Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ADAPTASI FISIOLOGIS PADA HEWAN DAN MANUSIA Oleh: Anisa Widiastuti (04) Annisa Ayu Pramesti (05) Atikah Nian Indrastuti (06) Reza Resita (16) Oleh: Anisa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ADAPTASI FISIOLOGIS PADA HEWAN DAN MANUSIA Oleh: Anisa Widiastuti (04) Annisa Ayu Pramesti (05) Atikah Nian Indrastuti (06) Reza Resita (16) Oleh: Anisa."— Transcript presentasi:

1 ADAPTASI FISIOLOGIS PADA HEWAN DAN MANUSIA Oleh: Anisa Widiastuti (04) Annisa Ayu Pramesti (05) Atikah Nian Indrastuti (06) Reza Resita (16) Oleh: Anisa Widiastuti (04) Annisa Ayu Pramesti (05) Atikah Nian Indrastuti (06) Reza Resita (16)

2 ADAPTASI Adaptasi adalah kemampuan atau kecenderungan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik. Adaptasi dibagi menjadi 3 yaitu :  Adaptasi Morfologi  Adaptasi Fisiologi  Adaptasi Tingkah Laku

3 Adaptasi Fisiologis Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada organ atau alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik.

4  Adaptasi fisiologis pada hewan Berdasarkan jenis makanannya, hewan dapat dibedakan menjadi karnivor (pemakan daging). herbivor memakan tumbuhan), serta omnivor (pemakan daging dan turnbuhan). Penyesuaian hewan-hewan tersebut terhadap jenis makanannya. antara lain terdapat pada ukuran (panjang) usus dan enzim pencernaan yang berbeda.. Untuk mencerna tumbuhan yang umumnya mempunyai sel-sel berdinding sel keras, rata-rata usus herbrvor lebih panjang daripada usus karnivor.

5  Adaptasi fisiologis pada hewan Ikan air tawar yang tekanan osmotik cairan tubuhnya lebih besar dengan air sebagai habitatnya, maka minum sedikit, kencingnya banyak. Ini terjadi karena air dari luar masuk secara osmosis di tubuhnya yang lebih pekat, maka ikan mas di laut akan mati karena kebiasaan itu juga dilakukan di air laut, maka yang terjadi dehidrasi, seharusnya minumnya banyak kencing sedikit.

6  Adaptasi fisiologis pada manusia Jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di pantai/dataran rendah. Ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar dari pada ukuran jantung orang kebanyakan. Pada saat udara dingin, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine (air seni). Pada saat udara panas, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat. Jumlah sel darah merah orang yang tinggal di pegunungan lebih banyak jika dibandingkan dengan orang yang tinggal di pantai/dataran rendah. Ukuran jantung para atlet rata-rata lebih besar dari pada ukuran jantung orang kebanyakan. Pada saat udara dingin, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan urine (air seni). Pada saat udara panas, orang cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat.

7 TERIMA KASIH


Download ppt "ADAPTASI FISIOLOGIS PADA HEWAN DAN MANUSIA Oleh: Anisa Widiastuti (04) Annisa Ayu Pramesti (05) Atikah Nian Indrastuti (06) Reza Resita (16) Oleh: Anisa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google