Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PRANATA MANAJEMEN PEMBANGUNAN BETA, MINGGU KE 3.2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PRANATA MANAJEMEN PEMBANGUNAN BETA, MINGGU KE 3.2014."— Transcript presentasi:

1

2 PRANATA MANAJEMEN PEMBANGUNAN BETA, MINGGU KE

3 Pendahuluan  Organisasi adalah Suatu sarana untuk mencapai tuju- an baik yang disusun sesuai dengan keperluan dan berpengaruh terhadap penyelenggaraan proyek.  Fungsi organisasi secara umum antara lain : a. Organisasi merupakan sarana, dimana anggota atau peserta bekerja sama untuk mencapai tujuan ber- sama. b. Didalam organisasiterdapat pengaturan tentang bagaimana kerjasama itu dilaksanakan.

4 c. Adanya pembagian pekerjaan untuk mencegah duplikasi dan tumpang tindih kegiatan dalam rangka mencapai tujuan. d. Adanya suatu pembagian wewenang dan tanggung jawab.  Stuktur Organisasi adalah suatu sarana untuk mencapai tujuan yang baik yang disusun sesuai kesesuaian-kesesuaian atau spesialisasi orang yang berpengaruh terhadap penyelenggaraan proyek.

5  Ketika suatu proyek muncul ada dua persoalan muncul antara lain : a. Keputusan harus dibuat tentang bagaimana organisasi proyek melekat pada organisasi induk. b. Berhubungan dengan bagaimana proyek harus diorganisasikan.  Menurut james A.F. Stoner yang mempengaruhi penentuan struktur organisasi antara lain : a. Strategi menentukan besar kecilnya tugas suatu organisasi.

6 b. Teknologi yang di pakai melaksanakan kegiatan dan karakteristik anggota. c. Lingkungan tempat beroperasi.  Macam-macam struktur organisasi dalam pengelolaan proyek antara lain : a. Organisasi fungsional. b. Organisasi koordinator. c. Organisasi gugus tugas/Organisasi proyek murni. d. Organisasi matriks. Setiap macam organisasi tersebut diatas mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing.

7 3.2 Organisasi fungsional  Disini semua kegiatan proyek dilakukan mengikuti jalur fungsional. Salah satu ciri dari organisasi ini adalah tenaga-tenaga yang mempunyai kegiatan yang sama atau serupa dikumpulkan dalam satu bagian atau departemen.  Keuntungan dari struktur fungsional antara lain : a. Adanya fleksibilitas yang tinggi dalam penggunaan staf/karyawan. b. Orang-orang dengan keahlian tertentu bisa ditug- askan dibanyak proyek yang berbeda.

8 c. Orang-orang dengan keahlian yang berbeda dapat dikelompokkan dalam satu group untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman yang sangat berm- anfaat bagi pemecahan teknis. d. Divisi fungsional yang bersangkutan bisa jadi basis bagi kelangsungan teknologi bila para personel keluar dari proyek atau organisasi induk. e. Divisi fungsional mempuyai jalur-jalur karir bagi mereka yang mempunyai keahlian tertentu.

9 G AMBAR O RGANISASI F UNGSIONAL General Manager Vice Precident keuangan Vice Precident Pemasaran Vice Precident Produksi Vice Precident Engineering

10 3.3 Organisasi Koordinasi  Organisasi yang dipimpin oleh seorang koordinator yang berugas sepenuhnya mengurusi proyek dalam arti mengkoordinasi pekerjaan, tenaga dan kegiatan yang lain yang berhubungan dengan proyek.  Koordinator berfungsi sebagai anggota staf dari manager lini dan melaporkan segala perkembangan proyek terhadap maneger lini tetapi dapat pula melapor ke puncak pimpinan perusahaan bila proyeknya dianggap cukup penting bagi perusahaan.

11  Keuntungan organisasi koordinator : a. Koordinator proyek sebagai pusat sumber informasi tentang kemajuan proyek, kesulitan yand dihadapi dan memberikan saran atas perbaikan yang diper- lukan. b. Proyek lebih terfokus oleh koordinator proyek.  Kelemahan organisasi koordinasi : a. Koordinator proyek sulit melaksanakan kepimi- mpinan yang efektif terhadap proyek karena wew- enang terbatas hanya pada menghimbau dan menganjurkan. b. Kehilangan banyak keuntungan yang terkandung dalam konsep managemen proyek.

12 O RGANISASI K OORDINATOR Pimpinan Perusahaan Manager Keuangan Manager Produksi Manager Proyek Manufaktur Pengendalian Mutu Manager Umum Manager tehnik Desain & Engineering Biaya dan Jadwal

13 sekian


Download ppt "PRANATA MANAJEMEN PEMBANGUNAN BETA, MINGGU KE 3.2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google