Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSAMAAN ENERGI UMUM Persamaan Bernoulli : tinggi [Energi/berat] tekanan [Energi/Volume]

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSAMAAN ENERGI UMUM Persamaan Bernoulli : tinggi [Energi/berat] tekanan [Energi/Volume]"— Transcript presentasi:

1 PERSAMAAN ENERGI UMUM Persamaan Bernoulli : tinggi [Energi/berat] tekanan [Energi/Volume]

2 Persamaan Bernoulli hanya berlaku bila : Fluida inkompresibel (tidak dapat dimampatkan) Tidak ada energi hilang akibat gesekan pada pipa Tidak ada energi hilang akibat sambungan pipa dan katup Tidak ada penambahan energi yang diberikan oleh pompa Tidak ada pengurangan energi yang diambil oleh motor fluida Tidak ada panas yang keluar dari atau masuk ke fluida

3 Persaman Energi Umum Persamaan Bernoulli yang diperluas hAhA =Energi yang berikan ke fluida oleh pompa hRhR =Energi yang diambil dari fluida oleh motor fluida (turbin, aktuator dll) hLhL =Energi-energi yang hilang akibat gesekan pada pipa atau akibat turbulensi pada katup (valves) dan sambungan pipa (fittings)

4 Ilustrasi persamaan energi umum pada sistem aliran fluida

5 Contoh Soal No. 1 Air mengalir dari sebuah reservoir ke sistem fluida seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Bila air keluar dari sistem pipa dengan debit keluaran sebesar 1,20 ft 3 /s hitung energi total (head loss) yang hilang akibat katup (valve), belokan (elbow), pipa masuk (pipe entrance) dan gesekan pada pipa. p 1 = p o p 2 = p o z 1 = = 25 ft

6 Menentukan luas penampang pipa :

7 Konversi satuan :

8 Data yang diketahui ; Menghitung velocity head :

9 Contoh Soal No. 2 Cairan dengan berat jenis (specific gravity) 0,86 masuk ke pompa dengan debit sebesar 0,014 m 3 /s. Bila kehilangan energi (head loss) akibat gesekan dan katup adalah 1.86 m, hitung daya yang harus diberikan oleh pompa.

10 Data yang diketahui : Daya pompa :

11

12 Menghitung pressure head : Menghitung velocity head :

13 Menghitung daya pompa :

14 Soal Latihan No. 3 Sistem pada gambar di bawah ini digunakan untuk menentukan efisiensi pompa. Bila daya input yang diukur adalah 3,85 hp waktu memompa minyak (56 lb/ft 3 ) dengan debit 500 gal/min. Tentukan efisiensi pompa.

15 Jawab :

16

17 Konversi satuan :

18 Menghitung pressure head :

19 Menghitung velocity head : Menghitung efisiensi pompa :

20 Contoh Soal No. 4 Air mengalir dengan debit 114 L/min melalui motor fluida seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Tekanan pada titik A adalah 700 kPa dan tekanan pada titik B adalah 125 Pa. Head loss akibat kehilangan energi yang terjadi diperkirakan sebesar 4 m. Bila efisiensi motor fluida adalah 85 % hitung daya outputnya. Jawab :

21 Menentukan luas penampang pipa : Menghitung velocity head :

22 Menghitung pressure head : Menghitung output motor fluida :


Download ppt "PERSAMAAN ENERGI UMUM Persamaan Bernoulli : tinggi [Energi/berat] tekanan [Energi/Volume]"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google