidang berisi relief cerita agama Budha Pagoda-pagoda terbuat dari batu serta bata merah dihiasi lukisan-lukisan fresco dan patung dari kayu

36 SEJARAH PERKEMBANGAN SENI RUPA INDONESIA
dipengaruhi budaya bangsa-bangsa asing seperti : Bangsa India : pengaruh budaya Hindu dan Budha Bangsa India : bangunan candi Budaya Islam Bangsa Eropa : budaya seni modern dengan ciri ( memiliki konsep,ide, teknik, gaya, serta individualitas

37 PEMBANGIAN SEJARAH PERKEMBANGAN SENI RUPA INDONESIA
Zaman Prasejarah * Zaman Batu Tua ( Paleolitikum ) * Zaman Batu Menengah ( Mezolitikum ) * Zaman Batu Muda ( Neolitikum ) * Zaman Logam ( Perunggu ) * Zaman Batu Besar ( Megalitikum ), adanya perkembangan saling komunikasi antar bangsa, serta

38 Zaman Hindu dan Budha Datangnya bangsa India ke Nusantara berpengaruh pada agama dan kesenian, bentuk lukisan, ornamen-ornamen seni rias dan patung

39 Zaman Islam Pengaruh budaya Islam seperti munculnya seni kaligrafi, seni bangunan, seni ukir, seni kriya, ragam hias serta wayang

40 Zaman Modern Datangnya bangsa Belanda ke Nusantara membawa pengaruh besar terhadap dunia pendidikan serta kesenian Aliran seni lukis seperti : Vincen Van Gogh, Rudolf Bonnet, Walter Spies, Ernest Dezentje, W.G Hofker, serta Miguel Covarrubias menjadikan sumber inspirasi bagi seniman Indonesia

41 SEJARAH SENI RUPA INDONESIA MODERN
Masa Perintis Raden Saleh ( ) Sebagai pelukis moden pertama Indonesia Sebagai pelukis menganut gaya Romantisme Karya Raden saleh : Perkelahian dengan Singa, Penangkapan Diponegoro, Potret Bupati Majalengka, Berburu Singa serta Letusan Gunung Berapi

42 2. Masa Indonesia Jelita Abdullah Suryo Subroto bersama Pirngadi, Wakidi serta Basuki Abdullah mengembangkan seni rupa modern

43 Masa Persagi ( Persatuan Ahli Gambar Indonesia )
S Sudjojono dikenal sebagai bapak Seni Rupa Modern Indonesia

44 4. Masa Pendudukan Jepang
Jepang memajukan kebudayaan Indonesia sebagai strategi perang Didirikan POETERA ( Poesat Tenaga Rakyat ) Keimin Bunka Shidosho ( Lembaga Pusat Budaya Jepang yang membuka kesempatan bagi pribumi untuk berlatih ) Pelukis Indonesia yang Mengikuti : Otto Djaja, Hendra Gunawan, Kartono Yudokusumo

45 5. Masa Revolusi Seniman turut mendukung perjuangan tentara melalui poster-poster perjuangan Membuat Sanggar Seniman Masyarakat di Yogyakarta dengan diketua Afandi Sanggar Seniman Insonesia Merdeka ( SIM ) di Madiun dengan ketua S.Sudjojono Balai Pendidikan Tinggi Guru Gambar di Bandung oleh Syafei Sumardja, yang merupakan lembaga pertama yang memberikan seni rupa secara akademis di ITB Munculnya berbagai sanggar di Indonesia : PTPI ( Pusat Tenaga Pelukis Indonesia ) dengan akademi seni rupanya / ASRI, Sanggar Jiwa Mukti, GPI ( Gabungan Pelukis Indonesia ), Sanggar Pelangi.

46 6. Masa Tahun 50-an Seniman berada di bawah kendali partai politik Munculnya seniman-seniman akademis Tahun 60-an terjadi kelompok seni rupa Bandung dengan gaya Abstrak dan Yogyakarta dengan gaya Realis Munculnya seniman tradisional berbakat dari Bali Seni pahat, patung berkembang pesat seperti : Relief, Monumen, Diorama di Musium

47 7. Gerakan Seni Rupa Baru Indonesia
Lahirnya Gerakan seni Rupa Baru Tahun 1975 yang merupakan persatuan mahasiswa ASRI dan ITB Selain seni lukis serta patung juga berkembang seni rupa yang lain seperti : Desain Mode, Keramik Kreatif, seni Instalasi, Advertising, seni lukis Fotografi, dll

48 FUNGSI DAN MAKNA SENI RUPA MURNI MANCANEGARA
Seni sebagai kebutuhan fisik ( Jasmani ),baik individu maupun sosial Seni sebagai kebutuhan rohani ( emosional )

49 TUGAS SISWA Kunjungikah sebuah pameran seni rupa / musium seni rupa dan buatlah laporan ! Buatlah Kliping Seni Rupa 3 Dimensi 10 lembar secara individu

50 TES KOMPETENSI SISWA Karya seni rupa di Asia Timur identik dengan …………………. Karya seni rupa di Asia Barat identik dengan …………………. Apa perbedaan antara seni gambar dan seni lukis ? Membuat patung dengan cara Bivale cocok dilakukan dengan teknik …………. Perpaduan seni kaligrafi dan bego amat sih lo ! Ilustrasi di Cina disebut ………………

51 Patung Ganesya berasal dari ……….
Pelukis Indonesia yang menganut gaya Romantisme adalah ………….. Jepang memanfaatkan kebudayaan Asia sebagai ………………. Sanggar seni di Madiun yang diketuai S. Sudjojono adalah ……………….. ASRI terdapat di kota ……………..


Download ppt "BAB I Apresiasi karya seni rupa"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google