Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sistem cerdas berbasis web Fitur utama dari sistem cerdas berbasis-web adalah sistem ini menggunakan web sebagai platform untuk memberikan pelayanan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sistem cerdas berbasis web Fitur utama dari sistem cerdas berbasis-web adalah sistem ini menggunakan web sebagai platform untuk memberikan pelayanan."— Transcript presentasi:

1

2 Sistem cerdas berbasis web Fitur utama dari sistem cerdas berbasis-web adalah sistem ini menggunakan web sebagai platform untuk memberikan pelayanan. Inti dari sistem berbasis web adalah meliputi basis pengetahuan dan mekanismes penginterpretasian dan pertimbangan. Sistem cerdas memiliki berbagai tujuan yaitu agen informasi, agen pengawasan, dan agen rekomendasi (recommender).

3 Agen cerdas Agen cerdas adalah program komputer yang membantu pengguna menjalankan tugas komputer rutin. Menurut wooldridge (2002) menyatakan bahwa kecerdasan memiliki fitur berikut : 1) reaktivitas. Agen cerdas mampu merasakan lingkungannya dan merespon perubahan yang muncul. 2) proaktivitas. Agen cerdas mampu menunjukkan perilaku yang mengarah ke tujuan. 3) kemampuan sosial. Agen cerdas mampu berinteraksi dengan agen lain.

4 Tingkat kecerdasan Tingkat 0 (terendah). Agen ini mencari dokumen untuk seorang pengguna dalam perintah yang jelas. Tingkat 1. agen ini menyediakan fasilitas pencarian diinisiasi-pengguna untuk menemukan halaman web yang relevan. Tingkat 2. agen ini mengelolah profil pengguna, kemudian memonitor informasi internet dan memberitahu pengguna. Tingkat 3. agen memiliki komponen pembelajaran dan deduktif.

5 Komponen agen Pemilik (owner). Nama pengguna, nama proses induk atau nama agen master. Pencipta (author). Pemilik, jasa atau nama agen master pengembangan. Rekening (account). Agen cerdas harus memiliki keterkaitan dengan rekening. Tujuan. Diperlukan pernyatan yang jelas tentang penyelesaian tugas agen yang berhasil. Deskripsi persoalan. Merincikan atribut tujuan. Kreasi dan durasi. Diperlukan tanggal permintaan dan respons. Latar belakang. Informasi pendukung Subsistem cerdas.

6 Karakteristik agen cerdas Otonomi atau pemberdayaan agen mampu bertindak sendiri atau diberdayakan dengan cara berorientasi pada tujuan (goal-oriented), kolaboratif, fleksibel dan bergerak sendiri (self- starting).  Komunikasi (interaktivitas). Banyak agen dirancang untuk berinteraksi dengan agen lain, manusia atau program perangkat lunak.  Otomatisasi tugas berulang sebuah agen dirancang untuk menjalankan tugas yang hampir tetap, yang dapat dilakukan lagi dan lagi.

7 Karakteristik agen cerdas Reaktivitas agen merasakan lingkungannya dan menanggapi perubahan yang muncul padanya secara tetat waktu. Proaktivitas (persistensi) agen mampu memperlihatkan perilaku yang mengarah kepada tujuan melalui pengambilan inisiatif. Kontinuitas sementara agen menjalankan proses secara terus-menerus.

8 Karakteristik agen cerdas Personalitas agen dapat dipercaya dan mampu berinteraksi dengan pengguna manusia Beroperasi pada latar belakang:mobilitas agen harus mampu bekerja secara tak terlihat. Mobilitas agen memugkinkan mobilitas untuk bekerja pada mesin2 yang berbeda.

9 Klasifikasi dan tipe agen cerdas Klasifikasi menurut tipe aplikasi 1) agen organisasional dan personal agen organisasional menjalankan tugas atas kepentingan proses bisnis atau aplikasi komputer. Agen personal menjalankan tugas atas kepentingan pengguna perorangan. 2) agen privat dan publik agen privat (personal) hanya bekerja untuk satu pengguna dan diciptakan oleh pengguna tersebut. Agen publik diciptkan oleh seorang desainer untuk digunakan oleh setiap orang yang memiliki akses ke aplikasi, jaringan atau database.

10 Klasifikasi menurut tipe aplikasi (lanjutan) 3) Agen prangkat lunak dan agen cerdas menurut lee, dkk (1997), agen cerdas sesungguhnya (kecerdasan tingkat 3) harus mampu belajar dan menunjukkan kemandirian.  Menurut wooldrige (2002) agen cerdas diklasifikasi berbagai aplikasi beriku :  agen untuk aliran kerja dan proses manajemen bisnis  agen untuk menginderaan terdistribusi  agen untuk pemerolehan kembali dan manajemen  agen untuk electronic commerce  agen untuk interaksi manusia-komputer  agen untuk lingkungan virtual  agen untuk simulasi sosial

11 Klasifikasi menurut karakteristik Menurut IBM (1995), agen dapat diklasifikasikan dalam terminologi ruang yang didefinisikan oleh tiga dimensi :  agensi adalah derajat otonomi dan otoritas yang diberikan pada agen, dan dapat diukur-setidaknya secara kualitatif- berdasarkan sifat interaksi antaragen dengan entitas lain didalam sistem.  Kecerdasan adalah derajat pemikiran/pertimbangan dan perilaku pembelajaran, yaitu kemampuan agen untuk menerima pernyataan tujuan pengguna dan melaksanakan tugas yang diserahkan padanya.

