Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LAHAN BEKAS PENAMBANGAN DI HUTAN LINDUNG. Penyebab:  Diloloskannya Perpu nomor 1 Tahun 2004 yang mengizinkan 13 perusahaan untuk yang mengizinkan 13.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LAHAN BEKAS PENAMBANGAN DI HUTAN LINDUNG. Penyebab:  Diloloskannya Perpu nomor 1 Tahun 2004 yang mengizinkan 13 perusahaan untuk yang mengizinkan 13."— Transcript presentasi:

1 LAHAN BEKAS PENAMBANGAN DI HUTAN LINDUNG

2 Penyebab:  Diloloskannya Perpu nomor 1 Tahun 2004 yang mengizinkan 13 perusahaan untuk yang mengizinkan 13 perusahaan untuk melanjutkan penambangan di hutan lindung melanjutkan penambangan di hutan lindung  Keperluan akan sumber energi dari bumi yang cukup besar dan juga keinginan untuk meraup keuntungan yang sebesar- besarnya.

3 13 Perusahaan Pertambangan (Ditetapkan oleh Keppres No 41/2004) Freeport Indonesia Comp Freeport Indonesia Comp Karimun Granit Karimun Granit INCO Tbk INCO Tbk Indomico Indomico Aneka Tambang Tbk Aneka Tambang Tbk Natarang Mining Natarang Mining Nusa Halmahera Minerals Nusa Halmahera Minerals Pelsart Tambang Kencana Pelsart Tambang Kencana Interex Sacra Raya Interex Sacra Raya Weda Bay Nickel Weda Bay Nickel Gag Nikel Gag Nikel Soricknas Mining Soricknas Mining Aneka Tambang TBK Aneka Tambang TBK(Kompas)

4 FAKTA  LUAS kawasan hutan lindung yang dimohon oleh 13 usaha pertambangan itu tercatat hektar (2,76 persen dari luas total hutan lindung nasional,sekitar 33 juta hektar)  Pembersihan pencemaran akibat penambangan membutuhka waktu yang lama dan biaya yang sangat besar.

5 Fungsi hutan yang hilang: Kemampuan menyerap CO2 dan menghasilkan O 2 hilang Kemampuan menyerap CO2 dan menghasilkan O 2 hilang Peningkatan suhu bumi Peningkatan suhu bumi Kemampuan menyimpan air berkurang secara drastis Kemampuan menyimpan air berkurang secara drastis Proses pembentukan seresah tidak terjadi Proses pembentukan seresah tidak terjadi Hilangnya penghasilan warga dari hutan Hilangnya penghasilan warga dari hutan

6 Khusus akibat penambangan bagi tanah: Lubang bekas tambang yang tidak akan bisa dimanfaatkan hingga puluhan tahun Lubang bekas tambang yang tidak akan bisa dimanfaatkan hingga puluhan tahun Limbah tailing Limbah tailing Pencemaran tanah yang menyebabkan tanah menjadi sangat sulit untuk diolah Pencemaran tanah yang menyebabkan tanah menjadi sangat sulit untuk diolah

7 SOLUSI DAN UPAYA PERBAIKAN: Pengetatan pengaturan perizinan maupun pengawasan pelaksanaan kegiatan lapangan oleh Departemen Kehutanan Pengetatan pengaturan perizinan maupun pengawasan pelaksanaan kegiatan lapangan oleh Departemen Kehutanan  Remediasi tanah (offsite and insite)  Bioremediasi (penggunaan bakteri dan jamur)

8 KONDISI IDEAL Pertambangan dilakukan dengan hasil yang baik namun juga efek yang ditimbulkan tidak merusak lingkungan yang ada. Pertambangan dilakukan dengan hasil yang baik namun juga efek yang ditimbulkan tidak merusak lingkungan yang ada.

9 Important thing APAPUN ALASANNYA PENAMBANGAN AKAN SELALU BERAKIBAT NEGATIF PADA LINGKUNGAN. APAPUN ALASANNYA PENAMBANGAN AKAN SELALU BERAKIBAT NEGATIF PADA LINGKUNGAN. Berdasar NRA : DIBANDINGKAN DENGAN BAHAN TAMBANG APAPUN YANG ADA DALAM HUTAN LINDUNG, MAKA NILAI HUTAN PASTI JAUH LEBIH TINGGI. Berdasar NRA : DIBANDINGKAN DENGAN BAHAN TAMBANG APAPUN YANG ADA DALAM HUTAN LINDUNG, MAKA NILAI HUTAN PASTI JAUH LEBIH TINGGI.

10 Thanks 4 ur attention


Download ppt "LAHAN BEKAS PENAMBANGAN DI HUTAN LINDUNG. Penyebab:  Diloloskannya Perpu nomor 1 Tahun 2004 yang mengizinkan 13 perusahaan untuk yang mengizinkan 13."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google