Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA SARI FUJA OKTA FATMALA NIA SUFRIANI MIFTAHUL MUBARAK KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA SARI FUJA OKTA FATMALA NIA SUFRIANI MIFTAHUL MUBARAK KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA SARI FUJA OKTA FATMALA NIA SUFRIANI MIFTAHUL MUBARAK KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA SARI FUJA OKTA FATMALA NIA SUFRIANI MIFTAHUL MUBARAK

2 MENIKAH ATAU KARIR,,,??? Tn. Limbubu 25 tahun datang ke klinik Anda, bersama dengan pacarnya Nn. Farah yang berumur 22 tahun. Mereka bertanya tentang perkawinan, Anda melihat Nn. Farah enggan untuk bercerita ataupun menanyakan sesuatu yang berhubungan dengan belajar untuk hidup bersama. Berbeda dengan Tn. Limbubu yang begitu bersemangat menanyakan tentang hal yang berkaitan dengan seksual, mengatur rumah tangga sampai bagaimana mempersiapkan kehamilan dan membesarkan anak. Sementara Nn. Farah mengatakan ia belum punya keinginan untuk membentuk sebuah keluarga, merasa dirinya belum siap untuk menikah dan masih ingin berkarier di pekerjaan.

3 PERTANYAAN Mengacu pada perkembangan psikososial, tahap perkembangan apa yang tengah dialami oleh Tn. Limbubu dan Nn. Farah ? Bagaimana pengetahuan tentang perkembangan kognitif Piaget mengarah jawaban Anda ? Dengan menggunakan pengetahuan anda tentang pertumbuhan dan perkembangan, saran apa yang akan Anda berikan pada pasangan tersebut ? Mengacu pada perkembangan psikososial, tahap perkembangan apa yang tengah dialami oleh Tn. Limbubu dan Nn. Farah ? Bagaimana pengetahuan tentang perkembangan kognitif Piaget mengarah jawaban Anda ? Dengan menggunakan pengetahuan anda tentang pertumbuhan dan perkembangan, saran apa yang akan Anda berikan pada pasangan tersebut ?

4 JAWABAN PERTANYAAN 1. Tn. Limbubu dan Nn. Farah berada pada tahap perkembangan; Keintiman vs Isolasi. Tahap ini terjadi pada masa dewasa awal(young adult), usia sekitar 18/20-30 tahun. Tugas perkembangan yang harus diselesaikan adalah kecenderungan intimasi dan isolasi. Pada masa ini mereka lebih selektif membina hubungan akrab hanya dengan orang-orang tertentu yang sepaham. Kegagalan pada fase ini adalah mengisolasi dari rasa cinta, persahabatan, dan lingkungan masyarakat. Dewasa awal kadang terjebak antara keinginan untuk memperpanjang masa remaja yang tidak ada tanggung jawab dan keinginan untuk memikul tanggung jawab dewasa. Selama dewasa awal, seseorang biasanya lebih perhatian pada pengejaran pekerjaan dan sosial. Dewasa awal harus membuat keputusan mengenai karier, pernikahan, dan menjadi orang tua (potter-perry,2009).

5 LANJUTAN 2. Tahapan operasional formal Tahap operasional formal adalah periode terakhir perkembangan kognitif dalam teori Piaget. Tahap ini mulai dialami anak dalam usia sebelas tahun (saat pubertas) dan terus berlanjut sampai dewasa. Karakteristik tahap ini adalah diperolehnya kemampuan untuk berpikir secara abstrak, menalar secara logis, dan menarik kesimpulan dari informasi yang tersedia. Dalam tahapan ini, seseorang dapat memahami hal-hal seperti cinta, bukti logis, dan nilai. Ia tidak melihat segala sesuatu hanya dalam bentuk hitam dan putih, namun ada "gradasi abu-abu" di antaranya. Dilihat dari faktor biologis, tahapan ini muncul saat pubertas (saat terjadi berbagai perubahan besar lainnya), menandai masuknya ke dunia dewasa secara fisiologis, kognitif, penalaran moral, perkembangan psikoseksual, dan perkembangan sosial. Beberapa orang tidak sepenuhnya mencapai perkembangan sampai tahap ini, sehingga ia tidak mempunyai keterampilan berpikir sebagai seorang dewasa dan tetap menggunakan penalaran dari tahap operasional konkrit.

