Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 1 Andre Tika Diana Riko yozi. Fungsi dan Ragam Bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 1 Andre Tika Diana Riko yozi. Fungsi dan Ragam Bahasa."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 1 Andre Tika Diana Riko yozi

2 Fungsi dan Ragam Bahasa

3 Bahasa adalah suatu sistem lambang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh suatu masyarakat tutur untuk bekerjasama, berkomunikasi, dan mengindentifikasi diri

4 HAKIKAT BAHASA a. Bahasa itu sistematik Sistematik artinya beraturan atau berpola b. Bahasa itu manasuka (Arbitrer) Manasuka atau arbiter adalah acak, bisa muncul tanpa alasan C. Bahasa itu vokal Vokal dalam hal ini berarti bunyi

5 D. Bahasa itu simbol Simbol adalah lambang sesuatu, bahasa juga adalah lambang sesuatu. E. Bahasa itu mengacu pada dirinya Sesuatu disebut bahasa jika ia mampu dipakai untuk menganalisis bahasa itu sendiri F. Bahasa itu manusiawi Bahasa itu manusiawi dalam arti bahwa itu adalah kekayaan yang hanya dimiliki umat manusia.

6 G. Bahasa itu komunikasi Fungsi terpenting dan paling terasa dari bahasa adalah bahasa sebagai alat komunikasi dan interakasi H. Bahasa itu Unik Di dunia ini tidak ada bahasa yang mempunyai perangkat pola – pola yang sama, setiap bahasa berbeda.

7 I. Bahasa Itu Berubah Tidak ada yang abadi di dunia ini, termasuk juga bahasa, semuannya berubah. J. Bahasa itu bersifat produktif Maksudnya adalah walaupun unsur – unsur bahasa itu terbatas, tetapi dengan unsur – unsur yang jumlahnya terbatas itu dpat dibuat satuan – satuan bahasa yang jumlahnya tak terbatas, meski secara relattif, sesuai dengan yang berlaku pada basa itu.

8 K. Bahasa itu bervariasi Anggota suatu masyrakat beraneka ragam, ada yang berpendidikan ada yang juga yang tidak, ada yang berpropesi sebagai dokter, petani,nelayan, dan sebagainya.

9 FUNGSI BAHASA Fungsi Bahasa Indonesia secara umum : Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi- fungsi secara umum diantaranya adalah : a.Sebagai bahasa Negara dan pemersatu bangsa b.Bahasa sebagai Alat Ekspresi Diri c.Bahasa sebagai Alat Komunikasi

10 D. Bahasa sebagai Alat Integrasi dan Adaptasi Sosial E. Bahasa sebagai Alat Kontrol Sosial F. Sebagai alat mengembangkan ilmu dan teknologi G. Bahasa sebagai sarana berfikir logis H. Bahasa membangun kecerdasan I.Bahasa mengembangkan kecerdasan ganda J. Bahasa membangun karakter K. Bahasa Mengembangkan profesi L. Bahasa sarana menciptakan kreatifitas baru

11 Fungsi Bahasa Indonesia secara khusus: Sebagai bahasa kebangsaan (nasional), sesuatu bahasa itu berfungsi sebagai : 1. lambang kebanggaan nasional yang mencerminkan nilai social budaya masyarakatnya. 2. lambang jati diri nasional yang mengekang kemasukan unsur asing kecuali yang dianggap perlu berasaskan tatacara tertentu. 3. alat pemersatu masyarakat yang berbeda latar budaya dengan berbagai kepentingan. 4. alat perhubungan antara daerah dan antara budaya yang saling merentasi.

12 Sebagai bahasa negara Bahasa Negara adalah bahasa yang digunakan dalam administrasi Negara baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa Negara mempunyai empat fungsi, yaitu: 1. bahasa resmi kenegaraan 2. bahasa pengantar resmi di sekolah dan universitas 3. bahas resmi tingkat nasional dalam kepentingan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Indonesia 4. bahasa resmi kebudayaan dalam pengembangan kebudayaan, ilmu, teknologi dan komunikasi di Indonesia.

13 RAGAM BAHASA Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang pemakaiannya berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, lawan bicara, dan orang yang dibicarakan, serta menurut media pembicaraan.

14 Macam-macam ragam bahasa : Ragam baku adalah ragam bahasa yang oleh penuturnya dipandang sebagai ragam yang baik. Ragam cakapan (ragam akrab) adalah ragam bahasa yang dipakai apabila pembicara menganggap kawan bicara sebagai sesama, lebih muda, lebih rendah statusnya atau apabila topik pembicara bersifat tidak resmi. Ragam hormat adalah ragam bahasa yang dipakai apabila lawan bicara orang yang dihormati, misalnya orang tua dan atasan. Ragam kasar adalah ragam bahasa yang digunakan dalam pemakaian tidak resmi di kalangan orang yang saling mengenal. Ragam lisan adalah ragam bahasa yang diungkapkan melalui media lisan, terkait oleh ruang dan waktu sehingga situasi pengungkapan dapat membantu pemahaman. Ragam resmi adalah ragam bahasa yang dipakai dalam suasana resmi. Ragam tulis adalah ragam bahasa yang digunakan melalui media tulis, tidak terkait ruang dan waktu sehingga diperlukan kelengkapan struktur sampai pada sasaran secara visual.

15 Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik, dsb. Ragam bahasa perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden Soeharto, gaya bahasa Benyamin s, dan lain sebagainya. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah atau dialek seperti dialek bahasa Madura, Medan, Sunda, Bali, Jawa, dan lain sebagainya. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial seperti ragam bahasa orang akademisi beda dengan ragam bahasa orang-orang jalanan.

16 Macam-macam ragam bahasa yang disebutkan dapat dibedakan lagi menjadi sebagai berikut : Berdasarkan pokok pembicaraan : Ragam bahasa undang-undang Ragam bahasa jurnalistik Ragam bahasa ilmiah Ragam bahasa sastra Berdasarkan media pembicaraan : Ragam bahasa lisan ragam bahasa yang diungkapkan melalui media lisan, terkait oleh ruang dan waktu sehingga situasi pengungkapan dapat membantu pemahaman.

17 Ragam bahasa tulis Bahasa yang dihasilkan dengan memanfaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya. Ragam Bahasa Berdasarkan Penutur Ragam Bahasa Berdasarkan Daerah (logat/dialek) Ragam Bahasa berdasarkan Pendidikan Penutur Ragam bahasa berdasarkan sikap penutur Ragam Bahasa menurut Pokok Pesoalan atau Bidang Pemakaian


Download ppt "KELOMPOK 1 Andre Tika Diana Riko yozi. Fungsi dan Ragam Bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google