Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Review Artikel. Studi Pustaka Sebelum Penelitian Studi Pustaka Sebelum Menulis Laporan Menulis Laporan 1.Searching artikel 2.Mereview Artikel 3.Mengelola.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Review Artikel. Studi Pustaka Sebelum Penelitian Studi Pustaka Sebelum Menulis Laporan Menulis Laporan 1.Searching artikel 2.Mereview Artikel 3.Mengelola."— Transcript presentasi:

1 Review Artikel

2 Studi Pustaka Sebelum Penelitian Studi Pustaka Sebelum Menulis Laporan Menulis Laporan 1.Searching artikel 2.Mereview Artikel 3.Mengelola artikel 4.Mensitasi artikel 1.Searching artikel 2.Mereview Artikel 3.Mengelola artikel 4.Mensitasi artikel

3 Searching Artikel Searching: 1.Internet 2.Perpustakaan Sumber Pustaka 1.Utama : Jurnal 2.Tambahan: Buku Browsing By Internet 1.Search Engine (GOOGLE) 2.Journal Data base (Scopus, Science Direct, EBSCO) Tidak Semua Artikel bagus dan layakmenjadi rujukan

4 Mereview Artikel, untuk memperoleh dasar teori yang kuat 1.Jangan pernah percaya bahwa sebuah paper itu perfect. 2.Abstrak, 2.Abstrak, merupakan wajah dari artikel (Jelas, singkat, yang berisi: permasalahan, tujuan dan hasil penelitian) 3.bagian introduction 3.bagian introduction, dan coba cari informasi berikut: Masalah apakah yang ingin dijawab oleh author ? (problem formulation) Objective dari riset yang dilakukan? Mengapa author memilih problem itu ? Dimana letak originality penelitian tsb. ? Apakah penelitian itu mengemukakan satu pendekatan baru terhadap masalah yang sudah ada,ataukah memakai metode yang sudah ada untuk memecahkan satu aplikasi baru? 4.Bagian Metodologi Metode dapat digunakan untuk mencapai tujuan Metode dapat diulang (parameter jelas) 5.bagian diskusi 5.bagian diskusi, dan coba cari informasi berikut: Solusi apakah yang dipakai oleh author untuk menjawab pertanyaan riset di atas ? Apakah eksperimen itu berhasil ? Apakah ada contoh eksperimen yang tidak berhasil ? 6.bagian conclusion: Apakah kesimpulan itu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada bagian introduction ? Apakah ada masalah penelitian yang masih belum diselesaikan ? 7.bagian referensi 7.bagian referensi: apakah referensi yang dipakai uptodate (tahun-tahun terakhir) 8.Apakah anda memiliki ide lain untuk memecahkan masalah yang sama ? Dimanakah kelemahan dari paper yang anda baca ? 1.Jangan pernah percaya bahwa sebuah paper itu perfect. 2.Abstrak, 2.Abstrak, merupakan wajah dari artikel (Jelas, singkat, yang berisi: permasalahan, tujuan dan hasil penelitian) 3.bagian introduction 3.bagian introduction, dan coba cari informasi berikut: Masalah apakah yang ingin dijawab oleh author ? (problem formulation) Objective dari riset yang dilakukan? Mengapa author memilih problem itu ? Dimana letak originality penelitian tsb. ? Apakah penelitian itu mengemukakan satu pendekatan baru terhadap masalah yang sudah ada,ataukah memakai metode yang sudah ada untuk memecahkan satu aplikasi baru? 4.Bagian Metodologi Metode dapat digunakan untuk mencapai tujuan Metode dapat diulang (parameter jelas) 5.bagian diskusi 5.bagian diskusi, dan coba cari informasi berikut: Solusi apakah yang dipakai oleh author untuk menjawab pertanyaan riset di atas ? Apakah eksperimen itu berhasil ? Apakah ada contoh eksperimen yang tidak berhasil ? 6.bagian conclusion: Apakah kesimpulan itu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada bagian introduction ? Apakah ada masalah penelitian yang masih belum diselesaikan ? 7.bagian referensi 7.bagian referensi: apakah referensi yang dipakai uptodate (tahun-tahun terakhir) 8.Apakah anda memiliki ide lain untuk memecahkan masalah yang sama ? Dimanakah kelemahan dari paper yang anda baca ?

