Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DANIEL 4 Kerendahan Hati. PENDAHULUAN Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar dipermalukan oleh Tuhan. Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DANIEL 4 Kerendahan Hati. PENDAHULUAN Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar dipermalukan oleh Tuhan. Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar."— Transcript presentasi:

1 DANIEL 4 Kerendahan Hati

2 PENDAHULUAN Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar dipermalukan oleh Tuhan. Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar dipermalukan oleh Tuhan. Peresmian patung emas Nebukadnesar (Dan 3:24-29). Peresmian patung emas Nebukadnesar (Dan 3:24-29). Pada waktu Nubukadnesar dihalau dari antara manusia dan menjadi seperti hewan (Dan 4:33). Pada waktu Nubukadnesar dihalau dari antara manusia dan menjadi seperti hewan (Dan 4:33).

3 PENDAHULAUN Daniel 4:1-3 Daniel 4:1-3 Surat ini ditujukan kepada seluruh bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Surat ini ditujukan kepada seluruh bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Ini merupakan ekspresi raja atas mujizat dan pelajaran yang telah ia alami bersama Tuhan. Ini merupakan ekspresi raja atas mujizat dan pelajaran yang telah ia alami bersama Tuhan. Nebukadnesar mengakui kesombongan hatinya. Nebukadnesar mengakui kesombongan hatinya. Dia menceritakan secara blak-blakan metode apa yang Tuhan gunakan untuk mempermalukannya. Dia menceritakan secara blak-blakan metode apa yang Tuhan gunakan untuk mempermalukannya.

4 MIMPI KEDUA NEBUKADNESAR Daniel 4:4-7. Daniel 4:4-7. Nebukadnesar mengingat mimpinya, tapi ia tidak tahu apa artinya. Nebukadnesar mengingat mimpinya, tapi ia tidak tahu apa artinya. Nebukadnesar memberitahukan mimpinya kepada para ahli nujum tapi mereka tidak dapat mengartikannya. Nebukadnesar memberitahukan mimpinya kepada para ahli nujum tapi mereka tidak dapat mengartikannya. Ini bukti bahwa mimpi ini bukan pekerjaan manusia, tapi Allah. Ini bukti bahwa mimpi ini bukan pekerjaan manusia, tapi Allah.

5 MIMPI NEBUKADNESAR “ Aku diam dalam rumahku dengan tenang” melukiskan bahwa kerajaannya dalam keadaan aman dan tenteram. “ Aku diam dalam rumahku dengan tenang” melukiskan bahwa kerajaannya dalam keadaan aman dan tenteram. Perasaan sombong timbul dalam dirinya karena kemenangan atas seluruh musuh- musuhnya. Perasaan sombong timbul dalam dirinya karena kemenangan atas seluruh musuh- musuhnya. Pada saat merasa nyaman dan tenang itulah Tuhan mengganggunya dengan rasa takut dan kekwatiran seperti orang kaya bodoh dalam perumpamaan Yesus (Lukas 12:16- 21). Pada saat merasa nyaman dan tenang itulah Tuhan mengganggunya dengan rasa takut dan kekwatiran seperti orang kaya bodoh dalam perumpamaan Yesus (Lukas 12:16- 21).

6 MIMPI NEBUKADNESAR Daniel 4:8-18. Daniel 4:8-18. Raja memberitahukan mimpinya kepada Daniel. Raja memberitahukan mimpinya kepada Daniel. Ada pohon yang sangat tinggi. Ada pohon yang sangat tinggi. Pohon itu bertambah kuat dan tingginya sampai ke langit dan dapat dilihat sampai ke ujung bumi. Pohon itu bertambah kuat dan tingginya sampai ke langit dan dapat dilihat sampai ke ujung bumi. Padanya ada makanan bagi semua yang hidup. Padanya ada makanan bagi semua yang hidup.

7 WHAT IS NEBUCHADNEZZAR’S DREAM (Dan 4:10-17)

8 MIMPI NEBUKADNESAR Tampak seorang penjaga, seorang yang kudus, turun dari langit. Tampak seorang penjaga, seorang yang kudus, turun dari langit. Daniel 4: Daniel 4: Biarlah hati manusianya berubah dan diberikan kepadanya hati binatang. Biarlah hati manusianya berubah dan diberikan kepadanya hati binatang. Berlaku selama tujuh masa. Berlaku selama tujuh masa.

9 MIMPI NEBUKADNESAR Daniel 4:17. Daniel 4:17. Tuhan berkuasa membuat orang yang lebih tinggi dari orang biasa menjadi lebih rendah dari orang biasa. Tuhan berkuasa membuat orang yang lebih tinggi dari orang biasa menjadi lebih rendah dari orang biasa. Tuhan mengangkat (meninggikan) dan merendahkan orang yang congkak. Tuhan mengangkat (meninggikan) dan merendahkan orang yang congkak. Ini pengalaman yang sangat memalukan, seorang raja besar menjadi seperti binatang. Ini pengalaman yang sangat memalukan, seorang raja besar menjadi seperti binatang.

10 MIMPI NEBUKADNESAR Tuhan tidak memandang suku dan pangkat. Tuhan tidak memandang suku dan pangkat. Kedudukan orang tidak berarti padaNya. Kedudukan orang tidak berarti padaNya. Tuhan tidak terkejut mendegar pangkat atau jabatan orang, karena Dia berkuasa mengangkat dan menurunkan atau menggulingkan kalau tidak becus. Tuhan tidak terkejut mendegar pangkat atau jabatan orang, karena Dia berkuasa mengangkat dan menurunkan atau menggulingkan kalau tidak becus.

