Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS BUKU TEKS SEJARAH KELAS X SMA/MA TERBITAN ERLANGGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAB PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SESUAI DENGAN PENDEKATAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS BUKU TEKS SEJARAH KELAS X SMA/MA TERBITAN ERLANGGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAB PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SESUAI DENGAN PENDEKATAN."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS BUKU TEKS SEJARAH KELAS X SMA/MA TERBITAN ERLANGGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAB PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SESUAI DENGAN PENDEKATAN STANDAR ISI KURIKULUM SATUAN TINGKAT PENDIDIKAN DI SMA NEGERI AJIBARANG TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh : SRI HARTATI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2 Latar Belakang KESENJANGAN TEORI DENGAN KEADAAN DI LAPANGAN

3 Rumusan Masalah... Bahasa yang digunakan Penyajian konsep Kesesuaian dengan kurikulum

4 Tujuan..... Untuk mengetahui bahasa yang digunakan Untuk mengetahui penyajian konsep pada bab prinsip prinsip dasar penelitian Untuk mengetahui Kesesuaian dengan KTSP

5 Manfaat penelitian Teoritis Dapat memberikan input positif untuk penelitian pendidikan sejarah. Praktis 1.Praktisi pendidikan 2.Bagi siswa 3.Bagi penerbit 4.Bagi peneliti

6 Batasan Istilah Analisis Isi adalah metode untuk menganalisis isi buku teks, yang berguna untuk meningkatkan. 2.Buku Teks atau buku cetak menurut Kochhar adalah semua buku yang digunakan sebagai dasar atau bagian dasar fokus pembelajaran.

7 Lanjutan,,,, 3. Bahan Ajar menurut PERMENDIKNAS adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta lingkungan atau suasana yang memungkinkan sisiwa untuk belajar.

8 Next,,,,, 4. Pembelajaran Sejarah menurut Kochhar adalah pembelajaran yanb ruang lingkupnya diawali dari masa lampau dan membuat masa kini. 5. Standar isi adalah kerangka dasat atau acuan dasar dalam melaksanakan sesuatu yang nantinya akan dijadikan acuan.

9 Next,,,,, 6. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menurut Sanjaya adalah kurikulum yang dikembangkan berdasarkan prinsip student center namun menuntut guru menjadi aktif dalam menentukan bahan ajar, materi pembelajaran dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran.

10 Kajian Pustaka

11 Buku Teks pelajaran 1.Konsep buku teks menurut Kochhar adalah semua buku yang digunakan sebagai dasar atau bagian dasar fokus pembelajaran. Berisi uraian bahan tentang mata pelajaran yang disusun secara sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientassi pembelajaran siswa untuk diasimilasikan.

12 Fungsi buku teks sejarah Di kelas-kelas yang rendah Untuk memperoleh informasi-informasi yang penting, yang disusun sedemikian rupa sehingga menunjukkan urutan dan kesinambungan serta dijabarkan dengan baik sehingga menjadi jelas, menarik dan atraktif. Di kelas-kelas yang lebih tinggi Harus melingkupi pengetahuan yang luas dan tersusun dengan baik untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mempersiapkan ujian.

13 Pentingnya buku teks: Alasan Membantu guru Membantu sisiwa Memberikan pengetahuan dasar Mandiri Memberi materi

14 Lanjut... Alasan KeseragamanLandasan Konfirmasi dan pengayaan Keterbatasan situasi di kelas Persesuaian masy.

15 Kriteria.... Memuat ilustrasi yang membantu siswa belajar Cukup banyak memuat teks bacaan Bahan ajarnya sesuai dengan tujuan pendidikan Rekomendasi dari guru

16 Tipe penyusunan buku teks (Kochhar)

17 Kriteria buku teks sejarah yang baik (Kochhar) Membantu pencapaian tujuanBerorientasi pada anakBerisi narassi yang baikUrutan penjelasan yang baik Terbuka terhadap berbagai cara berpikir

18 Lanjutan....

19 Kesesuaian isi buku dengan kurikulum Pembelajaran sejarah merupakan kajian ilmiah tentang manusia, kesuksesan, kegagalan, dan evolusi masyarakat beserta berbagai aspek sampai politik, ekonomi, sosial, kultural, seni, keagamaan dan sebagainya. Mata pelajaran sejarah


Download ppt "ANALISIS BUKU TEKS SEJARAH KELAS X SMA/MA TERBITAN ERLANGGA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAB PRINSIP-PRINSIP DASAR PENELITIAN SEJARAH SESUAI DENGAN PENDEKATAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google