5 Mengelola Artikel dan menggunakannya untuk Sitasi 1.Browshing di Internet 2.Mereview (dibaca) 3.Menyimpan dikomputer (terutama File PDF)  Bila kita tidak tertib mengatur maka akan kesulian mencari file yang akan kita gunakan untuk daftar pustaka/pustaka acuan 4.Menggunakan artikel untuk pustaka acuan dalam laporan penelitian/skripsi/jurnal  Menulis Identitas Artikel (pengarang, judul, tahun, penerbit) pada saat mensitasi dan menulis daftar pustaka.  Kalau kita tidak teliti, sering sekali tidak sinkron antara daftar pustaka dengan pustaka acuan/pustaka yang di sitasi yang ada di teks  tidak sesuai dengan Style/gaya penulisan daftar pustaka yang dianjurkan. 1.Browshing di Internet 2.Mereview (dibaca) 3.Menyimpan dikomputer (terutama File PDF)  Bila kita tidak tertib mengatur maka akan kesulian mencari file yang akan kita gunakan untuk daftar pustaka/pustaka acuan 4.Menggunakan artikel untuk pustaka acuan dalam laporan penelitian/skripsi/jurnal  Menulis Identitas Artikel (pengarang, judul, tahun, penerbit) pada saat mensitasi dan menulis daftar pustaka.  Kalau kita tidak teliti, sering sekali tidak sinkron antara daftar pustaka dengan pustaka acuan/pustaka yang di sitasi yang ada di teks  tidak sesuai dengan Style/gaya penulisan daftar pustaka yang dianjurkan.

6 Mengelola Artikel dan menggunakannya untuk Sitasi 1.Browshing di Internet 2.Mereview (dibaca) 3.Menyimpan dikomputer (terutama File PDF)  Bila kita tidak tertib mengatur maka akan kesulian mencari file yang akan kita gunakan untuk daftar pustaka/pustaka acuan 4.Menggunakan artikel untuk pustaka acuan dalam laporan penelitian/skripsi/jurnal  Menulis Identitas Artikel (pengarang, judul, tahun, penerbit) pada saat mensitasi dan menulis daftar pustaka.  Kalau kita tidak teliti, sering sekali tidak sinkron antara daftar pustaka dengan pustaka acuan/pustaka yang di sitasi yang ada di teks  tidak sesuai dengan Style/gaya penulisan daftar pustaka yang dianjurkan. 1.Browshing di Internet 2.Mereview (dibaca) 3.Menyimpan dikomputer (terutama File PDF)  Bila kita tidak tertib mengatur maka akan kesulian mencari file yang akan kita gunakan untuk daftar pustaka/pustaka acuan 4.Menggunakan artikel untuk pustaka acuan dalam laporan penelitian/skripsi/jurnal  Menulis Identitas Artikel (pengarang, judul, tahun, penerbit) pada saat mensitasi dan menulis daftar pustaka.  Kalau kita tidak teliti, sering sekali tidak sinkron antara daftar pustaka dengan pustaka acuan/pustaka yang di sitasi yang ada di teks  tidak sesuai dengan Style/gaya penulisan daftar pustaka yang dianjurkan. Kita dapat menggunakan bantuan software Mari kita lihat Mendeley dan Zotero


Download ppt "Review Artikel. Studi Pustaka Sebelum Penelitian Studi Pustaka Sebelum Menulis Laporan Menulis Laporan 1.Searching artikel 2.Mereview Artikel 3.Mengelola."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google