Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Inspirasi, Gerakan Jiwa Paling Dalam Ketika seseorang bertanya pada saya, “Bagaimana kita bisa melakukan apa yang Anda terangkan dalam pelatihan ini, bagaimana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Inspirasi, Gerakan Jiwa Paling Dalam Ketika seseorang bertanya pada saya, “Bagaimana kita bisa melakukan apa yang Anda terangkan dalam pelatihan ini, bagaimana."— Transcript presentasi:

1 Inspirasi, Gerakan Jiwa Paling Dalam Ketika seseorang bertanya pada saya, “Bagaimana kita bisa melakukan apa yang Anda terangkan dalam pelatihan ini, bagaimana kita bisa berbuat hal yang begitu fantastis, tidak realistis?”. Pertanyaan-pertanyaan di atas, sering saya dengar dalam kelas-kelas pelatihan motivasi yang diadakan beberapa perusahaan. Apakah betul memotivasi orang, bisa hanya sekadar menjabarkan trik-trik atau langkah-langkah untuk seseorang mampu berbuat di luar rasionya di mana otak logikanya “terpaksa” harus ditidurkan sebentar. Maka sambil bergurau, saya menjawab: “Jika Anda kesulitan melakukan apa yang luar biasa yang sampai Anda tidak percaya Anda bisa melakukannya. Cobalah Anda ingat, kelakuan ketika sedang jatuh cinta!”. Mari bersama kita menelaah kisah ini, seorang ibu berusia lebih dari 80 tahun, sebagai seorang jompo yang sudah ditinggal suaminya, dia sangat kesepian, dan hidup dengan bantuan kursi roda. Sang ibu mempunyai putri kesayangan bernama Betsie yang cacat mental sejak lahir, selain itu Betsie juga menderita epilepsi yang sering kambuh. Dengan segala fasilitas yang bagus dari sebuah negara maju yang kaya, ternyata tidak mampu menenangkan hati sang ibu untuk meninggalkan putri kesayangannya seorang diri jika dirinya sudah tiada. Maka ketika Betsie berulang tahun ke-51 tahun dan epilepsinya kambuh, sang ibu yang penuh cinta sayang, terinspirasi untuk mengakhiri penderitaannya, dia akhiri dengan mendekapkan bantal ke wajah putri kesayangannya itu sampai menghembuskan napas terakhirnya. Sebuah kisah nyata yang memilukan!. Ternyata cinta, mampu membuat seseorang bergerak di luar rasio, berbuat di luar logika!. Maka tidaklah heran, seseorang yang sedang “demam” cinta, seseorang yang sedang jatuh cinta bisa berbuat apa saja untuk mengekspresikan cintanya. Inspirasi dan motivasi

2 Jika kita duduk sebagai hakim, vonis apakah yang bisa kita jatuhkan kepada si nenek yang membunuh putri kesayangannya. Sebab ini kisah yang mengandung unsur inspirasi, tetapi diekspresikan negatif dan berujung malapetaka bagi orang yang dicintai. Sering orang merancukan kata inspirasi dan motivasi. Kata motivasi dan inspirasi biasanya dicampur aduk. Maka James Salam dalam bukunya yang berjudul “Intuisi, Tanda Panah Menuju Kesuksesan Berbisnis” mengajak kita melihat perbandingan arti yang dalam antara perbuatan yang berunsur insprirasi dengan yang berunsur motivasi. Kata inspirasi berasal dari kata latin spirare yang artinya bernapas, naluri batin dalam arti “naluri” dari alam atau dari Yang Maha Kuasa. Inspirasi itu momen di mana kontak dengan spiritual di dalam diri kita. Itu, dasar dari kreatifitas kehidupan, kegairahan dan kegembiraan/kesedihan yang bisa membuat ombak energi mengalir dari hati dan menggerakkan seseorang untuk berbuat. Arti gerakan yang terjadi adalah gerakan dari batin. Maka kesimpulannya inspirasi terjadi keluar dari batin. Inspirasi lebih kuat kaitannya dengan perasaan “cinta” jika kita mempunyai inspirasi minimal untuk kita sendiri, maka kita mulai mengenalkan sekaligus menerapkan cinta pada diri kita sendiri, dan kepada orang lain. Ilustrasi cerita Betsie dan ibunya di atas adalah gerakan jiwa dari sebuah inspirasi dan sekarang mari kita bandingkan dengan cerita ilustrasi di bawah ini yang berunsur motivasi. Motivasi, adalah relasi dari antara kepribadian, jika kita katakan mempunyai motivasi untuk berbuat, untuk melakukan suatu langkah, dimana hal ini sebenarnya yang terjadi dengan kita adalah rasa takut untuk melangkah, untuk berbuat maka motivasi diperlukan untuk bisa menguatkan langkah dan perbuatan kita. Motivasi bisa dikatakan berasal dari ketakutan. Contoh seorang manager memotivasi anak buahnya, “Saya memberikan tambahan bonus, jika kamu bisa merubah dirimu untuk lebih berprestasi”. Dengan jelas kita melihat motivasi yang diberikan mengharapkan imbalan prestasi sang anak buah, di mana hal ini tentu saja juga memberi keuntungan untuk sang manager. Ketakutan yang mendasari motivasi yang diberikan adalah, turunnya prestasi anak buah yang tentu mempengaruhi prestasi sang pemberi motivasi. Ini jenis motivasi antar pribadi.

3 Contoh lain cerita yang berunsur inspirasi, seorang atasan memberi inspirasi pada anak buahnya: “Tony, mulai bulan depan, kamu saya daftarkan untuk kursus bahasa Prancis, sebab perlu untuk kamu”. Dari contoh ini kita melihat sang atasan memberikan inspirasinya untuk Tony, supaya bisa lebih maju dalam berprestasi, yaitu dengan menambah kemampuannya berbahasa Prancis. Dalam hal ini sang atasan tidak mengharapkan imbalan dari kemampuan Tony berbahasa Perancis, tapi dia memberi inspirasi untuk lebih sukses, maka Tony perlu tambahan kemampuan dalam bahasa perancis itu. Motivasi itu dari ketakutan. Motivasi mengurus tingkah dari kekurangan dan untuk diri sendiri. Saya mau memberikan kamu upah kalau kamu merubah diri supaya tujuan saya bisa tercapai dan kebutuhan saya tercapai. Sedangkan inspirasi berkaitan dengan kepenuhan, cinta tanpa syarat. Contoh perbuatan lain yang berunsur inspirasi dalam relasi suami istri, kita bisa mendengar suara seorang suami berkata: “Jeany, saya cinta kamu dan mau urus kamu tanpa syarat, serta menolongmu untuk berkembang”. Siapa bermotivasi, pertama urus diri sendiri dan siapa berinspirasi urus orang lain dulu. Motivasi datang dari ketakutan. Inspirasi dari cinta. Jadi hampir bertolak belakang. Inspirasi itu dasar kalau mau menolong orang lain dan menciptakan masyarakat yang baik. Inspirasi relasi yang mengurus dimana dunia jadi lebih baik. Maka kesimpulannya, motivasi itu relasi dari antara kepribadian sedangkan inspirasi relasi antara jiwa. Tepatnya inspirasi adalah gerakan jiwa yang paling dalam.


Download ppt "Inspirasi, Gerakan Jiwa Paling Dalam Ketika seseorang bertanya pada saya, “Bagaimana kita bisa melakukan apa yang Anda terangkan dalam pelatihan ini, bagaimana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google