Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran"— Transcript presentasi:

1 Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran
KOMPETENSI TEORI PRAKTEK PENGERTIAN MANFAAT KEKUATAN BLOG KATEGORI BLOG PENYEDIA BLOG MEMBUAT LANGKAH2 MEMBUAT BLOG LOGIN DI WORDPRESS MENGISI ARTIKEL MENDISAIN TAMPILAN EXIT

2 kompetensi Peserta memahami manfaat Blog
Peserta mampu membuat dan mengelola blog untuk menunjang proses pembelajarannya dan menunjang kebutuhan organisasi

3 PENGERTIAN BLOG Adalah catatan pribadi sesorang di internet. berisi informasi yang sering di update dan kronologis. Blog lebih identik dengan sebuah diary atau buku harian online yang diisi secara terus‐menerus secara priodik. Perbedaan mendasar adalah bahwa blog bisa dibaca siapa saja. Banyak blog yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, web design, olah raga dll. Kebanyakan blog itu lebih seperti jurnal pribadi yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari‐hari seseorang bloger dan pemikirannya.

4 Manfaat blog Bagi guru weblog berguna sebagai media ajar maupun media belajar. Sebagi media ajar seorang guru dapat ”mempostingkan” bahan ajarnya sehingga siswanya dapat mempelajarinya melalui weblog ini. Bahkan lebih dari itu, tidak hanya siswanya secara formal saja yang dapat menikmati bahan ajar itu melainkan semua orang yang membutuhkannya. Sebagai media belajar weblog dapat digunakan untuk mempostingkan atau mengarsip apa‐apa yang didapat setelah berselancar di internet. Bagi siswa web blog dapat digunakan sebagai media belajar karena materi ajar yang akan diberikan di sekolah ditampilkan sebagi layout halaman web. Hal ini sebagi suatu solusi sistem pengajaran di luar kelas sekaligus mengenalkan anak dalam dunia teknologi dan informasi khususnya “dunia internet”. Sebagi media mengajar atau lebih tepatnya media saling berbagi bagi siswa khususnya siswa SMP ke atas hinggga tingkat mahasiswa.

5 Kekuatan blog dalam pendidikan
Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya Relatif lebih hemat biaya Menembus ruang dan waktu Bebas aturan alias suka‐suka yang menulis (yang ada hanya etika atau aturan tidak tertulis) Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat Pengembangan proses pembelajaran yang bervariatif Bisa mengembangkan jaringan lebih luas antar guru di negara lain.

6 Kategori Blog Personal Blogger : Orang yang hanya menulis catatan hariannya di blog. Business Blogger : Orang yang menggunakan blog untuk mempromosikan produknya. Organizational Blogger : Orang yang menggunakan blog untuk keperluan komunitasnya. Professional Blogger adalah Orang yang dibayar untuk melakukan aktifitas blognya.

7 Penyedia Layanan Blog Gratis
blogsome.com

8 Isi Blog Catatan harian atau apa saja yang ingin ditulis pemilik blog.
Ide-ide, opini, dan pandangan . Berita terkini dan ulasannya menurut pendapat kita. Tips   dan   trik   misalnya   seputar   olahraga,   keluarga,   masak-memasak,   komputer, otomotif, resep masakan, elektronika, atau yang lain. Artikel agama, hukum, seni musik, lirik lagu, dan lain-lain. Pelajaran sekolah, kuliah, dan kursus. Pengalaman pribadi yang berguna jika dibaca orang lain. Ulasan hobi Komik, humor, karikatur, gambar-gambar 

9 LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT BLOG DI WORDPRESS
Mendaftar Mengisi Content Mendesign Tampilan

10 Langkah Mendaftar Blog
Buka http://wordpress.com Klik pada tulisan Sign Up Now Isikan  data  Anda pada form pendaftaran.  

11 Data-data Yang Harus Diisi
Username: Minimal 4 karakter, dapat terdiri dari huruf dan angka. Nama pengguna ini nantinya dapat menjadi nama situs Anda. Password: diisi dengan password Anda. Confirm: Diisi dengan password anda sekali lagi E‐mail Adrress: Masukkan alamat Anda yang masih aktif karena aktivasi wordpress Anda akan dikirimkan ke alamat ini. Legal flotsam: berikan tanda cek pada pilihan I have read …. Selanjutnya pilih Gimme a Blog! (Like username.wordpress.com) dan tekan tombol next

12 Aktivasi pendaftaran melalui email
Jika   username   tersedia, selanjutnya isikan : Blog Domain: Nama Blog. Blog Title: tuliskan judul Blog Anda  Language: pilih bahasa Privacy: beri tanda cek pada pilihan I would like …… Signup Aktivasi pendaftaran melalui  Selamat, Anda sudah mendaftar blog di Wordpress.com, selanjutnya Anda dapat melihat blog Anda di

13 Login di Wordpress.com Buka masukkan username dan password Anda kemudian klik login atau enter. Anda dapat mulai masuk ke Dashboard (dasbor) dengan cara mengklik nama blog Anda yang terlihat pada kiri halaman atau menu atas halaman

14 Menu dan Sub Menu Dashboard, adalah pusat control panel blog, berisi sub menu: Blog Stats, berisi statistik blog, misalnya jumlah pengunjung blog. Blog Surfer, untuk melihat isi blog lain dari dalam control panel Anda. My Comments, berisi komentar-komentar yang pernah kita tulis, baik di blog sendiri atau blog lain. Tag Surfer, menjelajah blog lain dengan kata kunci. Readomattic, menampilkan blog yang terdaftar pada blog surfer dan tag surfer.

