Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YUNANI & UNI EROPA. Proses masuknya Yunani ke Uni Eropa ► Yunani merupakan negara Mediteran pertama yang bergabung dengan Uni Eropa ► Mendapat status.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YUNANI & UNI EROPA. Proses masuknya Yunani ke Uni Eropa ► Yunani merupakan negara Mediteran pertama yang bergabung dengan Uni Eropa ► Mendapat status."— Transcript presentasi:

1 YUNANI & UNI EROPA

2 Proses masuknya Yunani ke Uni Eropa ► Yunani merupakan negara Mediteran pertama yang bergabung dengan Uni Eropa ► Mendapat status associate member pada tahun 1962 dan keanggotaan penuh 1981 ► Pada saat mengajukan lamaran untuk menjadi anggota UE, Yunani memenuhi 2 dari 3 kriteria, yakni bahwa Yunani berada di Eropa dan memiliki institusi politik yang demokratis. Kriteria ketiga yakni kriteria ekonomi belum dapat dipenuhi.

3 Proses masuknya Yunani ke Uni Eropa ► Tahun 1967 pemerintahan demokratis Yunani dikudeta oleh militer sehingga proses lamaran ke EC menjadi terhambat selama sekitar 7 tahun. Tahun 1974 demokrasi berdiri lagi di negara itu dan pemerintah Yunani melanjutkan kembali lamaran ke ME. ► Tokoh dalam memperjuangkan keanggotaan Yunani dalam EC adalah politisi konservatif, Konstantinos Karamanlis yang berhasil meyakinkan Komisi Eropa yang meragukan kemampuan ekonomi Yunani. ► Pendekatan bidang politik: dengan menjadi anggota ME, kemungkinan gangguan terhadap demokrasi di Yunani akan dapat ditekan.

4 Dampak Ekonomi ► Bergabungnya Yunani dalam ME diharapkan dapat membantu perekonomian Yunani melalui pasar bersama. ► Namun, Yunani kesulitan beradaptasi dengan kompetisi pasar karena industri di Eropa Utara sudah lebih maju dan mapan. ► Akibatnya, terjadi penurunan GNP per kapita yakni dari 58 % GNP per kapita rata-rata ME di tahun 1980, menjadi 52 % pada tahun 1991.

5 Yunani dan EMU ► Antara tahun an, Yunani memiliki hutang yang besar terkait dengan defisit anggaran. ► Yunani menjadi satu-satunya anggota EC yang ingin menjadi bagian dari Perjanjian Maastricht namun tidak dapat memenuhi kriteria. ► Inflasi, defisit anggaran, hutang, dan suku bunga yang tinggi membuat Yunani tidak dapat begabung dalam EMU. ► Yunani berusaha memperbaiki perekonomiannya dengan program penghematan dan usaha ini membuahkan hasil positif ► Yunani akhirnya dapat memenuhi kriteria : inflasi 2,1%, defisit anggaran 1,7% dari GDP, dibawah 3% ketetapan Perjanjian Maastricht. ► Tahun 2001 Yunani dapat bergabung dengan EMU

6 OPINI PUBLIK ► Besar opini publik yang mendukung keanggotaan Yunani di UE termasuk yang tertinggi. ► Parlemen Yunani juga mendukung (dalam ratifikasi Perjanjian Maastricht, 286 dari 300 anggota parlemen menyetujui. ► Opini yang pro integrasi terus meningkat kecuali pada saat perang Yugoslavia, ketika publik menentang kebijakan UE yang dinilai terlalu jauh dalam mendukung agresi AS di wilayah Balkan.

