Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS WEB PADA BAGIAN PERLENGKAPAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA Nama : MIA PRATIWI (09121003048) IGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS WEB PADA BAGIAN PERLENGKAPAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA Nama : MIA PRATIWI (09121003048) IGA."— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS WEB PADA BAGIAN PERLENGKAPAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA Nama : MIA PRATIWI ( ) IGA ZUBIAH ( ) Kelas : SISTEM INFORMASI 4 B

2 PEMBAHASANPENDAHULUAN KOMPONEN DAN PROSEDUR KESIMPULAN

3 PENDAHULUAN Aset adalah barang tidak habis pakai (non consumable) yang dimiliki instansi. Seiring dengan berkembangnya suatu instansi, maka jumlah aset juga akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Aset membutuhkan manajemen yang baik agar lebih mudah untuk dipantau dan ditelusuri. Kebutuhan informasi mengenai data dan informasi suatu aset sangatlah penting guna untuk memperbaiki kinerja atau efisiensi di dalam suatu instansi. Sistem informasi manajemen aset adalah sebuah aplikasi pengelolaan aset yang ditujukan untuk instansi dengan tujuan aset yang ada dapat dikelola sebagaimana mestinya. Sama halnya di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, pengelolaan aset masih dilakukan secara manual sehingga memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pendataan aset. Tidak hanya itu, pengelolaan aset secara manual ini mampu mempengaruhi kinerja instansi khususnya bagian perlengkapan. Maka dari itu kami bermaksud membuat suatu aplikasi pengelolaan manajemen aset untuk Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, dalam hal ini manajemen aset berupa pengelolaan aset tetap (fasilitas kantor) di instansi tersebut.

4 PENDAHULUAN Judul: Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Bagian Perlengkapan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Rumusan Masalah : Adapun rumusan masalah yang melatar belakangi pembuatan aplikasi ini, yaitu : -proses pencatatan aset tidak sistematis dan terintegrasi; -manajemen data (pendataan barang masuk / keluar dan peminjaman / pengembalian barang) masih dilakukan secara manual; -perencanaan pemanfaatan dan pengelolaan aset di masa yang akan datang belum optimal sehingga menyebabkan pembiayaan operasional aset yang semakin tinggi.

5 PENDAHULUAN Tujuan Pembuatan Aplikasi : Adapun tujuan pembuatan aplikasi ini, yaitu : -instansi dapat mendata dan menyimpan dengan baik aset dalam jumlah banyak yang tersebar secara geografis, dapat mendata aset secara digital sehingga nilai aset dapat dipantau secara berkala; -tersedianya aplikasi yang mengelola manajemen aset (pendataan barang masuk / keluar dan peminjaman / pengembalian barang) baik secara digital dan terkomputerisasi; -mengurangi pembiayaan dan pengeluaran operasional instansi, karna tidak diperlukanya pembuatan berbagai laporan dalam bentuk hardcopy lagi setiap bulannya.

6 KOMPONEN PD 2 (Pembantu Dekan 2) Kasubag (Ketua Sub Bagian) Perlengkapan Staff Perlengkapan Mahasiswa

7 FUNGSI KOMPONEN PD 2 (Pembantu Dekan 2) - Sebagai Pejabat Membuat Komitmen dalam Kontrak Pengadaan Barang Kasubag (Ketua Sub Bagian) Perlengkapan - Sebagai Penanggung Jawab Seluruh Bagian Perlengkapan - Membuat laporan triwulan ke KPA Universitas Sriwijaya Staff Perlengkapann - Menjalankan fungsi administrasi dibagian perlengkapan - Mengecek barang BMN (Barang Milik Negara) - Mengecek persediaan barang di gudang. Mahasiswa - Untuk keperluan belajar-mengajar - kegiatan organisasi mahasiswa lainnya. Contoh : Peminjaman Ruangan untuk kegiatan ormawa serta perlengkapan-perlengkapan lainnya.

8 PROSEDUR / ATURAN Mempersiapkan Sarana dan Prasarana Kampus Fasilkom Peminjaman Barang-Barang Untuk Keperluan belajar mengajar di Kampus dan Ormawa. Pencatatan Barang Masuk dan Keluar Laporan Triwulan Ke KPA Universitas Sriwijaya Bagian UMUM dan Perlengkapan Barang yang Tak Layak Pakai akan dihapuskan atau dilelang


Download ppt "SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET BERBASIS WEB PADA BAGIAN PERLENGKAPAN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS SRIWIJAYA Nama : MIA PRATIWI (09121003048) IGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google