11 ARTI MIMPI Daniel 4: Daniel 4: Biarlah mimpi tuanku tertimpa kepada musuh Nebukadnesar. Biarlah mimpi tuanku tertimpa kepada musuh Nebukadnesar. Pohon itu melambangkan Raja Nebukadnesar. Pohon itu melambangkan Raja Nebukadnesar. Nebukadnesar akan dihalau dari antara manusia dan akan tinggal di padang bersama binatang. Nebukadnesar akan dihalau dari antara manusia dan akan tinggal di padang bersama binatang. Berlaku selama tujuh masa (tujuh tahun). Berlaku selama tujuh masa (tujuh tahun). Setelah masa disiplin ini, kerajaan Babilon akan dikembalikan kepada Nebukadnesar. Setelah masa disiplin ini, kerajaan Babilon akan dikembalikan kepada Nebukadnesar.

12 APA TUJUAN ALLAH MELALUI MIMPI INI? Daniel 4:17. The dream functioned as a warning to the king. Allah memberikan 12 bulan kesempatan untuk bertobat.

13 APA TUJUAN ALLAH MELALUI MIMPI INI? Daniel 4:27. The dream functioned as a calling to repent. Karena kesombongan yang luar biasa, maka Tuhan, oleh kasihNya, memanggil Nebukadnesar untuk bertobat.

14 APA TUJUAN ALLAH MELALUI MIMPI INI? Dan 4:37. The dream itself became a great lesson of humility to acknowledge God as the source of power and prosperity. Nebuchadnezzar understood clearly the lesson from this experienced.

15 PENGGENAPAN MIMPI Daniel 4:28. Daniel 4:28. Mimpi ini betul terjadi dan digenapi karena Nebukadnesar tidak bertobat setelah mendengarkan penjelasan Daniel. Mimpi ini betul terjadi dan digenapi karena Nebukadnesar tidak bertobat setelah mendengarkan penjelasan Daniel. 12 bulan setelah Nebukadnesar mendapat mimpi, maka mimpi ini digenapi. 12 bulan setelah Nebukadnesar mendapat mimpi, maka mimpi ini digenapi. Daniel 4: Daniel 4: Nebukadnesar hidup seperti binatang selama tujuh tahun. Nebukadnesar hidup seperti binatang selama tujuh tahun.

16 NUBUATAN DALAM ALKITAB Mimpi Nebukadnesar bersifat nubuatan yang bersyarat (Dan 4:27). Mimpi Nebukadnesar bersifat nubuatan yang bersyarat (Dan 4:27). Nubuatan bersyarat dan nubuatan tidak bersyarat. Nubuatan bersyarat dan nubuatan tidak bersyarat. Yunus dan Nineve adalah nubuatan yang bersyarat (Yunus 3:10). Yunus dan Nineve adalah nubuatan yang bersyarat (Yunus 3:10). Kelahiran Yesus adalah nubuatan yang tidak bersyarat. Kelahiran Yesus adalah nubuatan yang tidak bersyarat.

17 7 YEARS LIVED LIKE AN ANIMAL

18 Penggenapan Mimpi Mengapa Nebukadnesar tidak dibunuh saja atau para pembesar mengangkat raja baru? Mengapa Nebukadnesar tidak dibunuh saja atau para pembesar mengangkat raja baru? I Sam 21:12-22:1. I Sam 21:12-22:1. Kepercayaan purba kekafiran: Orang yang membunuh orang yang gila atau mengambil alih apa yang dimiliki oleh orang yang gila itu akan diserang oleh raja jahat yang menguasai orang gila itu. Kepercayaan purba kekafiran: Orang yang membunuh orang yang gila atau mengambil alih apa yang dimiliki oleh orang yang gila itu akan diserang oleh raja jahat yang menguasai orang gila itu.

19 PERTOBATAN NEBUKADNESAR Daniel 4: Daniel 4: Tidak ada bukti bahwa Nebukadnesar murtad kembali kepada penyembahan berhala. Tidak ada bukti bahwa Nebukadnesar murtad kembali kepada penyembahan berhala. Ia mati pada tahun ke-17 pemerintahannya, atau satu tahun setelah penggenapan mimpinya. Ia mati pada tahun ke-17 pemerintahannya, atau satu tahun setelah penggenapan mimpinya.

20 KESIMPULAN Kesombongan dan kecongkakan adalah dosa yang biasa menimpa orang-orang besar. Artinya, para pembesar sangat peka terhadap sifat angkuh dan sombong. Kesombongan dan kecongkakan adalah dosa yang biasa menimpa orang-orang besar. Artinya, para pembesar sangat peka terhadap sifat angkuh dan sombong. Kuasa Tuhan tidak dapat ditolak dan dibantah atau dilawan. Kuasa Tuhan tidak dapat ditolak dan dibantah atau dilawan. Tuhan tahu bagaimana merendahkan orang yang sombong dan mengangkat serta memberikan penghiburan kepada orang berdosa yang remuk dan berseru minta tolong kepadaNya. Tuhan tahu bagaimana merendahkan orang yang sombong dan mengangkat serta memberikan penghiburan kepada orang berdosa yang remuk dan berseru minta tolong kepadaNya.

21 KESIMPULAN Dewa kafir tidak berdaya menyelamatkan, bahkan ahli nujum, dan ahli sihir tidak ada artinya. Mereka semuanya tidak berdaya dihadapan Tuhan. Dewa kafir tidak berdaya menyelamatkan, bahkan ahli nujum, dan ahli sihir tidak ada artinya. Mereka semuanya tidak berdaya dihadapan Tuhan. Yeremia 17:7. Yeremia 17:7. Mazmur 144:15. Mazmur 144:15.


Download ppt "DANIEL 4 Kerendahan Hati. PENDAHULUAN Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar dipermalukan oleh Tuhan. Hingga fasal 4, sudah dua kali Nebukadnesar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google