Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jaman Joodai ( 上代文学 ). Jaman Jōdai Jaman Yamato (250- 710) Jaman Nara (710-794)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jaman Joodai ( 上代文学 ). Jaman Jōdai Jaman Yamato (250- 710) Jaman Nara (710-794)"— Transcript presentasi:

1 Jaman Joodai ( 上代文学 )

2 Jaman Jōdai Jaman Yamato ( ) Jaman Nara ( )

3 Jaman Jōdai Masuknya pengaruh dari Cina Reformasi Taika Kebudayaan Tempyo Penyatuan negara

4 Pengaruh dari Cina Undang-undang Rōsō dan Jūkyō Agama Budha Kanji Buku-buku asing

5 JūkyōKonfusianisme Ajarannya: Moral Etika Akhlak

6 RōsōTaoisme Taoisme Yin Yang

7 Kooshoo BungakuSastra Lisan Secara lisan Tidak stabil Berubah-ubah

8 Bentuk Kesusastraan ProsaPuisi/PantunNyanyian Shinwa Manyoshuu Kayoo Densetsu Kanshibun Setsuwa Norito Senmyoo

9 Shinwa ( 神話 )  Cirinya: - mitologi - dewa-dewa - alam semesta - surealis  Disampaikan dari mulut ke mulut  Contoh: Kojiki (712) dan Nihonshoki (720)

10 Kojiki ( 古事記 ) Ditulis dengan kanji dengan bacaan Cina dengan ditambahkan cara baca di sisi kanannya menggunakan kanji. Isi: penciptaan langit dan bumi mitologi & legenda Kayoo

11 Kojiki dibagi 3 jilid: Kamitsumaki berisi pengantar dan mitologi seputar kelahiran dan kehidupan keluarga kami. Nakatsumaki berisi kisah seputar para kaisar, mulai kaisar pertama (Kaisar Jimmu) sampai kaisar ke-15 (Kaisar Oojin) Shimotsumaki berisi kisah para kaisar dari kaisar ke-16 (Kaisar Nintoku) sampai kaisar ke-33 (Kaisar Suiko)

12 Nihon shoki ( 日本書紀 ) Merupakan buku mengenai sejarah Jepang tertua Disunting di bawah pengawasan Pangeran Toneri Terdiri dari 30 jilid, ditambah 1 jilid mengenai silsilah  hilang Isinya dimulai dengan mitologi dan diakhiri dengan sejarah di masa Kaisar Jito. Ditulis dengan kanbun (kanji Cina)

13 Densetsu ( 伝説 )  Cirinya: - legenda - tokohnya orang-orang terkenal/pahlawan - realis  Contoh: legenda tentang Jinmu Tenno  cerita tentang kaisar Jinmu

14 Setsuwa ( 説話 )  Tokoh dalam setsuwa: - dewa-dewa - manusia - binatang  Sifat konkrit, peristiwa yang diungkapkan di dalamnya tersusun pendek, dan lebih teratur. Ada yang bersifat kenyataan dan ada juga yang bersifat surrealis. Isinya menceritakan atau mengungkapkan tentang perasaan, harapan dan cara berpikir rakyat jelata.  Termasuk dalam Joji Bungaku (karya sastra epic).

15 Norito ( 祝詞 )  berupa doa dan mantra-mantra  isi Norito: - asal usul terjadinya festival. - cerita tentang keturunan dewa yang difestivalkan. - penyusunan & pemberian barang sajian. - ucapan syukur atas terkabulnya permohonan. - sumpah berbakti kepada Kaisar.

16 Fungsi Norito Memohon dan memanggil dewa-dewa. Memuja dewa yang dipuja oleh Kaisar. Menghapus dosa-dosa. Menghindari segala bentuk bencana. Memberikan kehidupan yang layak. Menciptakan kemakmuran dan kedamaian.  Norito ditemukan tertera dalam Engishiki.

17

18 Senmyoo ( 宣命 ) Isi Senmyoo: Acara penobatan dan penetapan kekaisaran. Nasehat dan petunjuk dari Kaisar. Pemberian dan penerimaan upeti. Penghargaan kepada orang yang berjasa. Penghukuman kepada orang yang bersalah. Sikap mental terhadap kaisar  Akaki, Kiyoki, Naoki, dan Makoto

19 Sikap mental terhadap Kaisar: 1.Akaki ( 赤き )  berani 2.Kiyoki ( 清き )  suci 3.Naoki ( 直き )  benar 4.Makoto ( 誠 )  tulus  Senmyoo tertera dalam Shoku Nihongi.

20 Manyoshuu ( 万葉集 )  Terdiri dari 20 volume, 4500 puisi yang ditulis oleh ± 450 orang sastrawan.  Menggunakan Manyogana  Di dalamnya terkandung: - waka - kanshinbun - kayoo

21 Waka ( 和歌 ) Nyanyian Jepang Pola suku kata, 5 baris

22 Jenis Waka Katauta terdiri dari 3 baris dengan pola (setengah bagian dari sedooka) Sedooka puisi 2 bagian dengan pola dan isinya sebagian mengenai tanya-jawab Chooka puisi dengan pola 5-7, 5-7,…, 5-7 dan 7. bagian 5-7 diulang 3x, ditutup dengan 7 suku kata. banyak terdapat dalam Manyoshuu tidak ditulis lagi

23 Tanka puisi dengan pola dibagi menjadi 2,  renga; 7-7  haikai Bussokusekika puisi dengan pola 5-7, 5-7, 7-7 Imayoo puisi dengan bentuk 7-5, 7-5, 7-5 berasal dari pertengahan jaman Heian Jinku puisi dengan pola 7-7, 7-5 berasal dari jaman Edo sering dimasukkan ungkapan kegembiraan (hayashikotoba)

24 Kanshibun ( 漢詩文 ) Puisi Cina Berbeda dengan kanshi yang ada di Cina Ditulis dengan kanji

25 Kayoo ( 歌謡 ) Gerak hati Kata-kata Nyanyian

26 Dinyanyikan di: Istana Tempat kerja Utagaki/Kagai

27 Fudoki ( 風土記 ) Catatan kuno tentang kondisi geografis, historis dan mitologi serta cerita rakyat suatu daerah. Isinya: Nama tiap daerah Sumber daya alam Kesuburan tanah Cerita rakyat


Download ppt "Jaman Joodai ( 上代文学 ). Jaman Jōdai Jaman Yamato (250- 710) Jaman Nara (710-794)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google