Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1Robinhot Gultom, SE, M.Si KEADILAN DALAM BISNIS Hakekat Keadilan = Keadilan selalu tertuju pada orang lain, harus ditegakkan dan keadilan menuntut persamaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1Robinhot Gultom, SE, M.Si KEADILAN DALAM BISNIS Hakekat Keadilan = Keadilan selalu tertuju pada orang lain, harus ditegakkan dan keadilan menuntut persamaan."— Transcript presentasi:

1 1Robinhot Gultom, SE, M.Si KEADILAN DALAM BISNIS Hakekat Keadilan = Keadilan selalu tertuju pada orang lain, harus ditegakkan dan keadilan menuntut persamaan. Kenapa harus berbuat adil ? AB

2 Robinhot Gultom, SE, M.Si2 Pembagian Keadilan 1. Klasik - Keadilan Umum (Misalnya Pajak) - Keadilan Distributif (Kembalikan ke Masy.) - Keadilan Komutatif (berikan yang haknya) 2. Modern - Keadilan Retributif (Adil pada yang bersalah) - Keadilan Kompensatoris

3 Robinhot Gultom, SE, M.Si3 Keadilan Distributif tercapai jika diberikan : 1.Kepada setiap orang bagian yang sama. 2.Kepada setiap orang sesuai dengan kebutuhan individualnya. 3.Kepada setiap orang sesuai dengan haknya. 4.Kepada setiap orang sesuai dengan kontribusinya kepada masyarakat. 5.Kepada setiap orang sesuai dengan jasanya.

4 Robinhot Gultom, SE, M.Si4 Apakah Kebijakan Ini Pantas ? 1.Manipulatif 2.Etika bukan merupakan kewajiban 3.Non Pluralistik

5 Robinhot Gultom, SE, M.Si5 Hubungan Bisnis Dengan Pemerintah : 1.Regulator (Fungsi Pengaturan, meningkatkan kesejahteraan rakyat, melayani masyarakat). 2.Pembeli 3.Promotor 4.Pemberi Subsidi 5.Penguasa 6.Penanggungjawab kesejahteraan 7.Sebagai pendanaan bisnis

6 Robinhot Gultom, SE, M.Si6 Monopoli dan Kebijaksanaan Pemerintah Monopoli ? Oligopoli Suap ? Bagaimana hal tersebut seiring dengan kebijakan Pemerintah ?

7 Robinhot Gultom, SE, M.Si7 Kasus Pada suatu pasar terdapat 5 (lima) produsen yang menghasilkan semen ukuran 50 Kg /sak dengan merek yang berbeda-beda. Kelima produsen tersebut melakukan kesepakatan untuk menetapkan harga jual dan kuota produksi untuk masing-masing produsen. Dengan adanya kesepakatan tersebut, maka konsumen tidak mempunyai daya tawar yang tinggi. Pertanyaan : Apakah tindakan ke – 5 Produsen tersebut dapat dikatakan tindakan yang tidak etis ? Beri alasan.


Download ppt "1Robinhot Gultom, SE, M.Si KEADILAN DALAM BISNIS Hakekat Keadilan = Keadilan selalu tertuju pada orang lain, harus ditegakkan dan keadilan menuntut persamaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google