12 Klasifikasi menurut karakteristik (lanjutan)  Mobilitas adalah derajat perjalanan agen itu sendiri melintasi jaringan.  Mobile agent. Dapat berpindah dari situs internet ke lainnya dan dapat mengirim data ke dan menerima dari pengguna sehingga ia dapat memfokuskan diri pada pekerjaan lain pada saat itu.

13 Klasifikasi dan tipe agen cerdas Menurut king (1995), mengklasifikasikan agen ke dalam antarmuka, tutor, asisten penjadwalan, agen pencarian, agen pelaporan, agen presentasi, agen navigasi dan agen pemain peran. Menurut murch dan jonson (1999) mengkasifikasikan berikut : kegunaan personal, manajemen jaringan,akses informasi dan internet, manajemen mobilitas, e-commerce, antarmuka pengguna, perkembangan aplikasi, dan aplikasi kemiliteran.

14 Agen perangkat lunak berbasis- internet Agen (mailbot) agen ini membantu pengguna dalam menangani memonitor apa yang dilakukan pengguna secara rutin pada dan mengingat pasangan situasi-tindakan. Menurut murch dan johnson (1999), agen dapat :  mengontrol yang tidak diinginkan dan tidak diminta  memperingatkan pengguna dengan suara jika yang ditandai datang.  Secara otomatis meneruskan pesan ke tujuan  membedakan yang berhubungan dengan bisnis dari surat pribadi.  Menjalankan tugas administratif biasa.

15 Agen perangkat lunak berbasis- internet Agen yang membantu browsing web beberapa agen dapat memfasilitasi browsing dengan cara menawari pengguna sebuah wisata internet. Agen ini dikenal sebagai panduan wisata,bekerja pada saat pengguna melakukan browsing. Agen FAQ agen ini memandu orang untuk menjawab FAQ. Agen pencarian (pengindeksan) cerdas pencarian dan permintaan informasi web.

16 Agen perangkat lunak berbasis- internet Internet softbot untuk penemuan informasi internet softbot berusaha menentukan apa yang diinginkan pengguna dan memahami isi dari layanan informasi. Manajemen dan pengawasan jaringan. beberapa agen cerdas telah dikembangkan untuk memonitor, mendiagnosis masalah, mengadakan pengamanan, atau mengelola sumber daya internet. Agen e-commerce agen komersial/bisnis.

17 Agen DSS dan multiagen Agen DSS agen diklasifikasikan agen pemecahan masalah. Multiagen sistem multiagen adalah lingkungan berbasis komputer yang mengandung banyak agen perangkat lunak untuk menjalankan tugas tertentu.  dasar teori untuk banyak agen dengan penelitian disebut kecerdasan tiruan terdistribusi (DAI).  DAI adalah ilmu tentang rancangan sistem AI yang terdistribusi tetapi terpusat (Avouris dan Gasser 1992). Dan melibatkan desain sistem terdistribusi banyak agen dengan masalah yang harus dipecahkan.

18 Web semantik Secara tradisional, pengetahuan dalam web direpresentasikan dalam format yang disebut HTML (hiper text markup language). Web sematik adalah web yang menyediakan standar presentasi dan organisasi isi sehingga dapat digunakan bersama secara aman diantara aplikasi perangkat lunak yang berlainan. Dengan konstruksi semantik yang dapat saling dipahami, agen komputer mejadi lebih mudah mengakses, memahami dan membagi pengetahuan dalam web.

19 Web semantik Menurut berbers-lee (2001), web semantik adalah perluasan dari web saat ini, yang didalamnya informasi dinyatakan dalam arti yang jelas, memungkinkan komputer dan orang untuk bekerja sama secara lebih baik.  Xml dan layanan web xml adalah perluasan dari HTML yang merepresentasikan arti dari konsep melalui tag yang ditentukan oleh pengguna. Tag adalah title dan font. Layanan web adalah sebuah teknologi berbasis XML yang telah mendapatkan dukungan dari perusahaan perangkat lunak terkemuka seperti IBM,microsoft dll.

20 Web semantik Keuntungan web sematik mudah dimengerti integrasi sumber daya dengan muda mengemat waktu dan biaya pengembangan memperbaharui isi secara otomatis penggunaan ulang sumber daya dengan muda

21 Web semantik Keterbatasan representasi grafis mungkin terlalu disederhanakan web sematik membutuhkan lebih banyak peranti ontologi mungkin tidak ditentukan dengan tepat agen yang berurusan dengan web semantik dengan kandungan informasi yang tidak konsisten,tidak tepat akan terkontaminasi keamanan dan persoalan terkait dengan berkomunikasi dan berbagi informasi perhatian kunci.

22 Sistem rekomendasi berbasis-web Motivasi utama menggunakan agen rekomendasi adalah personalisasi merupakan tren utama dalam pemasaran dan layanan pelanggan. Sistem rekomendasi adalah sistem cerdas yang dapat mengidentifikasi minat pelanggan dari penggunaan data yang telah ada dan berdasarkan hal tersebut membuat usulan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan serta mencapai tingkat konversi/retensi yang lebih tinggi.

23 sekian dan terima kasih


Download ppt "Sistem cerdas berbasis web Fitur utama dari sistem cerdas berbasis-web adalah sistem ini menggunakan web sebagai platform untuk memberikan pelayanan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google