6 LANJUTAN 3. Sebaiknya Tn. Limbubu bersabar dan membantu meyakinkan Nn. Farah, karena Nn. Farah belum siap. Perkemangan moral Nn. Farah sepertinya masih pada tahap kepedulian terhadap diri sendiri belum mencapai pada tahap kepedulian terhadap orang lain, yaitu individu menyadari keegoisan pada perilaku terdahulu dan mulai memahami perlunya hubungan saling peduli terhadap orang lain. Saat ini individu mengawali hubungan dengan fokus tidak menyakiti orang lain. Pendekatan tersebut menjadikan individu lebih peka dan tunduk terhadap kebutuhan orang lain tanpa memikirkan kebutuhan sendiri. Karena Tn. Limbubu sudah berada pada tahap ini jadi Tn. Limbubu pasti dapat meyakinkan Nn. Farah yang merasa belum siap untuk membina sebuah keluarga, dimana saat itu Nn. Farah tidak hanya memikirkan diri sendiri tetapi juga orang lain.

7 TEORI PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL GOULD Tahap 3 (usia tahun). Individu merasa tampil sebagai individu dewasa dan merasa bebas dari keluarga. Mereka merasa yakin akan jati diri mereka, tetapi tetap merasa perlu untuk membuktikan diri mereka kepada orang tua. Mereka memandang tahap ini sebagai masa untuk bertumbuh dan membangun sesuatu untuk masa depan.

8 TEORI PERKEMBANGAN DEWASA MUDA DIEKELMANN Diekelmann mengatakan bahwa dewasa awal mengalami tugas perkembangan sebagai berikut : Mereka mendapat kebebasan dari pengawasan orang tua. Mereka mulai mengembangkan persahabatan yang akrab dan hubungan yang intim di luar keluarga. Mereka membentuk seperangkat nilai pribadi. Mereka mengembangkan rasa identitas pribadi. Mereka mempersiapkan untuk kehidupan kerja dan mengembangkan kapasitas keintiman (potter & perry,2009). Diekelmann mengatakan bahwa dewasa awal mengalami tugas perkembangan sebagai berikut : Mereka mendapat kebebasan dari pengawasan orang tua. Mereka mulai mengembangkan persahabatan yang akrab dan hubungan yang intim di luar keluarga. Mereka membentuk seperangkat nilai pribadi. Mereka mengembangkan rasa identitas pribadi. Mereka mempersiapkan untuk kehidupan kerja dan mengembangkan kapasitas keintiman (potter & perry,2009).

9 Tugas Perkembangn pada Periode Dewasa Awal menurut Havighurst yaitu : Memilih teman hidup Belajar untuk hidup bersama pasangan Membentuk keluarga Membesarkan anak Mengatur rumah tangga Mulai bekerja Menjalani tangguang jawab sebagai warga negara Menemukan kelompok sosial yang sesuai (kozier,2011). Tugas Perkembangn pada Periode Dewasa Awal menurut Havighurst yaitu : Memilih teman hidup Belajar untuk hidup bersama pasangan Membentuk keluarga Membesarkan anak Mengatur rumah tangga Mulai bekerja Menjalani tangguang jawab sebagai warga negara Menemukan kelompok sosial yang sesuai (kozier,2011).

10


Download ppt "KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA SARI FUJA OKTA FATMALA NIA SUFRIANI MIFTAHUL MUBARAK KELOMPOK VIII : DESFIANA SIREGAR NURHAFIDHAH YULIA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google