Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kategori risiko dapat didefinisikan sebagai berikut :  Risiko Proyek risiko yang mempengaruhi jadwal atau sumber daya proyek.  Risiko Produk risiko.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kategori risiko dapat didefinisikan sebagai berikut :  Risiko Proyek risiko yang mempengaruhi jadwal atau sumber daya proyek.  Risiko Produk risiko."— Transcript presentasi:

1

2 Kategori risiko dapat didefinisikan sebagai berikut :  Risiko Proyek risiko yang mempengaruhi jadwal atau sumber daya proyek.  Risiko Produk risiko yang mempengaruhi kualitas atau kinerja perangkat lunak yang dikembangkan.  Risiko Bisnis risiko yang mempengaruhi organisasi yang sedang mengembangkan perangkat lunak tersebut.

3 RisikoJenis RisikoKeterangan Keluarnya staffproyekStaff yang berpengalaman meninggalkan proyek sebelum proyek selesai Perubahan manajemenproyekAkan ada perubahan manajemen organisasi dengan prioritas yang berbeda Perubahan persyaratanProyek dan produk Banyak terjadi perubahan persyaratan, yang lebih besar dari yang diantisipasi. Kinerja SQA tidak optimalprodukSQA tidak menunjukkan kinerja yang baik Perubahan teknologiBisnis dan produk Teknologi yang mendasari pengembangan SW diganti dengan teknologi yang baru. Kompetisi produkbisnisProduk yang kompetitif dipasarkan sebelum pengembangan SW selesai.

4 Identifikasi Risiko Analisis Risiko Perencanaan Risiko Pemantauan Risiko Daftar risiko yang potensial Daftar risiko dengan prioritas Rencana kontigensi dan penghindaran risiko Penilaian risiko ILUSTRASI PROSES MANAJEMEN RISIKO

5 IDENTIFIKASI RISIKO Jenis RisikoRisiko yang mungkin TeknologiDatabase yang digunakan tidak dapat memproses seperti yang diharapkan. Komponen SW yang harus dipakai ulang, banyak kelemahan. ManusiaTidak tersedia staff yang diperlukan, Staff yang diandalkan sakit, dll OrganisasiMasalah keuangan organisasi memaksakan pengurangan anggaran proyek Alat bantuKode yang dihasilkan CASE tool tidak efisien PersyaratanPerubahan persyaratan yang tidak dipahami pelanggan PerkiraanTerlalu kecil memperkirakan ukuran perangkat lunak, sehingga salah estimasi waktu.

6 ANALISIS RISIKO RISIKOProbabilitasEfek Tidak mungkin merekrut staff dengan keahlian yang diperlukan tinggiserius Staff inti sakit pada saat-saat kritis proyek sedangserius Ukuran perangkat lunak diperkirakan terlalu kecil tinggiDapat ditolerir Pelatihan yang dibutuhkan staff tidak ada sedangDapat ditolerir Pelanggan tidak memahami dampak perubahan persyaratan rendahserius

7 PERENCANAAN RISIKO RisikoStrategi Masalah rekrut staff ahli Memberi pelatihan pada staff yang ada. Menginformasikan pada pelanggan, jika memungkinkan ttg kondisi ini, dan meminta kebijakan waktu, dll Sakitnya staffOrganisasi ulang tim shg timbul overlap pekerjaan dan SDM. Setiap staff membuat record hasil kerja, sehingga ketika berhalangan dapat diteruskan oleh staff yang lain. Perubahan persyaratan Telusuri informasi untuk menilai akibat perubahan persyaratan, dan usahakan perubahan dapat seminimal mungkin.

8 Strategi-strategi ini dibagi menjadi 3 kategori :  Strategi menghindar : ditujukan untuk memperkecil probabilitas munculnya risiko tersebut.  Strategi minimasi : ditujukan untuk memperkecil dampak risiko yang ada.  Rencana kontigensi : dengan mengikuti strategi ini, jika terjadi yang terburuk telah siap untuk menghadapi.

9 PEMANTAUAN RISIKO JENIS RISIKOINDIKATOR YANG POTENSIAL TeknologiPengiriman perangkat keras atau perangkat lunak penunjang yang terlambat, banyaknya masalah teknis yang dilaporkan. Manusia (SDM)Hubungan yang tidak baik di antara anggota tim, suasana kerja yang tidak nyaman, kekosongan pekerjaan. OrganisasiIsu-isu kebijakan organisasi, tidak ada aksi dari manajemen. PersyaratanBanyak permintaan perubahan persyaratan, Banyak keluhan pelanggan. PerkiraanKegagalan memenuhi jadwal yang sudah ditetapkan, kegagalan mengatasi kerusakan yang dilaporkan.


Download ppt "Kategori risiko dapat didefinisikan sebagai berikut :  Risiko Proyek risiko yang mempengaruhi jadwal atau sumber daya proyek.  Risiko Produk risiko."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google