Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIWININGRUM, 3401405031 Peran Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi dalam Melaksanakan Pendidikan Politik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIWININGRUM, 3401405031 Peran Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi dalam Melaksanakan Pendidikan Politik."— Transcript presentasi:

1 SIWININGRUM, Peran Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi dalam Melaksanakan Pendidikan Politik

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SIWININGRUM - NIM : PRODI : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - JURUSAN : Hukum dan Kewarganegaraan - FAKULTAS : Ilmu Sosial - siwi_ningrum pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Eko Handoyo,M.Si - PEMBIMBING 2 : Puji Lestari, S.Pd.,M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Peran Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi dalam Melaksanakan Pendidikan Politik

4 Abstrak Peran partai politik sebagai salah satu instrumen yang berperan penting guna memberikan penyadaran kepada masyarakat mengenai persoalan-persoalan bangsa, guna menumbuhkan kesadaran politik bagi warga negara, sehingga sadar dan mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi politik secara aktif dengan segala bentuk partisipasinya yang memungkinkan dan mengantarkan kepada perubahan menuju kearah yang lebih baik. Salah satu usaha pembentukan sikap akan kesadaran berbangsa dan bernegara adalah pelaksanaan pendidikan politik yang dilakukan oleh partai politik kepada masyarakat luas. Pokok permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah program apakah yang digunakan DPD PKS Kabupaten Bekasi dalam melaksanakan pendidikan politik ?, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat DPD PKS Kabupaten Bekasi dalam melaksanakan pendidikan politik ?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui strategi dan metode yang digunakan DPD PKS Kabupaten Bekasi dalam melaksanakan pendidikan politik, Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat DPD PKS Kabupaten Bekasi dalam melaksanakan pendidikn politik. Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan pemikiran dan pengetahuan, bagi partai politik semakin meningkatkan kemampuan dalam melakukan pendidikan politik bagi pengurus, anggota maupun bagi masyarakat luas dapat dioptimalkan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Dalam penelitian ini teknik triangulasi yang digunakan yaitu pemeriksaan melalui sumber lain. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, DPD PKS Kabupaten Bekasi telah melaksanakan pendidikan politik bagi generasi muda, melalui sosialisasi, dialog visitasi (kunjungan), spanduk, pamplet, diskusi, seminar, media massa, kontak politik langsung dan pengajian. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa PKS merupakan partai yang tidak sepenuhnya diklasifikasikan sebagai partai massa, deklarasi PKS yang mengatasnamakan partai kader dan partai dakwah menunjukkan gabungan antara orientasi kaderisasi dan massa dalam dakwah kader diwajibkan menyebarluaskan kepada masyarakat. Sehingga lebih tepat dalam hasil penelitian ini PSK diklasifkasikan partai berstandar ganda. Berdasarkan hasil peneliian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan politik yang dilakukan oleh PKS berciri dan bersifat keagamaan, dan disarankan bagi PKS harus lebih terbuka untuk menarik simpati masyarakat, materi pendidikan politik sebaiknya tidak hanya memuat isu-isu kepartaian, tetapi juga isu-isu kebangsaan dan kemasyarakatan, PKS harus terus mengembangkan nasionalisme dan menanamkan wawasan kepada kader-kadernya serta melatih mereka untuk memiliki kemampuan bergaul secara spontan dengan seluruh elemen bangsa.

5 Kata Kunci Peran, Partai Politik, Pendidikan Politik

6 Referensi Alfian Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia. Jakarta: PT Gramedia. Arifin, Anwar Pencitraan Dalam politik. Jakarta: Pustaka Indonesia. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Budiardjo, Miriam Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia. Departemen Kaderisasi DPP PK Sejahtera Manajemen Tarbiyah Anggota Pemula. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media. _________ Profil Kader Partai Keadilan Sejahtera Bandung: Harakatuna Publishing. Fadjar, Mukthie Partai Politik dalam Perkembangan Sistem Ketatanegaraan Indonesia. Malang: In- TRANS Publishing. Handoyo, Eko Sosiologi Politik. Semarang: UNNES PRESS. Haryanto Sistem Politik Suatu Pengantar. Yogyakarta: PT. Liberty. Kantaprawira, Rusadi Sistem Politik Indonesia. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Kamaruddin Partai Politik Islam di Pentas Reformasi Refreksi Pemilu 1999 Untuk Pemilu Jakarta: Versi Publishing. Kompas Partai-Partai Politik Indonesia Ideologi dan Program Jakarta: Penerbit Buku Kompas. Kartono, Kartini Pendidikan Politik Sebagai Bagian dari Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Mandar Maju. Majelis Pertimbangan Pusat PKS Memperjuangkan Masyarakat Madani. Jakarta: Majelis Pertimbangan Pusat. Majelis Syura PKS AD dan ART Partai Keadilan Sejahtera. Jakarta: Nuansa FINZA Utama. Moleong, Lexy Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rasdakarya. _________ Penelitian Kualitatif. Jakarta: Depdikbud. Onghokham Analisa Kekuatan Politik di Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES. Prihatmoko, Joko Pemilu 2004 dan Konsolidasi Demokrasi. Semarang: LP21 Press. Rachman, Maman Konsep dan Analisa Statistik. Semarang: Depdikbud IKIP Semarang Press. Sandikota Pertarungan untuk Sebuah Tahta Presiden dan Agenda Reformasi. Jakarta: Sandikota. Sanit, Arbi Partai Pemilu dan Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset. Sumarno Pendapat Umum Dalam Sistem Politik. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Syarbaini, Syahril Sosiologi dan Politik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

7 Terima Kasih


Download ppt "SIWININGRUM, 3401405031 Peran Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bekasi dalam Melaksanakan Pendidikan Politik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google