Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISUSUN OLEH : IBNU ARDI(09104241018) WIENDI DWI N (09104241021) TEGUH PANGESTI R(09104241030) EATING DISOERDERS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISUSUN OLEH : IBNU ARDI(09104241018) WIENDI DWI N (09104241021) TEGUH PANGESTI R(09104241030) EATING DISOERDERS."— Transcript presentasi:

1 DISUSUN OLEH : IBNU ARDI( ) WIENDI DWI N ( ) TEGUH PANGESTI R( ) EATING DISOERDERS

2 DEFINISI EATING DISORDERS Menurut Lisal, Johan S, 2008 eating disorders (gangguan makan) adalah suatu sindrom psikiatrik yang ditandai oleh pola makan yang menyimpang terkait dengan karakteristik psikologik yang berhubungan dengan makan, bentuk tubuh, dan berat badan. Eating disorder adalah gangguan pada tingkah laku pola makan individu (http://indocina.org).

3 TIGA BENTUK GANGGUAN MAKAN Anoreksia Nervosa Definisi : Seseorang dengan sengaja melaparkan dirinya untuk menjadi kurus, dan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Gangguan makan yang ditandai oleh penolakan makanan yang mengakibatkan berat badan berkurang sampai ketingkat yang membahayakan.

4 TANDA-TANDA ANOREKSIA NERVOSA: Berat badan turun secara drastis Diet berkelanjutan Ketakutan bertambah berat badan atau menjadi gemuk, bahkan ketika berat badannya dibawah rata rata Gejala yang tidak semestinya pada bentuk/ berat badan dalam eveluasi diri Sibuk menghitung kalori makanan dan nutrisi Lebih memilih makan sendirian Latihan berlebih Makan berlebihan Rambut atau kuku pecah-pecah Depresi periode menstruasi yang tidak stabil pada wanita yang telah puber (www.lekompress.web.id).

5 PENYEBAB DAN GEJALA ANOREKSIA NERVOSA Penyebab Penyebab anoreksia tidak diketahui, tetapi faktor sosial tampaknya memegang peranan penting. Penderita ingin menjadi kurus karena kegemukan dianggap tidak menarik, tidak sehat dan tidak diinginkan. Gejala Banyak penderita wanita yang sangat teliti dan kompulsif, dengan standar yang sangat tinggi untuk berprestasi dan sukses. Indikasi awal dari kecenderungan terjadinya kelainan ini adalah

6 GEJALA LAINNYA YANG KHAS Denyut jantung lambat Tekanan darah rendah Suhu tubuh rendah Pembengkakan jaringan karena penimbunan cairan (edema) Rambut yang tipis dan lembut atau rambut tubuh dan wajah yang berlebihan. Darah menjadi asam (asidosis metabolik) dan kada kalium dalam darah berkurang.

7 CIRI-CIRI PENDERITA PADA GADIS REMAJA Berat badannya telah berkurang minimal sebanyak 15% dari berat badan sebelumnya Takut akan kegemukan (obesitas) Siklus menstruasinya berhenti Menyangkal bahwa dirinya sakit Tampak sehat (http://medicastore.com).http://medicastore.com

8 Bulimia Nervosa Definisi Bulimia nervosa adalah pesta makanan yang diikuti dengan mencuci perut atau sampai muntah (http://www.lekompress.web.id/).http://www.lekompress.web.id/ Bulimia nervosa adalah suatu kelainan binge (makan dalam jumlah banyak) yang diikuti dengan memuntahkannya baik dirangsang oleh penderita maupun dengan obat pencahar, diuretik (peluruh kemih) atau keduanya dan diet yang sangat ketat serta olah raga yang berlebihan untuk mengatasi efek dari binge (www.medicastore.com).www.medicastore.com

9 TANDA-TANDA BULIMIA NERVOSA Makan Banyak berkelanjutan Menguruskan badan dengan diet berlebihan, puasa, latihan berlebihan atau memuntahkan kembali. Memaksakan diri secara berlebihan untuk kurus Secara berkelanjutan masuk ke kamar mandi setelah makan Jari-jari memerah Pipi lembam Selalu mengukur diri dengan bentuk badan dan berat badan Depresi atau emosi tidak stabil Periode menstruasi yang tidak umum Gigi bermasalah, seperti gigi bolong Mulas-mulas.

10 FAKTOR PENYEBAB BULIMIA NERVOSA Masalah keluarga Perilaku maladaptif Pertentangan identitas diri Budaya yang terlalu menitikberatkan kepada penampilan fisik.

11 GEJALA BULIMIA NERVOSA Binge merupakan suatu keadaan dimana ketika kehilangan kendali, penderita mengkonsumsi sejumlah besar makanan dengan cepat. Binge seringkali diikuti dengan muntah, diet yang ketat dan olah raga yang berlebihan. jumlah makanan yang dimakan selama binge, bisa sangat banyak atau biasa saja. Stres emosional seringkali memicu terjadinya binge, yang biasanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

12 GEJALA BULIMIA NERVOSA Bulimia mencerminkan kekhawatiran akan kegemukan (obesitas) dan beberapa penderitanya mengalami obesitas, tetapi berat badan mereka cenderung turun-naik di sekitar berat badan normal. Perangsangan muntah (dengan memasukkan tangan/benda ke dalam tenggorokan) bisa menyebabkan: 1) Pengikisan gigi 2)Pembengkakan kelenjar ludah di pipi (kelenjar parotis) 3)Peradangan kerongkongan.

13 OVEREATING COMPULSIVE Definisi Individu dengan gangguan overeating compulsive juga dikenal dengan sebutan binge-eating disorder merupakan bentuk dari perilaku makan dimana individu seperti kehilangan kontrol terhadap nafsu makan. Tidak seperti gangguan bulimia, individu dengan gangguan overeating ini tidak melakukan kegiatan apapun untuk menguruskan badannya. Akibatnya, kebanyakan individu dengan gangguan ini mengalami berat badan berlebihan (obesitas).

14 GEJALA OVEREATING COMPULSIVE Makan berlebihan dari jumlah waktu makan orang secara normal Makan dalam jumlah porsi yang lebih besar meskipun tidak lapar Makan sampai kekenyangan Lebih menyukai makan sendiri Distres Makan banyak yang tidak diimbangi dengan olahraga

15 Pencegahan dan Penanganan Anoreksia dan Bulimia Nervosa Pencegahan dan penanganan (Lisal, 2006) terdiri atas Pemeriksaaan fisik dan penunjang, Pencegahan, Program penanggulangan, Terapi, Pengobatan

16 TERIMA KASIH


Download ppt "DISUSUN OLEH : IBNU ARDI(09104241018) WIENDI DWI N (09104241021) TEGUH PANGESTI R(09104241030) EATING DISOERDERS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google