Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORGANISASI MANAJEMEN PERENCANAAN & EVALUASI KESEHATAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORGANISASI MANAJEMEN PERENCANAAN & EVALUASI KESEHATAN."— Transcript presentasi:

1 ORGANISASI MANAJEMEN PERENCANAAN & EVALUASI KESEHATAN

2 TOPIK PERKULIAHAN 8.Organisasi Puskesmas 9.Fungsi Penggerakan Org. 10.Kepemimpinan 11.Wewenang & Delegasi 12.Budaya organisasi 13.Perilaku organisasi 14.Pengendalian 1.Introduksi OMPE 2.Fungsi manajemen 3.Perencanaan kesehatan 4.Program Kesmas 5.Analisis SWOT 6.Perencanaan SDM kes 7.Struktur organisasi

3 REFERENSI Azwar, Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binarupa Aksara, Jakarta, 1988 Gibson, James. Manajemen. Erlangga, Jakarta, 1996 Stoner, James. Manajemen. Prehallindo, Jakarta Buku – buku lain yang terkait Website terkait

4 PENILAIAN Nilai kehadiran:20 % Nilai UTS :30 % Nilai UAS :30 % Nilai tugas:20 %

5 Oragnisasi Organisasi sebagai wadah adalah tempat dimana kegiatan-kegiatan administrasi dan manajemen dilakukan (Sondang P. Siagian) atau tempat manajemen memberikan bentuk bagi manajemen sehingga memungkinkan manajemen dapat bergerak (Sukarno)

6 organisasi Organisasi sebagai proses adalah bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk tujuan bersama dan terikat secara formal dalam persekutuan yang disebut sebagai pimpinan dan kelompok lain yang disebut sebagai bawahan (Sondang P. Siagian)

7 manajemen Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil melalui kegiatan orang lain dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya (Sondang P. Siagian)

8 perencanaan Perencanaan adalah proses pemikiran dan penentuan secara matang tentang hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan (Sondang P.Siagian)

9 EVALUASI Evaluasi adalah Proses pengukuran dan pembandingan hasil-hasil pekerjaan yang nyatanya dicapai dengan hasil-hasil yang seharusnya dicapai

10 EVALUASI Evaluasi merupakan salah satu langkah pengawasan, yakni proses pengamatan pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya (Sondang P. Siagian)

11 KESEHATAN Sehat adalah keadaan yang meliputi kesehatan badan (jasmani), rohani (mental), dan sosial, serta bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat, dan kelemahan. Pengertian sehat tersebut sejalan dengan pengertian sehat menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa sehat adalah suatu kondisi yang terbebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental, dan sosial.


Download ppt "ORGANISASI MANAJEMEN PERENCANAAN & EVALUASI KESEHATAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google