15 Post, adalah menu untuk membuat dan mengedit tulisan atau artikel:
Edit, untuk mengedit tulisan yang sudah ada. Add New, untuk membuat tulisan baru Tags, untuk mengedit kata kunci. Categories, untuk mengedit ketegori.

16 Media, adalah tempat menyimpan file JPG, JPEG, PNG, GIF, PDF, DOC, PPT, dan ODT.
Library, berisi daftar file-file. Add New, untuk meng-upload file dari komputer atau Internet ke blog.

17 Links, pada blog Anda dapat ditambahi link atau yang disebut blogroll.
Edit, untuk mengedit link yang sudah ada. Add New, untuk menambah link. Link Categories, untuk mengedit kategori link.

18 Pages, adalah menu untuk membuat dan mengedit halaman statis
Edit, untuk mengedit Page yang sudah ada. Add New, untuk menambah page baru. Comments, untuk mengedit komentar dalam blog. Pools, untuk membuat dan mengedit pool dalam blog. Pool adalah jajak pendapat untuk pengunjung blog.

19 Appearance, adalah menu yang digunakan untuk mengganti tampilan blog.
Themes, untuk mengganti tema blog. Widgets, untuk mengganti hiasan blog. Extras, mengganti setting tambahan tampilan blog. Custom Image Header, jika themes blog mendukung, kita bisa mengganti gambar header Edit CSS, Anda bisa mengedit tampilan dengan kode- kode (untuk versi yang bayar).

20 Users, menu untuk setting identitas penulis atau pemilik blog.
Author & Users, untuk setting penulis blog yang bisa lebih dari satu. Your Profile, untuk mengganti profil. Invites, untuk mengajak teman menggunakan Wordpress.com (via ).

21 Tools, fasilitas tambahan blog, diantaranya adalah fasilitas install turbo agar komputer Anda lebih cepat saat membuka blog di Wordpress.com Import, untuk memasukkan isi blog lain yang sudah Anda simpan (Export) ke blog. Export, untuk menyimpan blog , sehingga dapat di-import ke blog lain.

22 Settings, adalah menu pengaturan blog Anda.
General, setting umum seperti judul blog Anda. Writing, setting yang berhubungan dengan tulisan Anda. Reading, setting yang efeknya ada pada pembaca blog Anda. Discussion, setting komentar blog Anda. Media, setting media dalam blog Anda. Privacy, setting agar blog Anda masuk ke dalam search engine atau tidak. Delete Blog, untuk menghapus blog Anda. Open ID, untuk menggunakan satu ID yang bisa digunakan pada banyak layanan. Domains, untuk membuat blog dengan domain tersendiri. Misalnya: (gratis). Upgrades, untuk meng-upgrade versi blog dari yang semula gratis menjadi berbayar.

23 Menulis Artikel di Blog
Buka menu Posts -> Add New atau New Post yang ada pada bagian atas Dashboard. Tulis judul artikel. Mulailah menulis pada halaman editor. Gunakan toolbar yang ada sesuai dengan kebutuhan Masukkan kata kunci (TAGS) Masukkan kategori (CATEGORIES) Jika sudah selesai menulis, klik tombol PUBLISH.

24 Menambah Gambar Pada halaman editor, klik tombol Add an Image
Klik di tombol Select Files. Jika di layar tidak terlihat tombol Select Files, klik di Browser Uploader. Pilih file di komputer Anda, tunggulah beberapa saat Atur perataan dan ukuran gambar

25 Membuat Read More Di dalam menulis artikel bila ada tulisan yang panjang sebaiknya dipotong sebab di dalam halaman web ada batasannya. Bila terlalu panjang akan merusak tampilan blog. Untuk melakukan hal ini, arahkan kursor tepat dimana artikel ini akan dipotong lalu klik split post with more tag (alt+shift+t). Kemudian klik simpan dan terus sunting lalu klik lihat situs.

26 Melampirkan File Pada halaman editor, klik tombol Add Media
Klik tombol Select Files. Pilih File yang dilampirkan Klik Open

27 Membuat Blog Mudah Dikomentari
Buka menu Setting -> Discussion, hilangkan cek pada pilihan “Comment author must have previously approved comment” dan hilangkan cek pada “An administrator must always approve the comment”.

28 Mengganti Theme (Tema)
Buka menu Apperance -> Themes, pilihlah salah satu themes (tema/tampilan) yang diingikan

29 Menambah Page (Halaman Statis)
Halaman yang isinya tidak berubah-ubah disebut page atau halaman statis. Halaman ini misalnya berisi contact atau identitas. Cara membuat Page baru adalah dengan mengklik menu Pages -> Add New. Cara menulis Page sama dengan cara menulis Post atau artikel.

30 Menambah Widget Untuk mengatur widget, buka menu Appearance -> Widgets Pilih widget yang anda inginkan, sebagai contoh pilihlah widget calendar

31 Mengatur Blogroll atau Widget Links
Cara menambah link adalah melalui menu Links -> Add New. Masukkan alamat blog atau web site yang link-nya mau dipasang pada blog, misal (jangan lupa Masukkan judul link, misalnya Tutorial Gratis Klik tombol Add Link.

32 Mengganti gambar header
Gambar header akan muncul pada bagian atas di setiap halaman blog. Untuk men-upload gambar header, buka menu Appearance -> Header. Kita dapat memasang gambar JPG, PNG, atau GIF (Animasi juga bisa). Klik pada tombol Browse, pilih file di komputer Anda, kemudian klik tombol Upload.

33 TERIMA KASIH


Download ppt "Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google