7 PORTUGAL& UNI EROPA

8 Proses Masuknya Portugal ke Uni Eropa ► Usaha Portugal untuk bergabung dengan ME telah dimulai sejak awal tahun 1960-an. ► Beberapa hambatan dalam proses tersebut: - Kediktatoran di Portugal tahun Pemerintah otoritarian pimpinan Salazar ► Akhir tahun 1975 Partai Sosialis Portugal mulai melihat keanggotaan di ME sebagai cara untuk menghindarkan Portugal dari kudeta kaum komunis

9 Proses Masuknya Portugal ke Uni Eropa ► Kesulitan ekonomi pascapemerintahan diktator ► Aplikasi Portugal diterima tahun ► Meski demikian, ME menangguhkan keanggotaan Portugal karena negara Spanyol masih mengalami kesulitan memenuhi kriteria politik. ME ingin agar Portugal dan Spanyol masuk ke ME pada saat yang sama. ► 1 Januari 1986 Portugal dan Spanyol akhirnya diterima menjadi anggota ME yang ke-11 dan 12.

10 Opini Publik ► Opini publik menunjukkan sikap positif terhadap keanggotaan Portugal di UE. ► Jajak pendapat 1984, mendukung  28 % 1986  70 % 1986  70 % ► 1998  67 % percaya bahwa negaranya memperoleh keuntungan dari keanggotaan di UE, 18 % tidak percaya ► 58 % mendukung penggunaan euro, 18 % tidak mendukung

11 Kebijakan Pertanian dan Perikanan ► The Common Agriculture Policy (CAP) yang dibuat oleh UE memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi pertanian Portugal. ► Sebelum bergabung dengan ME, pertanian Portugal sangat tidak efisien dan harga produknya terlalu tinggi. ► Dengan CAP, Portugal berhasil meningkatkan investasi dan modernisasi di sektor pertanian dan perikanan.

12 Portugal dan Perluasan Keanggotaan UE ke Eropa Tengah dan Timur ► Terbukanya hubungan ekonomi dengan negara- negara anggota baru di Eropa Tengah dan Timur membuat Portugal khawatir akan berpnidahnya investasi ke wilayah tersebut dan tidak lagi memberi keuntungan bagi rakuat miskin di Selatan. ► Portugal juga khawatir alokasi bantuan dari UE akan lebih banyak ke wilayah tersebut sehingga mengurangi bantuan yang selama ini diterima oleh Portugal

13 SPANYOL

14 PROFIL ► GDP (2007): $1.439 triliun GDP per kapita (2007 est.): $31,831. Sumber daya alam: batubara, bijih besi, uranium, merkuri, gipsum, zinc, dll. ► Pertanian: serealia, sayuran, buah, anggur, zaitun, bunga matahari, dll. ► Industri: tekstil, sepatu, petrokimia, baja, otomobil, elektronik

15 Politik di Spanyol ► Jend. Francisco Franco (nasionalis) berkuasa sejak ► Dalam PD II Spanyol secara resmi netral namun mengikuti kebijakan yang pro Axis (Jerman, Italia, Jepang, Hungaria,Slovakia, etc.), sehingga pasca PD II negara- negara Sekutu mengisolasi Spanyol. ► Menjadi anggota PBB sejak ► Melalui bantuan IMF Spanyol memulai pembangunan pasar yang terbuka dan investasi asing. ► Sampai tahun 1960-an, ekonomi Spanyol masih berciri terpusat (guiding by state) ► Situasi ekonomi berubah di tahun 1970-an seiring transisi politik Spanyol menuju demokrasi di bawah pemerintahan Adolfo Suarez.

16 Spanyol membuka isolasi ► Setelah kembali ke demokrasi, prioritas kebijakan luar negeri Spanyol adalah membuka isolasi diplomatik yang terjadi selama pemerintahan Franco dan masuk ke European Community, serta menjalin kerjasama keamanan dengan Barat ► Spanyol masuk menjadi anggota NATO 1982 ► Keanggotaan Spanyol di Uni Eropa merupakan bagian penting dari kebijkan luar negerinya.

17 Peran Spanyol di dunia internasional ► Hispanidad (konsep tentang pertalian linguistik, agama, etnik, budaya, dan sejarah di antara negara-negara Amerika berbahasa Spanyol) ► Digunakan untuk penyebarluasan demokrasi dan liberalisasi ekonomi di negara-negara tsb

18


Download ppt "YUNANI & UNI EROPA. Proses masuknya Yunani ke Uni Eropa ► Yunani merupakan negara Mediteran pertama yang bergabung dengan Uni Eropa ► Mendapat status."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google