Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEWAWANCARAI CALON. Jenis Wawancara Tidak terstruktur: jenis wawancara dengan gaya konvensional tidak terstruktur, pewawancara menanyakan hal yang menarik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEWAWANCARAI CALON. Jenis Wawancara Tidak terstruktur: jenis wawancara dengan gaya konvensional tidak terstruktur, pewawancara menanyakan hal yang menarik."— Transcript presentasi:

1 MEWAWANCARAI CALON

2 Jenis Wawancara Tidak terstruktur: jenis wawancara dengan gaya konvensional tidak terstruktur, pewawancara menanyakan hal yang menarik saat muncul respon untk satu pertanyaan Terstruktur: wawancara dengan mengikuti rangkaian pertanyaan

3 Wawancara situasional: serangkaian pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang berfokus pada bagaimana calon karyawan itu akan berperilaku dalam situasi tertentu Wawancara perilaku: serangkaian pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang berfokus pada bagaimana mereka bereaksi terhadap situasi nyata di masa lalu.

4 Wawancara yang berhubungan dengan pekerjaan: serangkaian pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang berfokus pada perilaku masa lalau yang relevan yang berhubungan dengan pekerjaan. Wawancara tekanan: wawancara dimana pelamar dibuat tidak nyaman dengan serangkaian pertanyaan sering kasar. Tujuannya untuk mengetahui pelamar yang hipersensitif dan yang punya toleransi tekanan rendah atau tinggi.

5 Cara wawancara Oleh satu orang / panel pewawancara secara berurutan atau semua sekaligus Terkomputerisasi atau secara pribadi

6 PROSES WAWANCARA : Persiapan wawancara Penciptaan keserasian hubungan Tukar menukar informasi Mengakhiri wawancara Penilaian : menggambarkan komentar pewawancara tentang penampilan pelamar, minat yang terungkap, latar belakang, harapan, perkiraan kemampuan, pengalaman pelamar, sikap pelamar.

7 ISI WAWANCARA Pencapaian akademik Kualitas pribadi:penampilan fisik, kemampuan berbiara, perbendaharaan kata, ketenangan, kemampuan menyesuaikan, ketegasan,dll. Pengalaman kerja Kemampuan antar pribadi: hubungan dengan orang lain /keluarga. Orientasi karir

8 Kelebihan wawancara Memberikan informasi tentang posisi dan kondisi organisasi Digunakan sebagai sarana hubungan dengan masyarakat guna membangun citra positif. Luwes: adanya kesempatan untuk mengisi kesenjangan dari kehilangan informasi Digunakan sebagai alat untuk menilai kemampuan berkomunikasi dengan baik. Dapat digunakan sebagai alat penilaian.

9 Kelemahan Perilaku pewawancara kadang berbeda dari satu ke yang lain Karakter dan perilaku calon pekerja juga berubah Suasana wawancara dapat mempengaruhi hasil.

10 Interviewing Tips

11 Top 10 Interview Questions


Download ppt "MEWAWANCARAI CALON. Jenis Wawancara Tidak terstruktur: jenis wawancara dengan gaya konvensional tidak terstruktur, pewawancara menanyakan hal yang menarik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google